Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Lifestyle

16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 30 May 2021 ∙ 11 menit membaca

Pernah tidak saat di keramaian kamu merasa insecure gara – gara bopeng di wajah karena bekas jerawat?. Muka yang bopeng tentu akan mengurangi kepercayaan diri dimana pun kamu berada.

Tapi tahukah kamu ada bahan dan cara menghilangkan bopeng di wajah karena bekas jerawat?. Selain itu ternyata bisa dihilangkan secara alami!. Yang berarti selain bahannya sangat mudah didapat juga pemakaiannya tidak memiliki efek samping sama sekali.

Dalam artikel ini akan dijelaskan penyebab, cara menghilangkan bopeng di wajah dan pencegahannya, Berikut penjelasannya.

Penyebab Munculnya Bopeng

Bopeng muncul dikarenakan kebiasaan yang kadang kita tidak sadari saat menggaruk atau memencet – mencet jerawat dengan tangan hingga pecah. Inilah yang menyebabkan kelenjar minyak yang berada di kulit lapisan dalam menjadi pecah sehingga menimbulkan luka. Luka ini biasa disebut dengan jaringan parut.

Jaringan parut tersebut ternyata menarik kulit yang berada dilapisan atas yang menyebabkan cekungan seperti lubang – lubang pada wajah, hal inilah yang menyebabkan bopeng. Bopeng termasuk kedalam bekas luka atrofi. Jenis luka atrofi ini secara teknis memiliki kandungan kolagen yang sedikit sehingga membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Bekas luka atrofi ini umumnya terjadi akibat bekas jerawat atau cacar air. Namun pada beberapa orang, bekas luka atrofi dipengaruhi oleh faktor genetik.

Bekas luka ini tumbuh dan menutupi luka, namun jumlah jaringan yang diproduksi tidak mencukupi untuk menutupi area yang telah rusak. Akibatnya, bekas luka tersebut cenderung terlihat seperti kempis atau cekung.

Kasus yang umum terjadi sehingga munculnya bopeng pada wajah adalah karena beberapa tindakan. Tindakan tersebut seperti memocel atau memecahkan jerawat dengan tangan yang kurang bersih, atau melakukan suatu perawatan seperti suntik jerawat yang tidak dilakukan oleh profesional.

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak dan Mencerahkannya

Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Bekas Jerawat Secara Alami

Jika bopeng sangat menganggumu dan membuat kamu insecure janganlah khawatir. Ternyata bahan – bahan disekitar mampu menyamarkan dan menghilangkan bopeng lho. Berikut bahan – bahan yang bisa kamu pakai sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah.

Madu

Percaya tidak khasiat madu selain sebagai energy booster, menurunkan tekanan darah dan kolestrol bahan ini juga ternyata mampu sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah lho. Cara pemakaian madu untuk bopeng diwajah sangat mudah yaitu cukup dioleskan pada wajah.

Hal ini dapat dilakukan karena madu dapat mempercepat sembuhnya luka dan mengurangi timbulnya jaringan parut. Juga dapat membantu membersihkan luka karena sifat antibakterinya. Selain itu madu bisa melawan infeksi yang dapat menyebabkan jerawat lain muncul.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau biasa dikenal dengan nama latinnya aloe vera, juga merupakan cara menghilangkan bopeng di wajah. Eits jangan salah, bahan ini bukan lidah dari binatang buaya lho ya melainkan bahan ini adalah tumbuhan berdaging tebal yang tumbuh di area beriklim tropis, semi-tropis dan kering.

Tanaman ini juga sangat mudah sekali tumbuh karena termasuk tanaman liar. Kamu bisa saja menumbuhkannya didalam pot di depan teras rumah kamu.

Tanaman liar ini punya manfaat pada kulit antara lain bisa mempercepat penyembuhan luka dan mampu mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. Selain itu banyak juga produk yang bisa dihasilkan dari tanaman ini antara lain dapat dijadikan minuman, olesan untuk kulit dan rambut, obat luka bakar dan kosmetik.

Sari Lemon

Selain dijadikan sebagai minuman dan masakan lemon ternyata baik untuk kulit lho. Lemon dapat mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru dan menjadikan kulit lebih elastis. Lemon juga memiliki fungsi sebagai pemutih alami dan dapat menyamarkan bekas luka pada kulit.

Cara pemakaiannya kamu bisa oleskan air sari lemon ke bopeng yang ingin disembuhkan dengan cotton bud. Biarkan kira – kira selama 10 menit. Lakukan sekali dalam sehari selama beberapa minggu. Kamu juga bisa menambahkannya dengan madu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baking Soda

Bahan yang satu ini patut kamu coba karena pada baking soda terdapat kandungan kristal sodium bicarbonat yang dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit.

Dengan difungsikan sebagai scrub, baking soda dinilai efektif dalam menghilangkan bopeng. Berikut cara menghilangkan bopeng dengan baking soda.

  1. Larutkan beberapa sendok baking soda dalam air secukupnya.
  2. Oleskan pada luka bopeng dan diamkan selama beberapa menit.
  3. Setelah selesai basuh dengan air hangat.

Minyak Jintan Hitam

Jintan hitam atau lebih sering disebut habatusauda ini biasa digunakan sebagai bumbu pada masakan India dan Timur tengah. Tapi tahukah kamu ternyata ekstrak dari jintan hitam yang berupa minyak ternyata mempunyai manfaat yang sama banyaknya juga seperti madu.

Minyak jintan hitam ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah, karena bahan ini memiliki sifat antivirus, antibakteri dan juga antiinflamasi. Bisa juga digunakan sebagai pencegahan karena minyak jintan hitam dapat mengeluarkan pigmen dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Bahan ini memang terasa asing namun sebenarnya kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di marketplace – marketplace seperti tokopedia, shopee atau bukalapak. Tertarik untuk coba? pasti penasaran kan sama jintan hitam dan minyaknya yang banyak khasiatnya ini?.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Berkumur

Kentang

Bahan yang satu ini tidaklah asing pastinya karena kamu bisa menemukannya dimanapun dengan mudah. Kentang mengandung vitamin B3 yang dipercaya efektif dan dapat sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah bekas jerawat. Selain itu kandungan vitamin dan mineral lainnya juga berguna dalam menyembuhkan kulit dan menghilangkan flek hitam.

Cara pemakainnya tidaklah sama dengan membuat french fries tentunya. Cara pemakaian kentang untuk menghilangkan bopeng cukuplah mudah. Pertama potong tipis kentang tersebut dan taruh diarea bopeng pada wajah. Biarkan selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang kaya akan vitamin E dan asam lemak sehat yang tentunya alami dipercaya mampu untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.

Cara pemakaiannya yaitu pertama oleskan minyak kelapa dengan suhu yang hangat sehingga nyama dikulit wajah pada bopeng diwajah. Lalu pijat secara lembut selama beberapa menit. Biarkan mengering setidaknya selama satu jam. Terakhir bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukannya sehari sekali atau dua kali selama beberapa minggu.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Ada banyak makanan yang kaya akan vitamin E yang dapat dikonsumsi seperti alpukat, ikan salmon, kacang – kacangan dan biji – bijian. Vitamin E sangatlah baik bagi kulit dan dipercaya mamput merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat. Ditambah vitamin E mampu membantu dalam regenerasi sel.

Minyak biji rosehip

Bahan alami lainnya sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah adalah minyak dari biji rosehip. Selain menjadi cara menghilangkan bopeng di wajah, minyak rosehip dapat dipakai untuk mengobati bekas luka. Minyak rosehip juga bisa mengurangi bekas jerawat yang ada pada wajah.

Cara penggunaannya untuk menghilangkan bopeng diwajah sangat mudah yaitu cukup terapkan dua kali sehari untuk mengurangi bekas luka dan juga perubahan warna pada kulit wajah. Minyak biji rosehip ini juga sudah lama sekali digunakan dan diketahui dipakai oleh suku Maya dan orang Mesir zaman dulu sebagai penyembuh luka.

Kunyit

Bahan dapur yang sering kamu temui ini ternyata juga menjadi cara menghilangkan bopeng di wajah lho. Kunyit yang mengandung kurkumin memiliki khasiat dalam penyembuhan luka pada kulit. Selain itu kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu memudarkan bopeng bekas jerawat.

Cara pemakaian kunyit untuk menghilangkan bopeng dapat ditambahkan dengan jus lemon sehingga berbentuk semacam pasta. Oleskan pada bopeng di wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air hangat dan setelah kering kamu bisa oleskan pelembab. Lakukan cara ini dua kali sehari.

Tomat dan Mentimun

Salah satu bahan yang mungkin kamu terkejut mendengarnya. Ternyata tomat dan mentimun adalah salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah. Bahan – bahan ini dipercaya dapat memperbaiki masalah pada kulit dan menjadikan kulit lebih halus. Juga dapat menghilangkan bopeng tentunya.

Cara yang kamu bisa pakai untuk menghilangkan bopeng dengan kedua bahan ini adalah sebagai berikut. Pertama haluskan keduanya dalam satu wadah lalu oleskan racikan ini secara merata pada permukaan wajah sehingga menjadi masker dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu bilas masker dengan air hangat yang bersih. Kamu bisa melakukan cara ini secara rutin tiga kali seminggu untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Putih Telur

Bahan yang satu ini merupakan cara menghilangkan bopeng di wajah. Dipercaya sebagai bahan alami yang memiliki manfaat seperti mengencangkan kulit pada wajah, mengatasi masalah jerawat dan menyerap minyak berlebih.

Cara menghilangkan bopeng di wajah dengan putih telur sangatlah mudah cukup jadikan masker dan lulurkan pada permukaan wajah sampai mengering. Setelah masker tersebut kering, bilas dengan air hangat.

Daun Sirih

Bahan alami yang satu ini untuk cara menghilangkan bopeng di wajah selanjutnya adalah daun sirih. Daun sirih diketahui memiliki kandungan A, B1, dan B2 yang dapat digunakan dalam menghilangkan jerawat. Juga dapat menghilangkan bopeng tentunya. Selain itu daun sirih juga memiliki senyawa fenol yang merupakan zat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dan bopeng dengan menggunakan daun sirih adalah sebagai berikut. Bersihkan dan tumbuk halus beberapa helai daun sirih. Setelah benar – benar halus ratakan pada wajah dan diamkan sebagai masker hingga satu jam. Setelah kering bilaslah dengan air.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki asam yang dapat membantu mencerahkan pigmentasi kulit. Selain itu cuka apel diketahui dapat merangsang produktifitas kolagen, dapat memperbaiki sel kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan cuka apel untuk menghilangkan bopeng ini haruslah ekstra hati – hati karena asam yang terdapat pada cuka apel. Cara penggunaannya yaitu pertama larutkan cuka apel dengan air dengan rasio yang sama. Lalu oleskan larutan tersebut ke luka bopeng dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 5 menit dan lakukan setiap harinya.

Witch Hazel

Salah satu bahan alami yang digadang – gadang sebagai obat terbaik untuk menghilangkan bopeng adalah witch hazel. Witch hazel memiliki banyak khasiat seperti dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Ditambah witch hazel dapat mengendalikan peradangan dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Cara penggunaannya terlampau sangat mudah karena hanya dioleskan diluka bopeng pada wajah.

Jus Buah dan Sayuran

Cara terakhir yaitu dengan mengkonsumsi jus buah dan sayuran. Didalam buah dan sayuran memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan antioksidan sehingga mampu membantu proses regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat. Sehingga sel kulit mati dapat segera digantikan dengan sel kulit yang baru yang lebih halus dan sehat.

Baca Juga : Apa Itu Impostor Sindrom? Berikut Penjelasannya

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bantuan Medis

Selain dengan penggunaan bahan – bahan alami, bisa juga pengobatan secara medis yang dapat dilakukan oleh ahlinya. Berikut adalah cara – cara menghilangkan bopeng diwajah dengan bantuan tenaga medis.

Skin Needling

Skin needling adalah alat yang berupa gulungan kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerja alat ini yaitu dengan merusak jaringan kulit mati sehingga terbentuk kulit yang baru dengan menjalankan roller dipermukaan kulit.

Penggunaan jarum pada skin needling beragam tergantung dalamnya bekas luka yang terdapat pada wajah. Semakin dalam bopengnya maka akan semakin panjang jarum yang digunakan. Ini dilakukan agar mencapai hasil yang optimal. Cara ini cukup populer dan lebih murah.

Mikrodermabrasi

Cara ini menggunakan kristal alumunium oksida kecil dalam mengangkat sel mati. Penggunaan alat ini adalah untuk mengelupas kulit lapisan luar atau epidermis. Cara ini cukup aman dan populer. Selain dapat menghilangkan bopeng juga dapat mengatasi gangguan kulit lainnya seperti mengurangi kerutan, flek dan memperkecil pori – pori yang besar.

Chemical Peeling

Tidak jauh beda dengan mikrodermabrasi, cara ini menggunakan cairan asam dalam pengangkatan sel kulit mati. Cara ini selain dapat membuat kulit tampak terlihat lebih muda juga dapat mengurangi kerutan di wajah. Chemical peeling juga bisa menghilangkan flek akibat paparan sinar mentari dan bekas jerawat.

Baca juga : Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu?

Cara Mencegah Datangnya Bopeng

Selain cara pengobatan kamu juga harus tau cara pencegahan bopeng untuk yang pernah mengalami ataupun yang belum. Agar tidak terjadi dikemudian hari dan bisa dihindari. Berikut cara pencegahan bopeng pada wajah.

Menjaga Wajah untuk Selalu Bersih

Wajah yang tidak bersih dapat menjadi sarang bakteri – bakteri yang tidak diinginkan pada wajah. Perhatikanlah kebersihan wajah terutama pada area disekitar jerawat. Kamu bisa gunakan toner yang diteteskan pada kapas untuk membersihkan area berjerawat terutama ketika jerawat nya pecah. Agar bakteri tidak menyebar dan menyebabkan sesuatu yang buruk terhadap wajah kamu.

Hindari Pemakaian Kosmetik Ini Ketika Memiliki Jerawat

Hindari penggunaan kosmetik berupa alas bedak atau concealer ketika kamu memiliki jerawat. Terlebih lagi ketika jerawat yang ada pada wajah baru pecah. Hal ini dikarenakan bakteri – bakteri tersebut akan terjebak dilapisan bawah dan mengendap yang dapat menimbulkan sumbatan dan peradangan pada kulit wajah.

Jangan Menyentuh Jerawat

Jangan tergoda dan iseng untuk menyentuh jerawat. Ditakutkan kalau tergoda untuk memegang dan sampai memecahkan jerawat tersebut, alhasil dapat memperburuk jerawat kamu. Terlebih lagi kadang kita tidak tau apakah tangan kita bersih atau tidak.

Usahakan perbanyak cuci tangan dan tidak secara sengaja untuk menyentuh jerawat yang tengah meradang.

Jangan Menggaruk atau Menggosok Terlalu Kuat Saat Membersihkan Wajah

Saat terdapat jerawat diwajah, jangan menggaruk atau menggosok wajah kamu terlalu kuat ketika membersihkan. Perlakukanlah lebih sensitif daripada biasanya apalagi area wajah disekitar jerawat. Karena ditakutkan jerawat menjadi pecah dan mengalami infeksi, peradangan atau malah munculnya jerawat baru.

Minta Pertolongan di Klinik Kecantikan

Jika dirasa jerawat yang kamu miliki sudah parah dan tidak wajar, mungkin saatnya kamu membutuhkan pertolongan pada ahlinya. Pergilah ke klinik kecantikan dan konsultasikan masalah jerawat kamu ke dokter ahli kulit yang profesional.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Nah itu dia penjelasan dan cara alami dan medis dalam menghilangkan bopeng. Ternyata banyak bahan alami yang mampu menghilangkan dan menyamarkan bopeng pada wajah. Diantara bahan alami tersebut sangat mudah sekali untuk didapat. Kamu bisa stok bahan – bahan ini dirumah selain karena mudah didapat juga dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti dikonsumsi.

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara menghilangkan bopeng di wajah. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara menghilangkan bopeng di wajah.

Tags :

Bagikan Artikel