Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menggacorkan Burung Cucak Ijo

Hobi

Cara Menggacorkan Burung Cucak Ijo

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara menggacorkan burung cucak ijo menjadi tantangan tersendiri bagi para kicaumania yang merawat bakalan burung tersebut. Ya karena dengan perawatan yang baiklah akan mampu membuat burung cucak ijo menjadi gacor dan ngetrok.  Ketika burung cucak ijo anda sudah gacor dan ngetrok tidak ada salahnya jika diikut sertakan untuk berlaga di arena lomba. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cucak ijo telah memiliki kelas tersendiri dalam ajang perlombaan burung.

Mengikutkan burung cucak ijo anda dalam arena lomba akan membuktikan kualitas burung cucak ijo peliharaan anda dan juga sebagai ajang pembuktian tingkat keberhasilan anda dalam cara menggacorkan burung cucak ijo dengan perawatan yang selama ini anda lakukan.

Nah bagi anda yang masih pemula dan sedang mempersiapkan burung cucak ijo anda untuk mengikuti ajang lomba burung, berikut saya paparkan cara menggacorkan burung cucak ijo dengan perawatan yang tepat :

Perawatan burung cucak ijo sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jenis burung lainnya. Hanya saja anda perlu menyesuaikan karena setiap jenis burung memiliki karakter yang berbeda-beda.

Tahapan Perawatan Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Pemilihan sangkar

Cara menggacorkan burung cucak ijo tidak bisa lepas dari kenyamanan burung tersebut ketika dalam sangkar. Cucak ijo merupakan burung yang gesit dan gemar melompat, oleh karena itu perlu menjadi perhatian anda agar sangkarnya sesuai dengan karakter burungnya dan harus dijaga agar tetap bersih.

Pemberian pakan

Cara menggacorkan burung cucak ijo agar cepat gacor dan ngetrok yang tidak boleh diabaikan adalah pemberian pakan yang tepat. Burung cucak ijo sangat menyukai buah dan serangga. Pakan seranggan seperti Jangkrik dapat anda berikan rutin setiap hari dengan porsi yang lebih banyak. Hal tersebut berguna untuk membiasakan cucak ijo dengan pakan serangga yang berprotein tinggi, sehingga akan memudahkan anda dalam melakukan setelan harian seperti memancing burung lebih rajin berbunyi, terutama jika kelak sudah dewasa.

Sedangkan pakan buah yang dapat anda berikan ialah pisang kepok berwarna putih atau kuning. Meski berbeda warna, kandungan gizi keduanya hampir sama. perbedaannya hanya pada rasa, pisang kepok putih lebih tawar, sedangkan yang kuning lebih terasa manis. Buah pisang bisa diberikan setiap hari jika burung cucak ijo bakalan belum diberikan voer. Caranya olesi dulu pisang dengan madu secukupnya. Selain pisang, buah pepaya juga dapat diberikan satu atau dua minggu sekali.

Memandikan dan menjemur

Tahapan selanjutnya cara menggacorkan burung cucak ijo ialah dengan memandikannya minimal dua kali sehari. Setelah itu dijemur dengan lama penjemuran sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Memandikan bermanfaat untuk merangsang burung menjadi lebih rajin berbunyi. Sedangkan penjemuran dengan waktu yang cukup dapat membuat burung memiliki nafas lebih panjang, sehingga burung akan bisa berkicau dengan durasi lebih panjang.

Memaster burung cucak ijo

Hal yang berkaitan erat dengan cara menggacorkan burung cucak ijo adalah memaster burung cucak ijo agar cepat gacor. Memaster dapat dilakukan dengan menggunakan burung master asli dengan cara meletakkan burung master didekat burung yang dimaster jaraknya  2 meter atau lebih  dan burung cucak ijo anda harus dalam keadaan di krodong.

Selain itu, memaster juga dapat dilakukan dengan perangkat audio mp3. Caranya yaitu pilihlah waktu yang tepat untuk pemasteran, jarak audio mp3 masteran tidak terlalu dekat dan suara masteran dari audio mp3 jangan terlalu keras. Sebaiknya anda gunakan maksimal tiga audio masteran saja misalnya burung greja yang disambung burung cucak jenggot kemudian cililin dan setiap satu file audio mp3 harus ada jeda. Pada saat memaster, burung cucak ijo anda dalam keadaan dikrodong.

Nah demikianlah tahapan penting dari cara menggacorkan burung cucak ijo agar cepat gacor.

Tags :

Bagikan Artikel