Cara Menggunakan Bluestack Secara Lengkap (Panduan Awal)

Diperbarui oleh Andre Gunawan ∙ October 13, 2022 ∙ 7 menit membaca

Bluestacks merupakan software emulator Android (mesin virtual) gratis yang bisa dijalankan di laptop ataupun PC guna untuk menjalankan berbagai jenis software Android. Sederhananya Bluestacks ialah Android yang diakses menggunakan laptop atau komputer.

Bluestack ini dibuat oleh perusahaan teknologi yang berada di Amerika serikat yang didirikan oleh seseorang yang bernama Rosen Sharma pada tahun 2011. Bluestacks sendiri merupakan nama perusahaan tersebut, sedangkan aplikasi emulatornya bernama Bluestack App Player.

Software emulator ini cukup populer dan banyak digunakan terutama di Indonesia, Bluestacks mempunyai jutaan peminat terutama pada kalangan gamer Android yang memainkan gamenya di PC. Bluestacks sendiri dapat digunakan pada sistem operasi Mac ataupun OS Windos.

Baca juga:

Cara Menggunakan Bluestack di PC atau Laptop

Untuk kamu yang ingin menggunakan software emulator android yang satu ini, pastikan kamu memenuhi persyaratan sistem atau spesifikasi minimum agar bisa menjalankan Bluestacks dengan lancar, ya!. Berikut spesfikasi yang dibutuhkan:

  • OS: Microsoft Windows 7 keatas.
  • Processor:  Intel atau AMD Processor.
  • RAM: PC Anda harus memiliki setidaknya 4GB RAM. (Perhatikan bahwa memiliki disk space 4GB atau lebih bukan pengganti RAM)
  • Storage: 5GB Free Disk Space.
  • Anda harus menjadi Administrator di PC anda.
  • Up to date graphics drivers dari Microsoft atau chipset vendor.

BlueStacks tidak didukung di komputer atau laptop Mac di bawah tahun 2014 dan laptop komputer Mac dengan chip M1. Jadi, minimum harus Mac OS X 10.12 (Sierra) atau lebih tinggi.

Nah, itulah spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Bluestacks, pastikan perangkat kamu sudah memenuhi kriteria tersebut ya. Jika sudah silakan simak ulasan di bawah ini untuk menggunakan Bluestacks.

Download & Install Bluestacks

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstall Bluestacknya terlebih dahulu. Cara melakukannya pun simpel, jadi tidak usah khawatir kalau nanti prosesnya akan menyulitkan. Nah, berikut langkah-langkah download dan install Bluestacks:

  1. Silakan kamu kunjungi situs resmi Bluestack.
  2. Jika sudah, klik opsi Unduh Bluestack yang tertera pada halaman web tersebut.
  3. Unduhan akan dimulai, dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Setelah itu jalankan file installer-nya. Nanti akan tertera petunjuk instalasi pada layar, jadi silakan ikuti saja.
  5. Pastikan juga kalau ada koneksi internet ya, karena Bluestacks perlu mengunduh file-file yang dibutuhkan.
  6. Pastikan penyimpanannya memadai ya geng.
  7. Jika sudah silakan lanjutkan ke proses berikutnya.

[adinserter block=”4″]

Buka Aplikasi Bluestacks

Setelah proses install beserta proses unduh file yang dibutuhkan Bluestack selesai, maka kamu sudah dapat mengakses Bluestacks. Caranya kamu tinggal cari aplikasi Bluestacks di Start Menu, kemudian klik dua kali atau klik opsi open pada aplikasi tersebut.

Selanjutnya Bluestacks akan dimuat secara otomatis (loading awal). Jadi, silakan tunggu saja sampai tampilan awal aplikasi terbuka. Jika ada opsi “Play Now” silakan kamu klik saja.

Sign In Bluestacks

Untuk dapat menggunakan Bluestacks secara penuh dan agar bisa mengakses aplikasi di dalamnya maka kamu perlu login menggunakan akun terlebih dahulu. Hal ini juga berguna untuk menyimpan pengaturan konfigurasi Bluestacks dan pengaturan aplikasi yang kita instal.

Caranya melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah kamu membuka aplikasi Bluestacks maka pada tampilan awalnya akan muncul layar Google Play.
  2. Kemudian Sign-in menggunakan akun Google kamu.
  3. Selanjutnya tinggal masuk dan akses akun Google seperti biasa.
  4. Jika sudah, maka kamu akan dibawa ke halaman utama Play Store.
  5. Selesai, sekarang kamu berhasil Sign in Bluestack.

Baca juga:

Install Aplikasi di Bluestacks

Setelah melakukan Sign in akun Google, selanjutnya kamu pasti membutuhkan aplikasi ataupun game yang akan dijalankan di Bluestacks. Jadi, kamu perlu menginstalnya terlebih dahulu menggunakan Google Play Store atau bisa juga menggunakan search Apps.

Silakan kamu bisa bebas menggunakan Playstore ataupun search Apps. Kalau menggunakan Play Store tentu kamu sudah biasa menggunakannya. Tetapi kalau menggunakan search Apps kemungkinan kamu membutuhkan panduan untuk melakukannya.

Berikut caranya:

  1. Silakan buka tab Home pada aplikasi Bluestacks.
  2. Selanjutnya silakan pilih kolom discover Apps.
  3. Ketikkan nama aplikasi atau game yang ingin kamu pasang pada kolom tersebut.
  4. Jika sudah, silakan klik opsi search.
  5. Setelah itu akan muncul aplikasi atau game yang kamu cari, dan kamu tinggal menginstalnya.
  6. Tinggal tunggu proses instalasi selesai berjalan.

Sebenarnya ada opsi lain untuk menginstall aplikasi atau game di Bluestacks, yakni dengan cara Export file Apk (Android) dari Windows kamu. Jadi kamu bisa mengirim aplikasi dari Android ke laptop kemudian Export ke Bluestack dan lakukan instalasi disana.

[adinserter block=”5″]

Buka Aplikasi yang Terinstall

Untuk membuka aplikasi yang sudah terinstall di Bluestacks sebenarnya gampang banget kok. Kamu hanya perlu perlu klik pada aplikasi yang diinginkan di halaman utama Bluestacks. Ya, kurang lebih sama ketika kamu menggunakan HP Android.

Sisanya seperti biasa sih, tinggal kamu pakai aplikasinya hehe.

Settings Bluestacks Agar Optimal

Pada dasarnya lemot atau tidaknya Bluestacks sendiri tergantung pada spesifikasi perangkat yang kamu pakai. Karena biasanya Bluestacks akan secara otomatis membuat pengaturan berdasarkan spesifikasi perangkat. Namun, aplikasi dan juga game yang akan kamu jalankan di Bluestacks juga berpengaruh.

Semakin berat aplikasinya tentu perlu performa yang bagus, terutama ketika bermain game. Nah, untuk itu kamu bisa mencoba setingan yang kami berikan di bawah ini agar Bluestacks lebih optimal:

  1. Pertama, silakan klik titik tiga yang ada di bagian atas.
  2. Kemudian silakan kamu klik Settings.
  3. Ubah pengaturan pada kolom Display ke 960×540 & DPI menjadi160 DPI.
  4. Lalu pada kolom Engine setting, silakan kamu ubah ke Performance, OpenGL, dan Dedicated Graphics Renderer.
  5. Selanjutnya masih pada kolom Engine, silakan scroll ke bawah dan ubah Setting Performance menjadi 4 CPU dan 60 FPS.
  6. Setelah selesai, silakan save dan close pengaturannya, dan sekarang Bluestacks sudah semakin ringan dan tentu lebih optimal jika dipakai pada perangkat dengan spesifikasi minimum.

Mengatasi Masalah di Bluestacks

Buat para pengguna Bluestacks memang kerap mendapati beberapa masalah atau error yang muncul setelah proses instalasi atau ketika ingin digunakan. Untuk yang sudah lama memakai aplikasi Bluestacks mungkin sudah bisa mengatasinya, namun untuk pengguna baru mungkin perlu panduan mengatasi masalah-masalah Bluestacks.

Nah, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa masalah yang sering muncul beserta dengan solusinya.

[adinserter block=”5″]

Mengatasi Could not Start the Engine

Hal pertama yang sering di jumpai adalah ketika kamu baru akan menjalankan Bluestacks tapi malah muncul pesan “Could not Start the Engine” tentu akan bingung dengan pesan tersebut. Munculnya pesan ini biasanya dikarenakan sistem aplikasi yang mengalami error atau masalah.

Untuk mengatasinya, silakan coba cara berikut:

  1. Pertama, coba atur mode Engine ke DirectX.
  2. Kedua, coba untuk mengaktifkan Virtualisasi Processor.
  3. Terakhir, silakan coba untuk menginstal ulang Bluestacks.

Mengatasi Loading Lama

Masalah kedua yang sering dijumpai adalah ketika kamu membuka bluestacks namun loadingnya sangat lama atau bahkan stuck di situ saja. Hal ini biasanya dikarenakan bug atau error pada saat proses instalasi berjalan, bisa saja dikarenakan adanya file/komponen yang hilang atau rusak.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, karena kamu hanya perlu membuka Task Manager kemudian melakukan End Task Bluestack di sana. Jika sudah silakan coba kembali aplikasi Bluestacks. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi loading lama.

Mengatasi Error Latest Version Need to be Installed

Pesan error “Bluestacks Latest Version Need to be Installed” ini biasanya muncul ketika kamu sudah menginstal Bluestacks namun ternyata aplikasi yang kamu install adalah versi lama dan tidak lagi kompatibel dengan perangkat kamu.

Solusi mengenai maslah ini tentu kamu harus meng-uninstall aplikasi Bluestacks tersebut lalu silakan kamu download dan install lagi Bluestacks yang terbaru.

Mengatasi Bluestacks Tidak Muncul Gambar

Masalah terakhir yang sering dijumpai pada Bluestacks adalah tidak muncul gambar (blank). Masalah kebanyakan muncul pada perangkat yang spesifikasinya minim untuk menjalankan Bluestacks. Selain itu bisa juga karena penyimpanan RAM atau Harddisk penuh.

Tetapi jika kedua hal diatas tidak ditemukan di perangkat kamu, ada kemungkinan Bluestacks blank adalah karena VGA yang bermasalah. Silakan coba kamu update atau reinstall driver VGA ke versi terbaru.

Akhir Kata

Mungkin demikianlah pembahasan kita mengenai cara menggunakan Bluestacks secara lengkap (panduan awal) yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini. Sebenarnya menggunakan Bluestacks itu kurang lebih sama dengan menggunakan HP Android, jadi tentu kamu akan mudah memahaminya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ketika ingin menggunakan Bluestacks.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia