Pinhome

Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 3 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Memiliki kamar mandi yang bagus dan bersih merupakan keinginan semua orang. Mungkin bagus tidak akan cukup jika tidak disandingkan dengan kebersihan yang terjaga. Jika keadaan kamar mandi terjaga kebersihannya maka sudah terbilang cukup jika dibandingkan bagus namun kotor. Salah satu masalah utama adalah hewan di kamar mandi. Pins sudah tahu cara menghilangkan cacing di kamar mandi?

Kotornya kamar mandi tidak hanya karena Pins membuang sembarang benda ke dalamnya, namun juga karena kedatangan oleh binatang-binatang yang menggelikan. Kamar mandi kotor biasanya dihinggapi oleh kecoa, nyamuk, hingga jentik nyamuk DBD yang berbahaya. Semua binatang tersebut dapat Pins halau kehadirannya dengan membersihkan kamar mandi. 

Namun bagaimana dengan cacing yang muncul dari saluran air atau sela-sela ubin? Faktanya cacing bukan muncul karena kotornya kamar mandi, namun karena cacing biasa hinggap di tempat yang lembab dan berair. Terlebih karena kamar mandi di Indonesia yang biasa dalam keadaan lembab dan curah hujan yang meningkat menyebabkan cacing semakin menyeruak perkembangbiakannya. 

Kehadiran cacing pastinya membuat Pins tidak nyaman untuk menggunakan kamar mandi. Pins perlu berhati-hati karena cacing dapat menjadi ancaman kesehatan bagi keluarga dan harus segera dibasmi. Oleh karena itu, mari simak ulasan di bawah ini yang akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan cacing di kamar mandi supaya tidak kembali lagi. 

Penyebab Hadirnya Cacing

(Pinterest)

Sebelum masuk ke bagian cara menghilangkan cacing di kamar mandi, Pins perlu mengetahui terlebih dahulu dari mana sebab cacing tersebut dapat muncul di kamar mandi. Penyebab cacing muncul di kamar mandi biasanya karena cacing terbawa aliran air yang berada di bawah tanah rumah menuju kamar mandi. 

Masalah ini biasanya kerap muncul bagi Pins yang menggunakan air tanah atau sumur bor. Tidak seperti rumah yang menggunakan air jet pump, sebelum masuk ke saluran kamar mandi air sudah terolah hingga bersih.

Selain jenis penggunaan air, cacing juga kerap datang karena buruknya sistem drainase rumah. Cacing sangat suka berada di tempat yang lembab, dan hinggap di sela-sela lantai yang tidak rapat atau hancur. Oleh karena itu Pins perlu memperhatikan dari mana saja cacing dapat datang dan bersarang. 

Baca juga: Serangga Berbahaya Yang Bisa Bikin Burung Mati!

Cara Menghilangkan Cacing

(Pixabay)

Saatnya kita berpindah ke bagian bagaimana cara menghilangkan cacing di kamar mandi yang benar. Cara-cara berikut ini mungkin terbilang cukup mudah untuk diaplikasikan karena cukup menggunakan bahan-bahan yang biasa ada di rumah. Setelah Pins memahami bagaimana dan dari mana cacing merah bisa muncul di kamar mandi, kamu harus mencoba untuk menghilangkannya. 

Cara pertama yang dapat Pins lakukan adalah menaburkan garam pada cacing. Cara yang satu ini sudah lama digunakan oleh orang tua atau kakek-nenek kita sejak dahulu kala. Garam dipercaya dapat mengusir siput hama tanaman dan cacing merah. Karena pada faktanya selaput lendir kulit cacing tidak tahan terhadap terpaan garam. Hal tersebut dapat membuat cacing kepanasan dan keluar dari sarangnya. 

Setelah cacing keluar dari sarang dan sudah lemah karena garam, Pins dapat kumpulkan dan buang ke tempat sampah atau saluran pembuangan air. Selain menggunakan garam, Pins juga dapat memakai karbol pembersih lantai kamar mandi untuk langsung membunuh cacing dan telurnya yang sudah bersarang pada sela-sela lantai kamar mandi. Dengan begitu cacing akan terbasmi secara menyeluruh dari kamar mandi Pins. 

Cara selanjutnya yang dapat Pins lakukan untuk mengusir cacing pada kamar mandi rumah adalah dengan menggunakan campuran cuka apel dan soda kue. Kedua bahan tersebut dapat Pins dapatkan dengan mudah di supermarket terdekat. Langkah pertama Pins campurkan cuka apel dan soda kue dengan perbandingan 1:2 pada wadah seukuran cangkir. 

Setelah kedua bahan tersebut tercampur, Pins semprotkan pada bagian kamar mandi yang banyak dihinggapi oleh cacing merah. Untuk hasil yang maksimal Pins dapat menyemprotkannya pada seluruh permukaan kamar mandi dan diamkan 5 sampai 10 menit. Setelah itu dapat dijamin cacing-cacing tersebut akan keluar dari sarangnya dan siap untuk Pins singkirkan dari kamar mandi. 

Baca juga: Cara Mengusir Kecoa Dengan Mudah Dan Higienis

Cegah Cacing Datang Kembali

(Pinterest)

Jika Pins sudah melakukan berbagai cara untuk mengusir cacing menghinggapi kamar mandi, kamu juga perlu memastikan bahwa kawanan cacing tersebut tidak kembali lagi. Hal ini perlu Pins lakukan agar kamar mandi tetap dalam keadaan bersih dan nyaman untuk digunakan. 

Hal pertama Pins wajib membersihkan kamar mandi secara rutin, misal seminggu sekali atau sebulan tiga kali. Untuk memiliki kamar mandi yang bersih tentunya Pins dituntut untuk rajin membersihkannya agar selalu terhindar dari binatang pengganggu.

Langkah selanjutnya Pins perlu untuk memperhatikan saluran pembuangan. Pastikan Pins selalu menutup saluran pembuangan ketika sudah tidak digunakan. Karena pada saluran tersebut biasanya binatang-binatang dapat berdatangan. 

Untuk mencegahnya Pins dapat menggunakan besi penyaring untuk menutupi lubang tersebut agar tidak mudah dimasuki oleh binatang. 

Untuk memastikan cacing tidak kembali lagi Pins dapat menggunakan campuran cairan soda kue, cuka, dan garam. Aplikasikan campuran tersebut pada saluran pembuangan kamar mandi dan diamkan semalaman. 

Campuran tersebut efektif untuk membunuh larva dan segala binatang-binatang yang biasa hinggap di saluran pembuangan kamar mandi. Setelah menggunakan cairan tersebut, Pins tuangkan air mendidih ke dalam saluran pembuangan supaya semua larva ikut terbawa oleh aliran air. 

Itulah tips dan cara menghilangkan cacing di kamar mandi yang dapat Pins coba di rumah. Pastikan Pins selalu menjaga kebersihan kamar mandi supaya terhindar dari endapan kotoran binatang pengganggu. Jika keramik kamar mandi rusak Pins harus segera memperbaikinya agar tidak menjadi sarang cacing. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia