Pinhome

Cara Mengatasi PDF Tidak Bisa Dibuka (Terbukti Work)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 11 July 2022 ∙ 8 menit membaca

Portable Document Format atau yang biasa disingkat PDF merupakan sebuah format file yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Pada mulanya sekitar tahun 1993 PDF ini dipakai untuk menyajikan berbagai dokumen yang meliputi format teks, huruf, citra, ataupun grafik vector dengan dua dimensi.

PDF kala itu memang banyak dipakai sebagai keperluan pertukaran dokumen digital, tetapi seiring berjalannya waktu, PDF saat ini mulai banyak dipakai untuk presentasi dokumen dalam berbagai pemformatan teks dan gambar dengan sifat Read Only.

Read Only yang dimaksud tersebut adalah PDF mulanya merupakan tulisan/ketikan dan gambar yang berbentuk dokumen (bisa diedit) sebelum dirubah formatnya menjadi file PDF. Contoh simpelnya adalah dokumen Word yang disimpan dalam format PDF.

Cara Mengatasi PDF Tidak Bisa Dibuka

File PDF yang tidak bisa dibuka ini pada umumnya disebabkan oleh file PDF sendiri yang mengalami kerusakan (corrupt). Disamping itu PDF Reader yang bermasalah atau file PDF terkena virus/malware juga menjadi penyebab lainnya mengapa file PDF tidak bisa dibuka, tidak terbaca, tidak muncul gambar, dan sebagainya.

Apakah file PDF yang rusak bisa diperbaiki? Terkait hal tersebut, kalau menurut Adobe.com, file PDF yang rusak atau corrupt kemungkinan besar tidak bisa dikembalikan. Namun, jangan khawatir karena disini kami punya opsi repair dan cara lain untuk mengatasi File PDF tidak bisa dibuka.

Jadi silakan simak ulasannya di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk mencoba mempraktikkannya!

Repair File PDF

Pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi PDF tidak bisa dibuka adalah dengan cara repair. Hal ini ditujukan untuk memperbaiki file PDF yang bermasalah atau corrupt agar bisa kembali diakses. Cara ini kemungkinan berhasilnya tergantung apa yang menjadi penyebab PDF tersebut tidak bisa dibuka.

Jika hanya karena kesalahan ringan kemungkinan file tersebut bisa diperbaiki, dan akan bisa dibuka kembali. Nah, cara repair file PDF ada yang melalui aplikasi pihak ketiga dan ada yang bisa melalui situs repair (online). Untuk lebih detailnya ada di bawah ini:

  • Menggunakan Aplikasi Stellar Repair for PDF
  1. Silakan download dan instal terlebih dahulu software Stellar Repair PDF.
  2. Jika sudah, silakan jalankan aplikasinya kemudian klik tombol Add File pada halaman utama aplikasi lalu masukkan file PDF yang bermasalah.
  3. Selanjutnya, silakan kamu klik Repair untuk mulai memeperbaiki file, centang pada opsi select all jika kamu mengupload banyak PDF sekaligus.
  4. Tunggulah proses repair tersebut selama beberapa saat.
  5. Setelah selesai, silakan simpan file PDF setelah proses repair tersebut dengan cara klik Save Repaired Files.
  • Repair Melalui Website iLovePDF
  1. Pertama, silakan kunjungi halaman Repair PDF di iLovePDF.
  2. Setelah websitenya terbuka, silakan kamu klik Select PDF File lalu cari dan pilih file PDF yang akan diperbaiki.
  3. Jika sudah, silakan klik Repair PDF untuk memperbaikinya.
  4. Tunggu sampai proses repair selesai.
  5. Terakhir, silakan simpan file PDF hasil repair tersebut.
  6. Done.

[adinserter block=”4″]

Perbarui PDF Reader

Ketika kamu mengalami masalah saat membuka PDF entah tidak terbaca atau tidak muncul gambar, dan hal ini tidak hanya terjadi pada satu dokumen tetapi pada dokumen lain juga mengalami hal yang sama. Opsi untuk mengatasi hal ini adalah dengan update PDF Reader yang digunakan.

Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan aplikasi pada versi yang belum diupdate tersebut mengalami masalah tertentu atau terdapat bug di dalamnya. Cara ini cukup efektif, karena biasanya dengan update PDF Reader masalah file PDF yang tidak bisa dibuka juga akan teratasi.

Nah, untuk mengupdate PDF Reader tentu tiap aplikasi berbeda-beda, baik itu di aplikasi Desktop ataupun Smartphone. Jadi silakan periksa aplikasi tersebut pada tempat dimana kamu mengunduh sebelumnya, bisanya disana ada opsi update bila terdapat versi terbaru dari aplikasi.

Gunakan PDF Reader Lain

Masalah yang menyebabkan PDF tidak bisa dibuka kemungkinan juga dikarenakan aplikasi tersebut yang bermasalah atau bahkan tidak support untuk membuka file yang kamu inginkan. Nah, oleh karena itulah kami sarankan untuk mencoba menggunakan PDF Reader lainnya ketika untuk membuka file PDF yang diinginkan.

Terdapat banyak sekali pilihan aplikasi PDF Reader yang tersedia untuk PC atau Android, yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Kami sarankan juga untuk coba ganti dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, karena kemungkinan dengan ini PDF yang tidak bisa terbuka akan normal lagi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi PDF Reader untuk PC dan Android yang bisa kamu pakai:

  • Untuk PC
  1. Adobe Aceobat
  2. Adobe Reader
  3. Foxit PDF reader
  4. Nitro Reader
  5. Expert PDF Reader
  6. Xodo PDF Reader & Editor
  7. Librera
  8. Soda PDF
  • Untuk Android
  1. Acrobat Reader (Versi Android)
  2. Google PDF Viewer
  3. Foxit PDF Reader (Versi Android)
  4. Librera (Versi Android)
  5. WPS Office
  6. WPS PDF
  7. Foxit PDF Editor
  8. ReadEra

[adinserter block=”5″]

Coba Buka PDF Lewat Browser

Browser yang biasa kamu gunakan, entah itu Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Mozila Firefox, dan lain-lain itu bisa kamu gunakan untuk membuka atau membaca file dengan format PDF. Didalam browser tersebut biasanya terdapat tools sejenis PDF Reader yang berfungsi membaca atau membuka PDF.

Metode ini juga bisa menjadi alternatif untuk mencoba membuka file PDF yang tidak bisa dibuka, siapa tahu dengan browser file tersebut justru dapat terbaca dengan baik dan tanpa masalah. Nah, untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka direktori penyimpanan di perangkat kamu.
  2. Setelah itu, silakan cari dan temukan file PDF yang sebelumnya tidak bisa dibuka.
  3. Silakan klik kanan pada file tersebut kemudian pilih opsi Open With.
  4. Selanjutnya silakan kamu pilih browser yang akan digunakan untuk membuka PDF tersebut. (cotohnya Chrome atau Microsoft Edge).
  5. Selanjutnya browser yang dipilih akan membuka file PDF tersebut, seperti contoh di bawah saya membuka PDF menggunakan Microsoft Edge.
  6. Done, sekarang kamu bisa membuka dan membaca PDF melalui browser.

Setting Ulang Adobe Reader

Adobe Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang cukup populer dan banyak penggunanya di laptop atau PC. Disamping itu, terkadang banyak pengguna yang belum tahu settingan Adobe Reader yang perlu diubah, seperti protected mode.

Apabila masih dalam mode protected, kemungkinannya file PDF tidak akan terbaca dengan aplikasi tersebut. Untuk itu, silakan kamu matikan protected mode pada Adobe Reader dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Reader di PC atau laptop.
  2. Setelah masuk ke halaman utama aplikasinya, silakan kamu pilih menu Edit yang ada di bar bagian atas, kemudian klik Preferences.
  3. Selanjutnya, silakan kamu pilih Security (Enhanced) pada sidebar sebelah kiri.
  4. Setelah itu, silakan cari opsi Enable Protected Mode at startup di bawah Sandbox Protections.
  5. Setelah ketemu, silakan hapus centangnya untuk mematikan proteksi tersebut.
  6. Terakhir, silakan klik Yes untuk mengonfirmasi perubahan.

Disamping mematikan protected mode, kamu mungkin memerlukan langkah tambahan lainnya untuk memperbaiki Adobe Reader yang barangkali ada masalah sistem aplikasi sehingga membuatnya tidak bisa membuka atau membaca PDF.

Berikut caranya:

  1. Buka dulu aplikasi Adobe Reader.
  2. Kemudian pada di menu bagian atas silakan kamu klik Help, lalu pilih Repair Installation.
  3. Pada notifikasi atau pop up yang muncul ,silakan kamu klik saja Yes.
  4. Sesudah itu, proses repair akan dimulai, dan silakan tunggu saja sampai selesai.
  5. Done.

[adinserter block=”5″]

Convert PDF ke Word

Opsi lain untuk bisa membuka file PDF yang bermasalah adalah dengan mengubahnya menjadi file dengan format Wort (doc atau docx). Dengan begini maka kamu akan bisa membuka dan membaca file PDF tersebut yang sudah dikonversi ke Word menggunakan software Microsoft Word.

Caranya covert PDF ke Word juga tidak sulit, kamu bisa memakai situs penyedia layanan konversi PDF to Word. Nah, langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan kamu buka browser di perangkat.
  2. Setelah itu silakan kamu akses halaman covert PDF to Word pada website iLovePDF.com.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke situs tersebut, silakan kamu klik tombol Select PDF File pada halaman utama website.
  4. Kemudian cari dan pilih file PDF yang akan dikonversi ke Word.
  5. Jika sudah, silakan klik Convert to Word untuk mulai mengnversi file tersebut.
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai, lalu silakan download dan simpan kembali ke perangkat.
  7. Jika sudah, silakan coba kamu buka file tersebut dengan Ms Word.

Buat Ulang File PDF

Kalau belum bisa mengatasi PDF yang tidak bisa dibuka dengan langkah-langkah perbaikan di atas, maka dapat disimpulkan kalau PDF tersebut sudah rusak parah dan tidak dapat diperbaiki lagi. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa membuat ulang PDF tersebut kalau kamu masih memiliki atau menyimpan dokumen awalnya.

Disamping itu, jika kamu telah berhasil mengonversi file PDF yang tidak bisa dibuka menjadi format doc atau docx (Word) maka kamu bisa membuat ulang PDF dengan Ms Word. Caranya gampang, kamu tinggal Save as saja file tersebut ke format PDF

Dengan dibuat ulang file PDF tersebut maka PDF tidak akan rusak atau corrupt lagi, dan tentunya kamu bisa membukanya dengan normal.

Akhir Kata

Untuk memperbaiki PDF tidak bisa dibuat sebenarnya tidak tidak banyak opsi yang bisa dilakukan. Karena itulah saya rasa cara-cara di atas sudah cukup mewakili inti solusi dari permasalahan ini, dan metode yang kami tuliskan itulah yang kami ketahui.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita mengenai cara mengatasi PDF tidak bisa dibuka (terbukti Work). Silakan kamu ikuti saja apa yang sudah dituliskan di atas untuk memperbaiki PDF yang error. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia