Pinhome

Cara Menggunakan Liquify di Photoshop

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan ∙ 12 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Menggunakan Liquify tool Adobe Photoshop, Anda dapat memperbaiki kekurangan atau membuat gambar artistik dengan beberapa penyesuaian. Anda dapat menggunakan beberapa opsi dasar untuk membuat gambar biasa menjadi foto luar biasa tanpa menjadi ahli Photoshop. Adobe Photoshop memiliki ratusan opsi, filter, dan tool lain untuk memanipulasi gambar. Liquify tools adalah filter di Photoshop yang memanipulasi area foto dengan menggunakan pengaturan seperti Forward Warp, Twirl, Pucker, dan Bloat.

Cara Menggunakan Liquify di Photoshop

Menggunakan Liquify bisa menjadi filter yang menyenangkan untuk membuat gambar liar dan abstrak, bagus untuk mengoreksi item yang lebih kecil di foto Anda. Filter Liquify memiliki beberapa tools.

1. Forward Warp Tool

Forward Warp Tool mendorong piksel ke depan saat Anda menggerakkan mouse. Seperti kebanyakan tool, ukuran kuas dapat memengaruhi seberapa banyak yang didorong ke depan. Saat memilih alat ini atau alat apa pun, Anda akan melihat panel Properties di sisi kanan tempat Anda membuat penyesuaian pada brush, mask, dan opsi lainnya.

2. Cara Menggunakan Liquify di Photoshop

Forward Warp Tool biasanya paling banyak digunakan di gudang Liquify karena Anda dapat mengubah dan menyesuaikan apa saja di foto Anda.

2. Reconstruct Tool

Reconstruct Tool membalikkan distorsi yang Anda tambahkan ke gambar. Untuk menggunakannya, cukup pilih dan drag.

3. Smooth Tool

Smooth Tool menghaluskan setiap goyangan pada gambar dengan membuat kurva bersudut dan lebih alami. Ini berguna untuk setiap tepi melengkung yang terjadi saat memanipulasi gambar.
Tools ini sangat cocok untuk menghilangkan kerutan atau lipatan pada pakaian. Jadi, jika Anda tidak menyetrika baju itu sebelum foto, tidak masalah menggunakan Smooth Tool.

4. Twirl Clockwise Tool

Twirl Clockwise Tool mendistorsi foto Anda searah jarum jam, atau berlawanan arah jarum jam, jika Anda menahan tombol Alt. Alat ini dapat digunakan untuk menambahkan beberapa gerakan ke air atau awan.

5. Pucker Tool

Pucker Tool menggerakkan piksel ke arah tengah area kuas. Ini dapat membantu untuk membuat beberapa fitur lebih kecil, seperti mata, lesung pipi, atau fitur wajah lainnya.

6. Bloat Tool

Bloat Tool kebalikan dari Pucker Tool dengan memindahkan piksel menjauh dari pusat area kuas. Ini untuk membantu menyempurnakan gaya rambut datar, menambahkan beberapa lekukan ekstra, atau membuat awan lebih mengembang.

7. Push Left Tool

Push Left Tool memindahkan piksel ke kiri, atau ke kanan jika Anda menahan tombol Alt. Meskipun bukan tools yang sering digunakan, tools ini dapat membantu membuat penyesuaian kecil untuk meluruskan gambar yang sedikit miring. Jika Anda tidak menyelaraskan subjek dengan baik, Push Left Tool dapat membantu Anda mengarahkannya dengan lurus.

8. Freeze Mask Tool

Freeze Mask Tool digunakan untuk memilih area yang tidak ingin Anda ubah, sehingga tetap tidak terpengaruh saat Anda melakukan penyempurnaan lain di filter Liquify. Ini adalah fitur yang berguna untuk menjaga agar pengeditan Anda tetap terkontrol dan tepat.

9. Thaw Mask Tool

Thaw Mask Tool menghilangkan topeng yang telah Anda tempatkan di foto Anda. Menggunakan kombinasi Freeze dan Thaw, Anda dapat mengontrol hasil editan Anda dengan tepat.

10.  Face Tool

Face Tool secara khusus digunakan untuk memanipulasi fitur di wajah. Saat pertama kali memilih alat ini, Photoshop akan mencoba mendeteksi wajah. Jika tidak melihat wajah, program akan memberi tahu Anda.

11. Hand Tool

Hand Tool persis seperti Hand Tool di Photoshop lainnya. Ini digunakan untuk memindahkan atau memanipulasi gambar Anda.

12. Zoom Tool

Zoom Tool digunakan untuk memperbesar dan memperkecil gambar Anda. Ini digunakan untuk membuat penyesuaian kecil yang mengharuskan Anda memperbesar terlebih dahulu, lalu memperkecil untuk melihat hasil akhir. Tahan tombol Alt untuk memperkecil.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dilakukan setiap tools dalam filter Liquify, inilah saatnya untuk mempelajari cara menggunakannya.

  1. Di Photoshop, buka gambar yang ingin Anda edit.

  2. Pilih Filter > Liquify , atau tekan Shift+Ctrl+X .

3. Sebuah jendela baru akan terbuka Liquify Tool. Dari sini, Anda dapat memilih salah satu tools yang dijelaskan di atas.

Properti Liquify Tool

Setelah Anda berada di interface Liquify, sisi kanan berisi semua properti dari setiap tools. Dari mengubah Brush Density hingga mengutak-atik pengaturan area Mask Anda, ada banyak sekali pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Untuk Brush Tool, Anda dapat mengubah Size brush, Density, Pressure, and Rate.

  • Size : Mengubah ukuran brush seperti pada halaman utama Photoshop. Semakin besar brush, semakin halus perubahannya.
  • Density : Mengontrol tepinya saat Anda menggunakannya.
  • Pressure : Semakin keras (tinggi) pressure, semakin drastis perubahannya. Biasanya, gunakan pressure yang lebih ringan untuk perubahan halus.
  • Rate: Mengatur kecepatan perubahan brush saat Anda menggerakkan atau menahan brush tetap diam.
  • Stylus Pressure: Hanya tersedia jika Anda memiliki stylus. Jika Anda memilikinya centang kotaknya, pengaturan untuk Brush Tool akan diterapkan ke stylus sebagai gantinya.
  • Pin Edges: Mencegah Anda menarik terlalu banyak tepi saat mendistorsi gambar dengan alat apa pun. Ini berguna untuk mengurangi jumlah distorsi latar belakang, yang muncul sebagai pola kotak-kotak abu-abu dan putih transparan.

Anda juga memiliki beberapa opsi tambahan saat Anda menggunakan Liquify tool yang memungkinkan mengontrol menggunakan tools.

  • Face-Aware Liquify: Memiliki pengaturan individual untuk setiap fitur di wajah, memungkinkan Anda membuat modifikasi yang lebih kecil ke area yang lebih kecil. Ada pengaturan untuk mata, hidung, mulut, dan bentuk wajah. Masing-masing memiliki penyesuaian antara lebar, tinggi, kemiringan, dan lainnya.
  • Load Mesh Options: Menyediakan cara untuk menyimpan distorsi Liquify Anda dan menerapkannya ke gambar lain.
  • Mask Options: Memberi Anda pengaturan untuk menutupi bagian dari foto Anda.
  • View Options: Memberi Anda pengaturan tampilan tambahan seperti menampilkan Mesh dan mengaktifkan panduan sehingga Anda dapat melihat mesh saat melakukan penyesuaian.
  • Brush Reconstruct Options: Memungkinkan Anda menyesuaikan seberapa banyak perubahan yang ingin Anda batalkan pada gambar.

TERKAIT: Cara Resize Foto di Photoshop

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti 6 Rekomendasi Perumahan Elit dan Mewah di Makassar

Apakah Pins tahu, Makassar merupakan kota metropolitan bagi kawasan Indonesia Timur? Tidak kalah

Properti
Properti 7 Daftar Perumahan Elit di Semarang

Semarang seringkali dijadikan destinasi berbagai alasan untuk banyak orang. Mulai dari menempuh

Properti
Properti 6 Daftar Perumahan di Palembang

Selain terkenal dengan hidangan pempeknya yang khas, Palembang ternyata memiliki segudang kelebihan

Properti
Properti 10 Daftar Perumahan Baru di Cibubur

Cibubur merupakan salah satu kota ternyaman dan banyak menjadi incaran penggiat properti. Mengapa d

Properti
Properti 8 Daftar Perumahan Elit di Surabaya

Banyaknya pusat perbelanjaan dari yang murah hingga high end, pusat kuliner yang nikmat, sekolah, u

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia