6 Cara Mengetahui Nomor Rekening yang Lupa dengan Aman

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ September 16, 2022 ∙ 4 menit membaca

Nomor rekening sebenarnya menjadi sebuah data pribadi yang sangat penting untuk dijaga keamanannya. Sayangnya seringkali banyak yang tiba-tiba lupa nomor rekeningnya sendiri. Ada beberapa pilihan cara mengetahui nomor rekening yang lupa dengan aman dan mudah. Berikut adalah 6 pilihan cara yang bisa dilakukan saat lupa nomor rekening:

1. Lihat Buku Tabungan

Cara paling mudah untuk melihat nomor rekening yang lupa adalah dengan memeriksa buku tabungan. Tentu cara ini sudah diketahui oleh semua orang yang memiliki akun rekening tabungan. Dalam buku tabungan ada data lengkap mengenai identitas nasabah. Selama buku tabungan tersimpan rapi maka bisa langsung dilihat saja berapa nomor rekening pribadi yang dilupakan tadi.

Inilah mengapa sangat disarankan bagi para nasabah untuk menyimpan buku tabungan dengan sebaik mungkin. Pastikan buku tabungan tetap dipegang dan tidak dipindahtangankan. Simpan buku tabungan di tempat aman namun tetap mudah untuk ditemukan. Sangat disarankan untuk menyimpan buku tabungan bersama dokumen penting lainnya agar lebih mudah ditemukan saat diperlukan.

2. Periksa di ATM

Pilihan cara mengetahui nomor rekening yang lupa berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan mesin ATM. ATM tidak hanya digunakan untuk menarik uang atau melakukan transfer. Mesin ATM ternyata punya fungsi lain yang bisa memudahkan nasabah tanpa harus datang ke bank. Melalui ATM, nasabah juga bisa melihat informasi tabungan secara lengkap ketika dibutuhkan.

Cara melihat nomor rekening lewat ATM sangatlah mudah. Nasabah tinggal memasukkan kartu ATM ke mesin lalu input password. Setelah itu pilih menu Mutasi Rekening. Dari sana akan terlihat data nomor rekening pribadi. Segera catat data nomor rekening tersebut dan simpan di tempat yang aman.

cara mengetahui nomo rekening

3. Pakai Mobile Banking

Di zaman serba canggih seperti sekarang tentunya memeriksa nomor rekening semakin mudah untuk dilakukan. Tak harus selalu ke mesin ATM atau berkunjung ke bank secara langsung. Nasabah juga bisa melihat data nomor ATM melalui fasilitas mobile banking yang dimiliki. Jika belum mengaktifkan layanan ini maka sangat disarankan untuk segera mengaktifkannya.

Layanan mobile banking ini punya banyak manfaat. Selain bisa mempermudah transaksi dalam satu genggaman, mobile banking juga bisa memberi informasi data tabungan secara lengkap. Nasabah tinggal melakukan login kemudian langsung masuk ke menu Informasi Akun nantinya akan keluar data nomor rekening pribadi.

4. Akses Internet Banking

Jika nasabah tidak memiliki layanan mobile banking, maka masih bisa menggunakan layanan internet banking. Layanan ini juga bisa digunakan untuk memeriksa nomor rekening kapan saja dibutuhkan. Caranya mudah, langsung saja masuk ke situs internet banking tiap bank. Masing-masing bank punya alamat situs yang berbeda-beda, bisa diperiksa sendiri lewat mesin pencarian.

Begitu masuk, langsung saja lakukan login. Begitu proses login berhasil nanti akan langsung keluar informasi nomor rekening pribadi. Namun perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan akses internet banking ini nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika merasa layanan internet banking nantinya akan berguna maka segera lakukan registrasi begitu akun rekening dibuat.

5. Hubungi Call Center

Bagi nasabah yang sudah benar-benar tidak punya cara mengetahui nomor rekening yang lupa, maka bisa langsung hubungi call center saja. Cara ini bisa dilakukan jika kebetulan buku rekening sudah hilang dan kartu ATM juga hilang. Selain itu bisa juga dilakukan jika nasabah tidak mengaktifkan layanan mobile banking dan tidak pula melakukan registrasi untuk layanan internet banking.

Setiap bank pasti memiliki layanan call center yang siap dihubungi kapan saja. Hubungi call center dan utarakan maksud untuk mendapatkan informasi nomor rekening pribadi. Biasanya pihak call center akan memberikan pertanyaan singkat untuk memastikan bahwa penelepon memang merupakan pemilik rekening.

6. Langsung Tanyakan ke Bank

Cara lain yang juga bisa dilakukan ketika lupa nomor rekening adalah langsung datang ke bank. Langkah ini juga sangat praktis dan cepat jika nasabah memang tidak punya solusi lain untuk mengetahui nomor rekening yang lupa. Apalagi jika nomor rekening tersebut segera dibutuhkan karena urusan mendadak. Tentu harus dibutuhkan solusi yang cepat dan efektif agar nomor rekening bisa diketahui kembali.

Segera kunjungi kantor bank terdekat dan langsung datangi customer service. Utarakan maksud untuk mengetahui nomor rekening. Nasabah yang melakukan cara ini biasanya sudah tidak memiliki buku tabungan alias buku tersebut hilang. Biasanya petugas bank akan meminta kartu identitas sebagai bukti dan untuk mencari data dari nasabah yang memiliki rekening tersebut.

Itulah tadi 6 pilihan cara mengetahui nomor rekening yang lupa secara aman dan praktis. Agar nomor rekening ini tidak lupa lagi maka segera catat dan simpan di tempat yang tepat. Pastikan untuk tetap menjaga keamanan data nomor rekening ini agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Golden Cross dalam Saham? Berikut Pengertian dan Cara Menganalisanya

Terdapat banyak istilah yang berkaitan dengan dunia trading saham. Diantaranya, istilah yang cukup

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Realme 3 Jutaan, Harga Miring Spesifikasi Gahar!

Smartphone yang berasal dari China ini merupakan HP yang sangat populer di kalangan masyarakat Indo

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia