3 Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

Diperbarui oleh Livina Hermawan ∙ November 10, 2022 ∙ 5 menit membaca

Layer menjadi bagian yang penting saat proses editing di Photoshop. Fungsi layer itu sendiri adalah untuk memisahkan setiap objek yang ingin Pins buat. Itu sebabnya, Pins perlu mengatur setiap layer yang telah dibuat agar proses desain menjadi lebih efektif. Nah, biasanya para desainer grafis memerlukan penggabungan layer sebagai step terakhir dari pengeditan. Lalu, bagaimana cara menggabungkan layer di Photoshop?

Perlu diketahui bahwa ada 3 cara menggabungkan layer di Photoshop yang bisa Pins coba. Mulai dari Merge Layer, Merge Visible, dan Flatten Image.

Sebelum membahas satu per satu bagaimana cara menggabungkannya, berikut ini Pinhome akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara membuat layer.

Baca juga: Cara Instal Adobe Premiere Pro 

Cara Membuat Layer Baru di Photoshop

Pins bisa membuat layer baru di Photoshop melalui cara berikut ini.

Langkah pertama adalah membuat layer dari menu di Photoshop dengan membuka menu Layer > New > Layer di tab atas.

Lalu, muncul jendela pop up yang bertuliskan Name untuk Pins beri nama pada layer yang dibuat. Namun Pins bisa membiarkannya secara default jika tak ingin diganti.

Selanjutnya ada opsi Color yang berfungsi untuk memberikan laber warna pada setiap layer yang dibuat. Pins bisa memilihnya sesuka hati agar bisa memudahkan Pins melihat perbedaan setiap layer.

Selanjutnya ada opsi Mode, berfungsi untuk merbuah Blend Mode, yakni efek seperti multiply, screen, darken, dan masih banyak lagi. Lalu, ada Opacitiy yang berfungsi untuk mengatur transparansi dari setiap layer.

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop dengan Fitur Merge Layer

Ada beberapa cara untuk menggabungkan layer di Photoshop, tetapi yang paling sederhana adalah menggabungkan beberapa layer menjadi satu atau disebut Merge Layer. 

Proses ini mengambil layer yang Pins pilih saat ini dan menggabungkannya dengan layer lain. Dengan begitu, setiap perubahan yang Pins buat pada layer tersebut akan memengaruhi semua komponen di dalamnya.

Berikut adalah cara menggabungkan dengan Merge Layer.

Jika Pins tidak dapat melihat panel menu Layers, tekan F7 pada keyboard Pins atau klik Windows> Layers.

1. Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

Untuk menggabungkan layer yang dipilih di Photoshop, Pins harus memilih layer yang ingin digabungkan di panel Layer sebelah kanan. Lalu menahan tombol CTRL pada keyboard untuk memilih lebih dari satu layer pada saat bersamaan.

Setelah itu, klik kanan salah satu layer yang dipilih dan tekan “Merge Layers” atau “Merge Shapes“, tergantung pada jenis layer. Atau, Pins dapat menekan Ctrl + E pada keyboard.

Opsi ini tidak akan terlihat untuk layer tertentu (seperti kotak teks) saat Pins mengklik kanan. Sebagai gantinya, Pins harus menekan menu opsi panel Layer di sudut kanan atas.

Dari sini, klik “Merge Layers” atau “Merge Shapes” untuk menggabungkan layer yang Pins pilih.

Baca juga:

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop dengan Fitur Merge Visible

Photoshop memungkinkan Pins untuk menyembunyikan layer tertentu dari tampilan. Pins dapat melakukannya dengan menekan ikon simbol mata pada panel Layers di sebelah kanan.

Jika panel Layers tidak terlihat, klik Windows> Layers atau tekan F7 pada keyboard Pins.

Layer tersembunyi akan muncul dengan ikon kotak hitam, sedangkan layer yang terlihat akan muncul dengan simbol mata. Dengan layer yang tersembunyi, Pins dapat menggabungkan semua layer yang terlihat menjadi satu.

Untuk melakukannya, sembunyikan layer yang tidak tersentuh. Klik kanan salah satu lapisan yang terlihat (atau tekan tombol menu opsi panel Layers di kanan atas), lalu klik opsi “Merge Visible“.

Atau untuk lebih mudahnya, Pins bisa menekan tombol Shift + Ctrl + E pada keyboard untuk melakukan penggabungan layer ini dengan cepat.

Baca juga: 7 Cara Membuat Garis di Photoshop Untuk Pemula

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop dengan Fitur Flatten Image

Perlu diketahui bahwa hanya jenis file gambar tertentu yang memungkinkan Pins untuk menggunakan layer. File Photoshop dalam format PSD akan mendukung pembuatan layer, tetapi jenis gambar lain seperti JPG atau PNG tidak.

Menggunakan layer membuat proses mengedit gambar menjadi lebih mudah. Pins bisa menggabungkan semua layer yang ada atau menghapus layer yang tak terlihat dengan cara Flatten Image.

Biasanya, fitur Flatten Image ini dipakai pada langkah terakhir proses editing.

Untuk melakukannya, pastikan panel Layers terlihat dengan menekan F7 di keyboard atau mengklik Windows> Layers. Pins juga harus memastikan bahwa semua layer tersembunyi sudah terlihat. Jika tidak, layers ini akan diabaikan dan dihapus.

Untuk membuat layer tersembunyi terlihat, tekan ikon persegi cekung pada panel Layers.

Jika layer Pins sudah terlihat, klik kanan layer mana pun di panel Layers atau tekan tombol menu opsi panel Layers di kanan atas. Dari sini, klik opsi “Flatten Image“.

Jika Pins memiliki layer tersembunyi, Pins harus mengonfirmasi apakah Pins ingin membuangnya atau tidak. Tekan “OK” untuk melakukannya atau “Cancel” untuk menghentikan proses.

Jika Pins memilih “OK” atau jika semua layer Pins terlihat sebelummemulai, layer akan bergabung menjadi satu sehingga Pins tidak lagi dapat memindahkan atau mengedit item satu per satu.

Jika Pins ingin membatalkan ini, cukup tekan Ctrl + Z pada keyboard segera setelah Pins menggabungkan semua lapisan atau tekan Edit > Undo sebagai gantinya.

Demikian tutorial cara menggabungkan layer di Adobe Photoshop yang Pins bisa coba. Semoga artikel ini bisa memudahkan Pins dalam melakukan proses editing atau menciptakan desain grafis yang diinginkan. Selamat mencoba!

Editor: Sekar Ningtyas

Source feature image: Pexels


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia