Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menggunakan Presto dengan Mudah untuk Pemula

Cara Menggunakan Presto dengan Mudah untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Presto adalah metode memasak yang memanfaatkan tekanan air, cara masak seperti ini membutuhkan alat atau panci presto khusus. Alat presto merupakan perabotan rumah tangga yang Anda butuhkan untuk memasak pepes ikan, daging sapi presto, bandeng presto dan lain-lain. Masak dengan presto bisa membuat lunak makanan dengan tekstur keras sehingga makanan seperti ikan bandeng yang berduri lebih mudah dikonsumsi. Anda yang belum pernah menggunakan presto pasti bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan presto dengan mudah untuk pemula? Mari simak penjabaran berikut!

Pinhome – Cara menggunakan presto dengan mudah untuk pemula dapat dimulai dengan mempelajari alat presto terlebih dahulu. Dengan membaca panduan, Anda yang belum pernah menggunakan presto untuk memasak bisa dengan cepat beradaptasi dengan alat tersebut.

Baca Juga: Harga Dan Model Desain Kitchen Set Aluminium Yang Tak Ketinggalan Zaman

Memasak dengan presto sedikit berbeda dengan memasak menggunakan rice cooker atau alat kukus. Anda harus memahami cara pemakaian hingga tips-tips penting dalam memasak dengan alat tersebut agar panci presto awet.

Untuk memberikan penjelasan lebih tentang cara menggunakan presto dengan mudah untuk pemula, maka silakan perhatikan penjelasan berikut ya!

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Energi Kinetik

Pelajari Buku Petunjuk Penggunaan Alat

(Solusi Printing)

Setiap jenis alat atau panci presto yang diproduksi oleh brand lokal dan luar negeri tentu mempunyai buku petunjuk. Alat presto yang satu dengan yang lain pasti mempunyai perbedaan fitur, keunggulan dan karakternya sendiri. Jadi, sudah sepatutnya Anda harus memahami cara menggunakan presto dengan mudah. Hal ini akan menghindari kesalahan saat pemakaian. Ini juga bisa membantu Anda saat memasak menggunakan alat presto tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk baca buku petunjuk penggunaan alat ya, Pins!

Cek Kelengkapan Alat Presto

(LAZADA)

Saat Anda membeli peralatan elektronik, alat masak dan perabotan rumah tangga lain pastikan mengecek kelengkapannya ya. Hal ini untuk memastikan apa yang disebutkan di brosur dan kotak kardus sesuai dengan barang yang Anda terima. Apalagi untuk panci presto. Anda benar-benar harus mengecek komponen mulai dari tutup, badan panci, dan lain-lain. Ini penting sekali ya Pins untuk dilakukan, selain menghindari kerugian, hal ini juga untuk memberikan kenyamanan pada Pins saat memasak dengan presto.

Bersihkan Alat Presto sebelum Digunakan

cara menggunakan presto
(BP Guide)

Alat masak yang Anda beli di toko atau e-commerce pastinya sudah menumpuk di gudang dalam jangka waktu yang lama. Walaupun ditutup ke dalam kardus, bisa saja ada debu yang menyusup sehingga menumpuk. Selain itu bisa saja bakteri menempel pada alat presto atau alat masak lain. Nah, untuk itu Anda wajib mencuci alat presto sebelum digunakan. Anda bisa merendam alat dengan air hangat lalu mencuci dengan sabun cuci serta membilasnya dengan air mengalir. Terakhir lap sampai kering dan simpan di tempat yang bersih di dapur Anda.

Gunakan Air yang Cukup saat Memasak dengan Presto

cara menggunakan presto
(Eatologi)

Air merupakan elemen penting dalam memasak dengan alat presto. Anda perlu membaca buku panduan untuk mengetahui berapa banyak takaran air yang diperlukan untuk memasak. Hal yang biasanya terjadi adalah beberapa orang hanya menggunakan intuisi atau perkiraan dalam menggunakan air. Terlebih lagi yang paling parah, beberapa orang menggunakan standar alat presto lain atau yang ia miliki sebelumnya untuk mengisi air di alat presto baru. Eits, jangan begitu ya. Setiap alat presto punya aturan pemakaian sendiri, jadi jangan gunakan alat presto lain sebagai standar atau benchmark. 

Atur besar dan panas api sesuai petunjuk

cara menggunakan presto
(Belanja Dapur)

Mengingat cara memasak dengan presto harus menggunakan kompor, maka Anda harus memahami besar api yang diperlukan. Sama seperti penggunaan air di atas, Anda juga perlu mengecek buku panduan tentang seberapa besar api yang harus digunakan saat memasak dengan alat presto. Hal ini untuk memastikan makanan tidak gosong atau tidak matang. Jadi harus cek buku petunjuk dulu ya Pins!

Pahami volume makanan yang bisa masuk ke panci presto

cara menggunakan presto
(Dapur Modern)

Lalu, Anda juga perlu memperhatikan volume atau takaran makanan yang bisa masuk ke panci atau alat presto. Hal ini karena setiap panci atau alat presto telah mempunyai takaran yang sudah ditentukan dari produsen. Jadi misalnya di buku panduan telah dinyatakan bahwa panci presto hanya bisa menampung 500 gram makanan, jangan Anda paksa untuk menampung hingga 800 gram. Khawatirnya masakan tidak akan matang, atau yang lebih parah alat presto dapat rusak dengan cepat.

Segera bersihkan panci presto setelah digunakan

cara menggunakan presto
(Dapur Ngebut)

Setelah menggunakan presto, Anda harus mencuci bersih alat tersebut. Perhatikan di sela-sela tutup panci presto, apakah masih ada noda yang tersisa. Cek juga bagian-bagian lain yang terselubung. Biasanya noda-noda akan masuk dan nyangkut di bagian tersebut. Gunakan spons cuci piring yang lembut untuk menghindari lecet pada badan alat presto. Setelah dicuci dan dibilas, lakukan proses pengeringan pada alat presto. Terakhir simpan di tempat kering dan terhindar dari panas. 

Bagaimana Pins, cukup jelas ya penjelasan cara menggunakan presto dengan mudah untuk pemula. Semoga pembahasannya bisa membantu Anda untuk lebih paham mempergunakan alat presto ya! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel