Penyakit Tetelo Pada Burung dan Cara Mengobatinya - Pinhome

Pinhome

Penyakit Tetelo Pada Burung dan Cara Mengobatinya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 15 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Penyakit Tetelo merupakan Penyakit Newcastle (Newcastle Disease, ND) adalah penyakit pada unggas besar yang fatal (mematikan). Di Indonesia penyakit ini juga populer sebagai Tetelo, diambil dari nama dalam bahasa Jawa thèthèlo.

Penyebabnya adalah serangan virus NDV, suatu virus RNA berkas tunggal dengan sekuens antisense negatif. Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh, karena penyakit Tetelo ini merupakan penyakit yang tergolong berbahaya. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada burung.

Penyakit Tetelo Pada Burung

Penyakit Tetelo ini sering menyerang unggas termasuk jenis burung, penyakit Tetelo ini terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pertanda apa-apa pada burung. Penyakit Tetelo ini menyerang pada bagian syaraf burung yang menyebabkan burung menjadi lumpuh secara tiba-tiba yang membuat burung jatuh dari atas tangkringan.

Penyakit Tetelo ini gejalanya bermacam-macam ada yang hanya menyerang pada bagian sayap burung saja, ada yang menyerang pada kaki burung saja bahkan ada pula yang menyerang seluruh tubuh burung.

Ciri-ciri Burung Terkena Penyakit Tetelo

Penyakit tetelo
(Portal Jember)

Burung yang terkena penyakit Tetelo memiliki ciri-ciri yang awalnya giras dan gacor dan tiba-tiba menjadi pendiam, murung dan tidak mau makan. Burung akan tiba-tiba murung di bawah lantai sangkar nya dan tidak mau naik ke atas tangkringan layaknya burung yang sakit parah.

Ciri-ciri yang paling umum terjadi pada burung yang yang terserang penyakit Tetelo yaitu burung akan tiba-tiba jatuh ke lantai sangkar dan tidak bisa bergerak. Namun matanya masih terbuka layaknya burung yang sehat, sering juga burung akan mengalami kejang-kejang dan ayanan layaknya penyakit ayan pada manusia.

Gejala Penyakit Tetelo Pada Burung

Penyakit Tetelo didahului gejala-gejala awal yang sering tampak pada burung seperti :

  • Kondisi fisik dan gerak aktivitasnya menjadi tidak normal
  • Burung terlihat memutar-mutarkan kepala dan tubuhnya secara tidak normal
  • Paruh sering kali terlihat membuka dan sayap terkulai ke bawah
  • Sinar mata tampak layu
  • Tidak bergairah dan tubuhnya terkadang mengalami tremor atau gemetar seperti yang kedinginan
  • Pada bagian leher terlihat membengkak dan kotorannya terlihat encer.

Penyebab Penyakit Tetelo Pada Burung

Penyebab burung terserang oleh penyakit Tetelo ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Salah satunya yaitu disebabkan oleh serangan virus yang menyerang tubuh burung. Virus-virus ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu disebabkan oleh kandang burung yang kotor, karena jarang dibersihkan.

Maka dari itu Pins harus sering-sering membersihkan sangkar burung Pins agar penyakit Tetelo ini bisa terhindar dari burung kesayangan Pins.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung

Penyakit tetelo pada burung
(MyDokterhewn)

Untuk mengatasi burung terkena penyakit Tetelo saran kami jangan panik, karna hal itu hanya akan membuat Pins tidak tahu apa yang harus Pins lakukan. Pins harus paham betul hal apa yang pertama harus Pins lakukan jangan asal-asalan karena penyakit ini jika diatasi dengan cara yang salah bukanya sembuh malah mati.

Cara mengatasi penyakit serangan Tetelo ini bervariasi dengan cara yang berbeda-beda namun mempunyai satu tujuan yaitu menghilangkan virus agar kondisi burung tetap fit. Umumnya banyak para kicau mania mengatasi penyakit Tetelo ini dengan menggunakan obat-obatan dari bahan alami maupun bahan kimia. Selain pemberian obat-obatan ternyata untuk burung yang terserang penyakit Tetelo ini harus dilakukan perawatan yang ekstra.

Langkah Awal Mengatasi Tetelo Pada Burung

Langkah awal yang bisa Pins lakukan untuk mengatasi penyakit Tetelo ini bisa dengan cara memberikan larutan air gula hangat. Langkah membuatnya pun sangat simple yaitu dengan melarutkan gula pasir kedalam air hangat.

Selain itu juga Pins bisa memberikan madu asli kepada burung yang terserang penyakit Tetelo ini. Dan untuk obatnya Pins bisa menggunakan obat anti saraf yang banyak dijual di toko-toko obat burung.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Murai Batu Kusam

Pins juga bisa meracik obat alami untuk mengatasi penyakit Tetelo ini yaitu dengan menggunakan daun saga. Untuk cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan cara meremas daun saga lalu memberikan air perasan daun saga tersebut kepada burung yang terkena penyakit Tetelo. Pins juga bisa memberikan obat metabolisme pada burung yang terserang penyakit Tetelo tersebut.

Untuk burung yang terserang penyakit Tetelo ini sebaiknya burung jangan dulu dimandikan sampai burung benar-benar sembuh. Selain itu Pins juga harus lebih sering-sering menjaga kebersihan sangkar burung, agar terhindar dari virus-virus yang berbahaya

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kista Bulu Pada Kenari

Penyakit Tetelo ini umumnya bisa sembuh tanpa memakan waktu yang lama, tetapi Pins harus rutin memberikan pengobatan seperti di atas. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Pins Cara mengatasi Penyakit Tetelo Pada Burung Secara Alami

Baca Juga: Cara Mengobati 10 Jenis Penyakit Merpati

—————————————

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel