7 Tips dan Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Pinhome

7 Tips dan Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko kamu terhadap penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes bahkan penyakit jantung. Penyakit-penyakit ini adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dicegah. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga berat badan normal. Namun sayangnya jika memiliki berat badan berlebih, biasanya juga diiringi dengan lingkar perut yang semakin membesar. Tentu selain berisiko tinggi akan mengganggu kesehatan juga sangat mengganggu penampilan. Banyak orang mencari cara mengecilkan perut secara alami.

Pinhome – Banyak sekali orang yang berusaha mengecilkan perut dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan korset, meminum pil pelangsing hingga melakukan olahraga supaya perut cepat mengecil. Apakah Pins mengalami masalah yang sama? Tenang! Pinhome akan membagikan 7 tips dan cara mengecilkan perut secara alami lewat ulasan di bawah inI!

Batasi Konsumsi Makanan Manis

(Pixabay)

Kebiasaan konsumsi makanan manis sering menjadi penyebab utama dari dari kenaikan berat badan maupun pembesaran perut. Kadar gula yang tinggi bisa meningkatkan lemak viseral dan menyebabkan resistensi insulin. 

Hal ini akan membuat insulin tidak mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan menyebabkan penimbunan lemak secara berlebihan yang mana berisiko tinggi terjadi diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

Jadi pastikan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan rendah gula supaya Pins bisa cepat menurunkan berat badan. Karena cara mengecilkan perut buncit secara alami ini bisa mempertahankan kesehatan kamu dalam waktu yang panjang.

Baca juga: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman Untuk Semua Usia

Konsumsi Makanan Rendah Kalori

(Pixabay)

Mengurangi kalori pada makanan memang sudah menjadi cara yang sangat populer dalam penurunan berat badan. Pins bisa menggunakan cara ini dengan mengonsumsi makanan dengan kalori lebih rendah dibandingkan dengan yang dibakar tubuh. 

Dengan mengonsumsi makanan dengan kalori lebih rendah dibandingkan yang dibakar tubuh, perut buncit kamu akan lebih cepat untuk mengecil. Cara mengecilkan perut secara alami ini disebut juga dengan defisit kalori. 

Hal ini akan membantu kamu membakar lemak viseral pada tubuh. Pilihlah makanan dengan nutrisi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan yang membuat kamu tetap memiliki energi namun juga mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

(Pinterest)

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh karena mampu memberikan energi bagi tubuh. Sayangnya karena tinggi kalori, konsumsi karbohidrat olahan bisa membuat berat badan meningkat tajam. Pins harus bisa mengurangi konsumsi karbohidrat olahan supaya ukuran perut cepat mengecil. Beberapa contoh karbohidrat olahan yang harus kamu hindari adalah roti putih, makanan manis dan biji-bijian olahan. 

Meski harus mengurangi karbohidrat olahan, kamu bisa mengganti karbohidrat dengan karbohidrat kompleks yang lebih baik seperti pada sayuran, kacang-kacangan dan gandum. Karbohidrat ini lebih sehat dan mengandung nutrisi yang tinggi sehingga mampu mendukung kamu yang sedang berproses dalam penurunan berat badan.

Batasi Konsumsi Lemak Jenuh

(Pixabay)

Cara mengecilkan perut secara alami lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan membatasi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh dan lemak trans sangat berbahaya bagi banyak organ tubuh. Tingginya kadar lemak jenuh dan trans bisa meningkatkan risiko kamu terhadap berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi dan stroke. 

Kebalikannya, dalam proses pengecilan perut kamu harus banyak-banyak mengonsumsi lemak sehat. Lemak sehat yang dimaksud umumnya banyak terkandung pada biji-bijian, buah dan sayuran seperti alpukat, chia seed, telur, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Cara Mengecilkan Paha Dan Betis Dengan Optimal

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

(Pixabay)

Seperti yang telah banyak disebutkan sebelumnya bahwa sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi tinggi yang mana sangat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi sayur dan buah lebih rutin, Pins bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh tanpa meningkatkan berat tubuh secara berlebih. 

Sayuran mengandung karbohidrat kompleks dengan berbagai nutrisi mikro seperti vitamin A, C, B kompleks dan masih banyak lagi. Selain membantu kamu dalam mengecilkan perut, tentu konsumsi buah dan sayur bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko akan infeksi.

Olahraga Secara Rutin

(Pixabay)

Cara mengecilkan perut buncit yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga memang selalu menjadi alternatif solusi yang tepat bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan, mengecilkan perut atau membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan berolahraga secara rutin, kalori yang kamu konsumsi akan terbakar menjadi energi, begitu juga tumpukan lemak berlebih dalam tubuh.

Pilihlah olahraga sesuai dengan tingkatan yang kamu sanggupi. Jangan langsung melakukan olahraga dengan intensitas berat jika sebelumnya Pins tidak terbiasa berolahraga. Tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap agar berat tubuh semakin cepat turun.

Perbanyak Minum Air Putih

(Pixabay)

Konsumsi air putih yang cukup memang telah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun, jika kamu sedang dalam masa pengecilan berat badan konsumsi air putih harus diperbanyak lagi. Hal ini akan membantu kamu dalam menahan lapar. Pins bisa menyiasati rasa air yang tawar dengan irisan lemon tanpa gula yang membuat air terasa lebih segar dan juga bernutrisi.

Itulah 7 tips dan cara mengecilkan perut secara alami yang bisa kamu tiru dengan mudah. Semoga dengan informasi di atas membuat kamu semakin semangat untuk menurunkan berat badan ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel