Cara mengecilkan Paha dengan Mudah, Berikut Informasinya!

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 12, 2022 ∙ 4 menit membaca

Memiliki paha yang berukuran besar pasti membuat seseorang merasa kurang pede dengan penampilannya. Paha yang besar ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan paling banyak karena adanya gumpalan lemak pada bagian paha dan juga betis. Ada banyak cara mengecilkan paha yang bisa dicoba. Mulai dari yang alami hingga sampai menggunakan treatment tertentu.

Mengapa Paha Bisa Berukuran Besar?

Cara makan yang tidak teratur dan sehat menjadi penyebab utama mengapa paha bisa menjadi besar. Apalagi tidak disertai gaya hidup yang sehat setiap harinya seperti berolahraga. Meningkatnya hormon estrogen pada tubuh yang menjadi penyebab utama bertumpuknya lemak pada paha dan bokong. Penelitian mengungkapkan bahwa untuk mengecilkan paha, seseorang harus menurunkan persentase lemak tubuhnya.

Selain karena faktor pola hidup yang kurang diperhatikan, bawaan keturunan pun turut menjadi alasan mengapa ukuran badan seseorang berbeda-beda. Ada beberapa kasus dimana seseorang yang memiliki paha besar tak kunjung mengecil meskipun sudah berolahraga. Sebagai bentuk ikhtiar, olahraga dan memperbaiki opal makan adalah satu-satunya jalan keluar alami yang bisa dilakukan.

cara mengecilkan paha

Bagaimana Mengecilkan Paha Paling Efektif?

Meskipun bawaan gen, tidak ada salahnya untuk tetap berusaha dengan olahraga. Jika tidak dapat paha kecilnya, lumayan dapat sehatnya bukan? Nah, untuk itu berikut beberapa cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan:

1. Perbaiki Pola Makan

Belum ada hingga saat ini opa makan yang betul-betul spesifik bisa membuat paha ataupun badan menjadi kecil. Pada kenyataannya, berat badan akan turun secara ideal jika kalori yang dibakar lebih besar dibandingkan makanan yang masuk ke dalam tubuh.  Memperbaiki pola makan seperti banyak mengkonsumsi sayur dan mengurangi kalori bisa menjadi solusi.

Sedangkan untuk mengecilkan paha secara khusus oleh National Institutes of Health mengemukakan beberapa makanan yang bisa digunakan untuk ikhtiar mengecilkan paha. Adapun makanan yang direkomendasikan seperti bermacam-macam sayuran serta buah, protein nabati, lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun, dan juga gandum utuh.

2. Aerobic

Cara mengecilkan paha selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan rutin melakukan aerobic. Latihan ini merupakan latihan kardiovaskular yang jika dilakukan mampu meningkatkan detak jantung serta laju pernapasan manusia. Aerobik ini jika disertai latihan kekuatan yang lain dapat efektif untuk mengecilkan paha.

Kunci dari kesuksesan sebuah usaha, yakni dengan konsisten melakukannya. Tak apa sebentar asalkan rutin. Sama dengan latihan aerobic ini, meskipun dilakukan secara singkat tapi intensif dan rutin  akan memberikan efek langsung kepada yang melakukannya. Lakukan latihan ini dalam seminggu 3 sampai 4 kali agar dapat hasil maksimal.

3.  Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah sebuah latihan yang dilakukan untuk membentuk daya tahan otot seseorang. Apabila rutin melakukan latihan ini, tubuh seseorang akan membangun massa tubuh tanpa lemak dan juga dapat membakar lemak yang ada pada bagian paha bahkan seluruh tubuh sekaligus. Lakukan 5 sampai sepuluh latihan multi sendiri (berbagai latihan otot) setiap sesi latihannya.

Selain sebagai cara mengecilkan paha dengan membakar lemak tubuh, latihan otot kekuatan ini juga bisa mengencangkan serta membentuk otot tubuh. Untuk entuk latihan ini sendiri meliputi squat, lunge, leg press, serta deadlift. Untuk mempermudah, coba lakukan latihan kekuatan di pusat kebugaran dengan menggunakan peralatan olahraga yang lengkap.

4. Mengelola Asupan Kalori

Melakukan pencatatan terhadap semua asupan yang dikonsumsi tubuh  bisa menjadi cara efektif mengecilkan paha. Lakukan pencatatan harian asupan makan serta minuman yang akan dikonsumsi. Cara ini bisa membuat seseorang tahu apabila makanan yang dikonsumsi dalam porsi berlebihan.

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa mempermudah seseorang dalam pencatatan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Tak hanya itu saja, biasanya aplikasi kesehatan atau diet sehat ini juga bisa memberikan rekomendasi  tentang kebutuhan kalori apa saja yang bisa menjaga badan agar tidak mengonsumsi lemak secara berlebihan.

5. Minum Banyak Air Putih

Terdengar sederhana memang cara satu ini, tapi efeknya bisa bekerja optimal. Air putih terbukti bisa melarutkan garam berlebihan serta racun ataupun cairan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa membuat seseorang merasa kenyang, sehingga makan berlebih yang tidak tepat waktu bisa dihindari.

Mulailah dengan mengkonsumsi air putih saat pagi hari di mana perut masih belum terisi apapun. Bisa juga dengan rutin mengkonsumsi air hangat dicampurkan dengan madu pada pagi hari agar metabolisme tubuh bisa semakin kuat.

6. Jangan Stress

Ternyata pikiran yang stress bisa memicu kerusakan pada kesehatan tubuh. Otak yang sedang dalam kondisi tidak tenang bisa menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makan secara berlebihan. Akibatnya, badan akan mengalami kenaikan berat yang berakhir membesarnya paha dan anggota tubuh lain.

Usahakan tubuh dan pikiran selalu dalam kondisi yang rileks dengan melakukan berbagai upaya healing seperti meditasi, pernapasan dalam, serta berbagai latihan relaksasi. Penelitian tahun 2017 mengungkapkan stress pada seseorang bisa memicu kenaikan berat badan. Jadi, sebisa mungkin hindari pikiran stress.

Demikianlah tadi beberapa cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan secara alami dan lebih sehat. Semua ini bisa dilakukan tanpa biaya sepeserpun asal niat dan tekad untuk mengecilkan paha ini besar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia