Pinhome

Lifestyle

Cara Menggunakan Batik Untuk Memperindah Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Indonesia sangat identik dengan budaya batik. Batik telah ada sejak abad ke 17. Batik bermacam-macam jenisnya, ada batik Jawa, Kalimantan, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Lampung, dan masih banyak lagi. Batik sangat kental dengan masyarakat Indonesia, kain batik bahkan dijadikan pakaian wajib beberapa pegawai kantor sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya.

Namun, seiring perkembangnya jaman batik tidak hanya divisualkan dalam bentuk pakaian. Kini motif batik berkembang menjadi salah satu motif yang dapat memperindah interior rumah. Para desain grafis dan arsitek menjadikan motif batik sebagai penghias rumah untuk memodifikasi unsur modern dan tradisional menjadi satu. Hal ini tentu memberikan kesan klasik terhadap sebuah rumah yang berhias batik. Motif batik bisa digunakan pada furniture rumah berikut ini:

hiasan batik pada bangunan
hiasan batik pada bangunan

Kain Sofa dan Bantal Sofa

Menyertakan motif batik pada kain pelapis sofa dan bantalnya tentu akan sangat menarik dan memiliki nilai seni tersendiri. Motif batik yang digunakan bisa motif Megamendung dan Ukel. Jika dipadukan dalam porsi yang pas, maka akan terlihat sangat indah jika dipadukan dengan sofa semi outdoor.

Hiasan Dinding

Motif batik juga bisa dituangkan sebagai hiasan dinding. Hiasan dinding yang dimaksud dapat berupa pahatan potongan kayu. wallpaper, dan bentuk lainnya. Desain interior atau arsitek biasanya lebih paham penggunaan motif batik pada dinding. Mintalah pada profesional untuk membuat suasana dinding menjadi lebih hidup dengan motif batik.

Memanfaatkan Kain Batik

Jika memiliki sisa kain batik yang belum dijahit, gunakanlah kain ini sebagai hiasan di dinding dan voila. Bisa dengan menggantungkannya di atas tempat tidur, ruang tamu atau ruang keluarga. Seketika ruangan akan tampak beda dari biasanya.

Gunakan sebagai Motif Lampu Tidur

Seringkali tidur merasa tidak nyaman karena ruang tidur terasa gelap atau lamput tidur terlalu redup. Kreatiflah dengan mendesain motif batik pada lampu tidur. Lampu tidur dengan desain batik bisa didapatkan di toko kerajinan batik. Jika tidak ingin repot lamput tidur motif batik ini bisa dibuat sendiri. Caranya yaitu dengan menyediakan gelas kaca serta kain batik yang tipis. Potong berbentuk pola yang sesuai untuk menutupi gelas, kemudian tempelkan. Jangan lupa pasang lilin kecil didalamnya. Lamput tidur motif batik sudah selesai dan siap menemani waktu tidur.

Digunakan Sebagai Taplak Meja

Kain batik juga bisa digunakan sebagai taplak meja. Penggunaan kain batik sebagai taplak meja ini sebenarnya sudah ada sejak dulu kala. Taplak meja bermotif batik ini memiliki nilai klasik tersendiri bagi pemiliknya. Kesan tradisional yang masih melekat pada tiap unsurnya memiliki nilai estetika yang tinggi. Tak ada salahnya di jaman modern ini menggunakan batik sebagai taplak meja agar tak melupakan budaya Indonesia sejak dulu kala.

Ya.. berbagai macam kreatifitas serta inovasi bisa dilakukan sebagai cara Menggunakan Batik Untuk Memperindah Rumah, baik itu bangunanya maupun perabot rumahtangganya, semoga bisa memberikan inspirasi 🙂

Tags :

Bagikan Artikel