BlogLifestyleHewan PeliharaanCiri-ciri Kacer Jantan Muda dan Dewasa
0
0

Ciri-ciri Kacer Jantan Muda dan Dewasa

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara mengetahui usia burung kacertop-right-banner

Burung Kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang identik dengan warna putih dan hitam yang memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain. Namun, Kacer gacor tertunya yang sudah dimaster sejak usia trotol alias anakan.

Lantas bagaimana jika dengan Kacer dewasa, apakah masih bisa dimaster? Tentunya bisa namun tidak secepat usia trotol. Nah, untuk mengetahui usia suatu burung kicau khususnya burung Kacer bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan

Mengetahui usia suatu burung juga termasuk hal wajib yang harus diketahui oleh para penggemar burung, khususnya penggemar burung Kacer. Pins harus tahu bahwa pada umumnya, Ciri-ciri Kacer jantan muda sama dengan yang lainnya. Kamu juga bisa menentukan usia burung tersebut dengan cara ini.

Pinhome – Perbedaan Burung Kacer muda dan dewasa dilihat dari bagian tubuh burung kicau tersebut. Umumnya, burung Kacer yang berusia dewasa atau dewasa bisa dilihat melalui bentuk tubuhnya secara langsung. Jadi, saat mengamati pertama kali saja, Pins sudah tahu kalau burung Kacer tersebut sudah dewasa. Berbeda dengan burung Kacer yang masih muda.

Pins perlu mengetahui perbedaan Kacer yang muda dan dewasa agar saat Pins ingin membeli burung Kacer, Pins sudah mengetahui Kacer mana yang harus Pins pilih. Pins juga tidak perlu merasa bingung lagi.

Lantas, bagaimanakah bagi orang yang tidak tahu Membedakan Kacer Muda Dan dewasa? Jika mengalami hal tersebut, Pins tidak perlu merasa khawatir. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap terkait ciri-ciri Kacer jantan muda dan sudah dewasa yang harus Pins ketahui. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Kacer Jantan Muda dan Dewasa

Mengetahui usia burung kacer

Perhatikan Masa Mabung Burung Kacer

Cara mengetahui Kacer muda dan dewasa yang pertama adalah dengan memperhatikan masa mabung Kacer tersebut. Jika Kacer yang Pins pelihara tersebut berasal dari trotol, maka Pins bisa memperkirakan usia Kacer tersebut. Umumnya, masa mabung burung itu terjadi sekitar satu tahun sekali.

Baca juga : Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Selesai Mabung

Jadi, jika Kacer yang Pins pelihara sudah mengalami masa mabung sebanyak 5 kali, maka dapat diperkirakan bahwa usia Kacer tersebut adalah 5 tahun. Jika Pins ingin membeli Kacer dari seorang pedagang di pasar burung, sebaiknya Pins menanyakan tentang masa mabung Kacer tersebut sudah berapa kali. Jadi Pins bisa memperkirakan usia Kacer tersebut.

Namun perlu Pins tahu bahwa masa mabung ini tidak dapat dijadikan sebagai patokan yang akurat untuk mengetahui usia Kacer. Hal ini dikarenakan terkadang burung kicauan ada yang mengalami masa mabung yang tidak normal. Misalnya seperti 2 tahun sekali.

Melihat Kondisi Kaki Burung Kacer

Melihat kondisi kaki Kacer juga merupakan salah satu cara mengetahui Kacer yang berusia muda dan sudah dewasa. Burung Kacer yang sudah dewasa akan ditPinsi dengan sisik kaki yang menebal dan terlihat keras. Selain itu, kuku dari Kacer yang sudah dewasa akan terlihat panjang dan melengkung.

Sementara untuk Kacer yang masih muda, biasanya jari-jari kakinya terlihat mengkilap dan tampak basah. Kukunya pun sangat jernih dan masih pendek. Jika ingin menentukan Kacer muda dan dewasa melalui kondisi kaki, maka Pins harus memperhatikannya dengan sangat detail.

warna burung

Warna Bulu Kacer

Cara mengetahui burung Kacer muda dan dewasa selanjutnya adalah dengan memperhatikan warna bulu Kacer. Untuk Kacer yang berusia dewasa, warna hitam pada bulu Kacer akan terlihat memudar dan kusam. Berbeda dengan Kacer muda yang bulunya masih mengkilat.

Paruh Burung Kacer

Paruh Kacer juga dapat dijadikan sebagai patokan dalam cara mengetahui Kacer yang masih muda dan sudah dewasa. jika burung Kacer muda akan tampak lebih basah pada pangkal mulutnya. Selain itu, paruhnya akan berwarna lebih muda. Hal ini berbeda dengan Kacer dewasa yang paruhnya terlihat mengering dan warnanya pun juga sudah menua dan tidak segar lagi.

Warna Bulu Pada Sayap Kacer

Cara mengetahui Kacer muda dan dewasa juga bisa dilihat dari warna bulu pada sayap burung Kacer. Umumnya, Kacer yang sudah dewasa maka pada sayapnya akan terlihat warna coklat dan mengering. Berbeda dengan Kacer muda yang warna bulunya masih mengkilap dan terlihat segar.

Baca juga : Cara Menjodohkan Burung Kacer Agar Cepat Jodoh

Sementara untuk kondisi sayapnya, sayap Kacer yang masih muda biasanya tampak mengepit dengan sangat rapat dan simetris. Hal ini juga menandakan kondisi Kacer yang sehat. Berbeda dengan Kacer yang sudah dewasa yang sayapnya sudah terlihat mengering.

Agresif dan Lincah

Pins harus tahu bahwa burung Kacer yang sudah berusia dewasa maka akan terlihat liar. Kacer dewasa juga akan tampak agresif dan sangat lincah. Berbeda dengan burung Kacer muda yang masih terlihat kalem dan tidak seliar Kacer yang dewasa.

Mata yang Terlihat Menyeramkan

Biasanya, burung Kacer yang masih muda, jiwa petarungnya itu sangat tinggi. Berbeda dengan Kacer yang sudah dewasa. Kacer muda yang berjiwa petarung umumnya memiliki sorot mata yang terlihat sedikit menyeramkan. Sorot mata yang tajam, melotot, dan mata yang membesar menandakan bahwa Kacer tersebut berusia muda. Sementara Kacer yang sudah dewasa, akan terlihat seperti kurang bersemangat

Ciri-ciri kacer jantan muda
Source : Pinterest

Pola Pernapasan Burung Kacer

Cara mengetahui Kacer muda dan dewasa selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola pernapasannya. Untuk mengetahui pola pernapasan dengan baik, maka Pins harus memperhatikan lubang hidung burung Kacer tersebut.

Baca juga : Jenis Dna Ciri-Ciri Kacer Poci

Burung Kacer yang masih muda dengan jiwa petarung, memiliki pola pernapasan yang sangat baik. Lubang hidungnya pun terlihat lebih besar. Berbeda dengan Kacer dewasa yang pola pernapasannya terkadang sulit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Pins tentang cara mengetahui usia burung Kacer dengan mudah.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download