Pinhome

Cara Mengecilkan / Kompres File Word (Offline & Online)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 17 July 2022 ∙ 8 menit membaca

Saat ini tentu kebanyakan orang pasti mengenal software pengolah kata satu ini. Ya, hal ini dikarenakan kepopuleran Ms Word yang selalu saja stabil dari masa ke masa. Tampilan dan tools pada aplikasi ini juga sangat bersahabat sehingga mudah digunakan berbagai kalangan.

Ms Word yang dikenal sebagai pengolah kata ini, bukan hanya menyajikan kumpulan kata-kata saja melainkan gambar, grafik, tabel dan sebagainya juga ada pada Ms Word. Hal inilah yang membuat berkas atau file yang dihasilkan dari Word pun ukurannya variatif.

Beberapa hal juga sangat menentukan ukuran file, contohnya adalah banyaknya halaman, gambar, tabel, grafik dan yang lainnya di dalam file yang dibuat. Nah, berangkat dari hal tersebut disini kami akan memeberikan artikel mengenai cara mengecilkan file Word agar menjadi lebih efisien untuk dikirim ataupun disimpan.

Cara Mengecilkan File Word (Offline & Online)

Ukuran file Word rata-rata sekitar 100 KB sampai dengan 5 MB, namun juga tidak jarang yang hasil save-nya bisa di atas 10 MB. Ukuran tersebut sekilas mungkin bukan menjadi sebuah masalah, namun untuk kebutuhan khusus yang memiliki limitasi tertentu seperti upload file di web, maka hal ini akan menjadi masalah.

Oleh karena itulah, disini kami akan memberikan panduan untuk mengecilkan atau kompres file Word secara offline dan online. Jadi, pastikan kalau kamu membaca ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Kompres di Ms Word

Pertama, untuk mengecilkan ukuran dile word secara offline bisa kamu lakukan dengan mudah hanya melalui aplikasi Microsoft Word itu sendiri. Software pengolah kata ini telah menyediakan tools yang bisa dipakai untuk kompres ukuran file yang akan disimpan.

Nah untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silakan kamu buka dokumen Word yang akan kamu perkecil atau kompres ukurannya.
  2. Setelah file terbuka di Ms Word, silakan kamu klik File Save As > Browse kemudian pilih lokasi penyimpanan file yang diinginkan.
  3. Selanjutnya, perhatikan pada bagian bawah halaman yang terbuka. Silakan kamu klik Tools kemudian pilih Compress Pictures.
  4. Jika sudah, silakan ceklis opsi Delete Cropped areas of picture yang ada di bagian Compression Option.
  5. Kemudian pada bagian Resolution pilihlah opsi E-mail (96 ppi).
  6. Terakhir klik OK lalu Save file tersebut.
  7. Lihatlah perubahan ukurannya.

[adinserter block=”4″]

Kompres Gambar Manual

Pada dasarnya gambar yang kamu insert ke dokumen Word memiliki ukuran yang variatif, tapi kebanyakan ukurannya cukup besar, sehingga membuat file Word kamu juga jadi besar. Terlebih lagi jika gambar yang kamu masukkan juga banyak, maka tidak bisa dipungkiri kalau penyebab utama file Word besar adalah karena gambar.

Nah, untuk itu silakan kamu kompres gambar yang akan kamu masukkan ke dalam dokumen Word terlebih dahulu, agar nantinya bisa mengurangi ukuran file Word yang besar. Cara ini juga sangat kami rekomendasikan ketika kamu akan membuat dokumen Word dengan gambar yang banyak, agar ukurannya tetap efisien.

Berikut cara kompres gambar untuk Word:

  1. Pertama, silakan kamu siapkan terlebih dahulu gambar yang dibutuhkan untuk keperluan dokumen Word.
  2. Jika sudah, silakan kamu upload gambar-gambar tersebut ke website TinyJPG agar nantinya dikompresi oleh situs tersebut tanpa mengurangi kualitas gambarnya.
  3. Cara uploadnya bisa melalui website atau dengan memilih gambar kemudian drop & darag ke situs tersebut. Kamu bisa langsung mengupload sampai 20 gambar dengan ukuran maksimal 5 MB.
  4. Jika sudah, silakan kompres gambar tersebut dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Setelah itu, silakan kamu simpan gambar-gambar tersebut dengan cara klik Download All.
  6. Terakhir, silakan masukkan kembali semua gambar yang sudah dikompres ke dokumen Word.

Menggunakan Tools Neuxpower

Neuxpower adalah salah satu tool yang befungsi untuk mengompres file word agar ukurannya menjadi lebih kecil. Neuxpower ini sendiri bisa kompres file tanpa memengaruhi kualitasnya, jadi kamu tidak usah ragu untuk menggunakannya.

Neuxpower ini menawarkan aplikasi secara offline dan situs yang bisa diakses secara online. Jika kamu ingin menggunakannya secara offline maka kamu perlu mengunduh dan menginstal Neuxpower ini. Nah, jika ingin secara online maka kamu tidak perlu menginstal aplikasi tersebut.

Berikut cara kompres file Word offline dengan Neuxpower:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi situs resminya Neuxpower.
  2. Setelah itu silakan klik Download pada halaman yang terbuka, untuk menikmati trial aplikasinya selama 14 hari.
  3. Setelah mengunduh, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  4. Jika sudah, silakan kamu buka penyimpanan di laptop atau PC kamu kemdian drag file Word yang ingin dikompres kemudian drop ke Neuxpower.
  5. Setelah itu, silakan tekan tombol Optimize untuk mengurangi ukuran file.
  6. Jika sudah, file tersebut akan dikompres menjadi lebih kecil.
  7. Setelah itu, silakan simpan kembali file hasil kompresi dengan Neuxpower.

Nah, jika kamu ingin menggunakan Neuxpower secara online maka kamu bisa memanfaatkan situs Wecompress yang merupakan salah satu produk dari Neuxpower. Kamu bisa menggunakannya secara gratis dan mudah, dan untuk lebih detailnya ada pada ulasan berikutnya.

[adinserter block=”5″]

Mengecilkan File Word di Wecompress

Taukah kamu bahwa banyak situs di internet yang menyediakan layanan untuk mengoptimalisasi ukuran file dokumen seperti file Word? Ya, file yang sudah dioptimalisasi tersebut tentunya akan membuat ukurannya juga lebih kecil dan efisien.

Untuk mengecilkan file word di situs Wecompress kamu tidak perlu mengatur gambar seperti pada word atau kompres gambar manual sebelumnya. Karena situs ini akan mengompres keseluruhan dokumen dan hasil akhirnya akan diatur otomatis agar ukurannya lebih efisien.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi terlebih dahulu situs Wecompress.
  2. Setelah masuk ke websitenya, silakan kamu klik tombol Add atau ikon + pada halaman utamanya.
  3. Kemudian pilihlah dokumen atau file Word yang ingin dikompres.
  4. Setelah memilih dan mengupload file, maka secara otomatis situs akan mulai mengoptimalisasi file tersebut. Silakan tunggu saja sampai selesai.
  5. Setelah selesai, kamu akan bisa melihat perbandingan ukuran sebelum dan sesudah dikompresi.
  6. Terakhir, tinggal save saja hasilnya.

Hasil kompresi di situs ini juga variatif, tergantung jenis dokumen isi gambar di dalam file-nya. Jadi presentase hasil kompresi tiap file yang diupload akan berbeda-beda.

Melalui Clipcompress

Salah satu situs compressor word terbaik versi kami adalah Clipcompress, yang mana situs ini menyediakan tools yang bisa mengecilkan ukuran word hingga 90% dari ukuran awalnya dan bisa upload filehingga 50 MB. Terkait file word yang bisa dikompres oleh tools ini antara lain Doc, Docx, Docm, Dotx dan Odt.

Kami sarankan kamu untuk tidak melewatkan situs ini dalam mengecilkan ukuran file Word. Nah, cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka browser yang biasa digunakan kemudian buka situs Clipcompress.
  2. Selanjutnya, silakan klik Select File to Compress kemudian pilih file Word yang akan kamu perkecil ukurannya.
  3. Setelah itu tinggal klik klik OK saja.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi file Word selesai.
  5. Jika sudah, silakan klik Download File untuk mengunduh hasilnya.
  6. Setelah download selesai, jangan lupa untuk klik opsi Delete file from server agar file aman dan tidak disalahgunakan pemilik situs.
  7. Done.

[adinserter block=”5″]

Lewat Website Youcompress

Rekomendasi situs untuk mengecilkan file Word yang kami berikan adalah Youcompress. Website ini menyediakan layanan untuk kompres file atau mengecilkan ukuran file Word. Situs ini bisa kamu akses secara gratis dan hasil kompresinya juga tanpa watermark.

Untuk menggunakannya silakan ikuti panduan di bawah ini:

  1. Pertama silakan kunjungi website Youcompress melalui browser di perangkat kamu.
  2. Jika sudah, silakan klik Select File pada halaman utama Youcompress.
  3. Setelah itu, silakan cari dan pilih berkas atau file Word yang akan diperkecil ukurannya kemudian klik Open.
  4. Selanjutnya, silakan kamu klik tombol Upload File & Compress untuk memulai proses kompresi.
  5. Silakan kamu tunggu prosesnya sampai selesai.
  6. Sesudah itu silakan unduh dan simpan kembali file tersebut dengan cara klik Download.
  7. Selesai.

Kompres File Word di Android

Pada dasarnya cara mengecikan file Word melalui situs-situs di atas bisa kamu akses dengan browser desktop ataupun HP. Namun sebagai tambahan saja, cara terakhir ini adalah menggunakan aplikasi khusus di Android untuk kompres file Word.

Cara ini juga cocok buat kamu yang suka megirim file Word lewat HP, jadi silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan kamu download dan instal aplikasi RAR di Play Store.
  2. Setelah itu, silakan buka aplikasi RAR yang sudah terpasang.
  3. Selanjutnya, silakan kamu cari dokumen atau file Word yang ingin dikompres.
  4. Kemudian buat file kompresi dari dokumen tersebut. Caranya buka tab Lanjutan kemudian pilih mode kompresi yakni Kompresi Terbaik.
  5. Jika sudah, maka proses kompresi tersebut akan dimulai, dan setelah selesai kamu akan mendapatkan file Word dengan ukuran lebih kecil.
  6. Silakan kamu simpan saja hasilnya ke perangkat.

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara mengecilkan atau kompres file Word secara offline dan secara online. Silakan kamu coba semua cara di atas untuk merasakan berbagai sensari membuat file kompresi Word menjadi lebih kecil dan efisien.

Sekali lagi kami beritahukan, bahwa hasil kompresi file Word itu sangat variatif tergantung dari berapa banyak tulisan, halaman, banyaknya gambar atau komponen didalamnya serta seberapa besar resolusinya juga. Tetapi jika kamu sudah menggunakan cara di atas kamu bisa mengurangi ukuran file hingga 90% dengan kualitas yang bagus.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia