Pinhome

Uncategorized

Cara Mengatasi Trucukan Over Birahi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Cara Mengatasi Trucukan Over Birahi. Burung trucukan merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh kicau mania. Sebab burung ini memilikisuara kicau yang merdu dan juga banyak variasinya. Trucukan juga sangat dikenal dengan suara ropelnya yang mirip dengan suara burung cucak.

Disamping itu trucukan juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan, oleh arena itu akan mudah jinak dan  juga tenang meskipun didekati manusia. Selain itu harga burung trucukan dipasaran juga sangat terjangkau oleh sebab itu bisa didapatkan dengan mudah. Kicau dari burung trucukan ini tidak boleh dipandang sebelah mata, sebab walaupun memiliki harga yang murah, burung ini dapat dijadikan sebagai burung masteran dalam mengisi suara kicau burung lainnya.

Mengatasi Trucukan Over Birahi yang Tepat

Sebelum mengetahui cara Mengatasi Trucukan Over Birahi. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan didalam pemilihan bahan atau bakalan burung Trucukan:

  1. Postur badan, pilih bahan yang berpostur sedang yang memiliki panjang leher, badan, ekor dan juga kaki yang serasi. Hindari untuk memilih bahan yang memiliki leher dan badan yang pendek.
  2. Bentuk paruh, sebaiknya anda memilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, besar, panjang dan tebal,. Paruh bagian bawahnya harus lurus. Hindari untuk memilih bahan yang mempunyai paruh bengkok. Untuk posisi lubang hidung, pilihlah yang letaknya ada sedekat mungkin dengan posisi mata.
  3. Pilihlah burung yang memiliki sayap mengepit rapat serta kakiyang mencengkram kua. Hal ini menandakan burung tersebut dalam keadaan yang sehat. Warna kaki tidak lahberpengaruh dengan mental burung.
  4. Lincah dan juga bernafsu makan yang besar. Hal ini merupakan ciri-ciri dari bahan yang bermental baik.
  5. Rajin berbunyi. Hal ini menandakan bahwa burung tersebut mempunyai prospek yang cerah.
  6. Warna bulu yang tegas dan juga kering. Sebab burung seperti ini diyakini mempunyai irama lagu yang sangat panjang.

Cara Mengatasi Trucukan Over Birahi dengan Mudah

Trucukan pada dasarnya merupakan burung non fighter (bukan burung tarung) dan tenang ketika berkicau. Namun ada kalanya burung ini sensitif dengan daerah kekuasaannya di kondisi-kondisi tertentu. Yakni ketika birahinya tidak dapat terkontrol atau biasanya disebut dengan over birahi. Maka Cara Mengatasi Trucukan Over Birahi sangat dibutuhkan untuk menanganinya.

Tanda dan juga ciri-ciri trucukan yang sedang over birahi bisa dilihat dari  tingkat kegacorannya yang menurun dari biasanya. Burung menjadi sangat agresif dan galak, burungpun juga tidak mau diam, dan juga sering mematukkan paruhnya. Terlalu birahi / over birahi  ataupun kurang birahi keduanya memang sama-sama tidak baik. Berikut ini Cara Mengatasi Trucukan Over Birahi yang dapat anda gunakan:

  1. KurangilahEF (extra food), yakni maksimal berikan 1 jangkrik di pagi hari dan juga 1 jangkrik di sore hari.
  2. Burung ini harus lebih sering dimandikanpada pagi, sore, dan  jugamalam bila perlu.
  3. Kurangilah waktu penjemuran, maksimalbisa dilakukan 30 menit setiap
  4. Berikan tomat danjuga timun, sebab dipercaya dapat menurunkan tingkat dari
  5. Kawinkan trucukan ini bila perlu, hal ini akan sangat efektif.

Anda dapat melakukan perawatan dari trucukan over birahi tersebut diatas sampai burung trucukan bisa  terlihat normal kembali. Demikianlah tips dan juga cara untuk Mengatasi Trucukan Over Birahi. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel