Pinhome

Tips Properti

Cara Mengatasi Rumah Getar atau Goyang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Menghuni rumah yang terkadang bergetar atau bergoyang merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan karena adanya rasa was-was jikalau akan rubuh, kecuali memang rumah tersebut didesain agar bisa bergoyang namun tetap aman maka kondisinya akan biasa saja, bahkan akan sangat menyenangkan karena dapat merasakan sensasi yang berbeda :-). Permasalahan besar yang mungkin terjadi adalah rumah ambruk sehingga berpotensi menelan kerugian yang tidak sedikit, bahkan nyawa bisa melayang begitu saja. tentu kita tidak berharap peristiwa mengerikan ini terjadi, lalu bagaimana cara mengatasi rumah yang getar atau goyang? disini kita akan mencoba menguraikanya dengan harapan semoga dapat memberikan solusi bagi yang kebetulan mengalaminya. o.k langsung saja kita mulai.

Contoh kejadian rumah bergoyang

Selamat pagi para sesepuh RumahBangun.com, Mohon saran dan analisanya. Saya baru saja membangun rumah 2 lantai ukuran 6×25. Di tepi jalan raya. Namun dilantai atas terasa goyang (bukan hanya getar) pada saat ada mobil lewat didepen rumah. Luasan lantai 2 hanya 6×6, posisinya dibagian depan. Apakah ini wajar atau perlu ditambah tiang 1 lagi??????? Untuk detail spesifikasi pondasi & tiangnya saat ini saya belum tahu, masih saya tanyakan ke pemborongnya.

Penyebab rumah getar atau goyang

Beberapa hal bisa menjadi penyebab permalasahan ini, diantaranya dapat kita analisa bahwa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Pondasi rumah terlalu kecil sehingga tidak mampu menahan beban rumah agar dapat berdiri tegak tanpa bergoyang.
  • Balok, kolom struktur tidak memenuhi persyaratan untuk menahan rumah agar tetap kuat.
  • Lokasi pinggir jalan raya merupakan daerah yang rawan getaran, sehingga strukturnya harus diperhitungkan agar tahan gempa atau getaran saat kendaraan lewat.
  • Struktur rumah sudah didesain dengan kuat, namun ada kejadian tak terduga yang menyebabkan adanya tambahan beban bangunan. contohnya menempatkan profil tank/ bak air di lantai 2, furniture yang sangat berat dan sejenisnya.
  • Ada kemungkinan pemborongnya mencari keuntungan sebesar mungkin tanpa memperhitungkan resiko kerobobahn bangunan, tanpa memberikan pencerahan bagi yang punya rumah tentang bagaimana bangunan yang kuat.

Akibat hal-hal tersebut maka ada kemungkinan akan terjadi keretakan dinding, rumah miring atau bahkan roboh total.

Cara mengatasi rumah getar atau goyang

Melihat permasalahan diatas ditambah lagi hasil analisa hal-hal yang menjadi penyebabnya maka dapat kita ambil kesimpulan pilihan solusi untuk menyelesaikanya yaitu

  1. Memperkuat struktur, bisa dilakukan dengan melakukan penambahan pondasi, balok atau kolom untuk menutup kekurangan kekuatan yang belum tersedia.
  2. Mengurangi beban bangunan, misalnya dengan memindahkan benda-benda yang sekiranya memberatkan, contohnya mengganti dinding batu bata/batako dengan bata ringan, memindahkan profil tank air di atap ke tempat lain, dan sejenisnya.

Begitulah kurang lebih gambaran solusi yang dapat disampaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut, semoga bermanfaat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel