Pinhome

2 Cara Menghilangkan Milia yang Muncul di Wajah

Dipublikasikan oleh Rhaniyah Ulfa ∙ 20 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Milia atau lebih dikenal dengan sebutan jerawat bayi merupakan kumpulan benjolan kecil yang mirip dengan bruntusan. Bintik kecil ini bisa muncul pada bayi atau orang dewasa. Tapi sebenarnya, apa itu Milia? Dan bagaimana cara menghilangkan milia yang muncul di wajah?

Milia biasa muncul pada area pipi, dagu, jidat dan atau sekitar mata. Banyak treatment yang bisa dilakukan untuk mengatasi milia. Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasan. Bagaimana cara menghilangkan milia yang sering muncul di wajah?.

Tips ini cukup sederhana, kamu bisa menggunakan kombinasi toner dan serum yang mengandung active ingredients. Karena pada dasarnya, milia ini disebabkan karena clogged pores. Sehingga, bahan aktif tertentu dalam skincare tentu akan mampu menghilangkan milia pada wajah.

Lalu produk apa yang mengandung bahan aktif untuk menjawab permasalahan ini?Di sini, kami akan menyarankan skincare yang mengandung active ingredients yang ampuh untuk menghilangkan milia. Tapi, sebelum kita masuk ke pembahasan lebih jauh, kita perlu tahu penyebab munculnya Milia.

Baca juga: Skincare Cetaphil | Perawatan Aman, Sehat dan Teruji

Penyebab Munculnya Milia

Mengapa milia bisa muncul pada area-area tertentu pada wajah? Kulit yang sering terpapar sinar matahari, atau pori-pori wajah yang tersumbat merupakan penyebab munculnya milia.

Selain itu, milia bisa muncul karena permukaan kulit yang tersumbat akibat kecelakaan dan melepuh. Tentunya dengan adanya milia ini bisa mengganggu penampilanmu. Mungkin saja, kamu akan lebih membutuhkan usaha dalam ber-makeup, untuk menyamarkan milia di wajah.

Lalu, apakah milia ini menimbulkan rasa sakit layaknya jerawat? Efek yang paling sering muncul dari keberadaan milia adalah perih dan gatal. Namun, hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis kulit. Ada juga yang tidak merasakan apapun, namun milia tetap eksis di wajahnya.

Cara Menghilangkan Milia

Oke, kita masuk ke pembahasan inti, yaitu tentang cara menghilangkan milia. Simak sampai habis ya, Pins!

Tips 1: Gunakan Toner

cara menghilangkan milia

Toner memang berperan penting dalam membersihkan sisa-sisa kotoran duniawi pada wajah. Dengan begitu, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan milia adalah dengan menggunakan toner.

Khusus untuk milia ini, kamu perlu memilih kandungan yang tepat dalam toner yang kalian gunakan. Yakni yang mengandung AHA, BHA, dan atau PHA. Memang, tidak semua kulit cocok dengan BHA, bisa jadi ada yang lebih cocok dengan AHA.

AHA dan BHA memiliki persamaan untuk mengatasi milia, perbedaannya adalah AHA berperan dari atas permukaan kulit. Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada wajah, dan juga merangsang pembentukan kolagen yang baru.

Sedangkan BHA berperan dari dalam pori-pori. Sehingga minyak dan kotoran yang menyumbat dapat dipaksa keluar. Lalu, bagaimana memilih toner yang mengandung bahan-bahan aktif seperti di atas? Tenang, di sini kami telah menyiapkan referensi toner yang bisa mengatasi milia.

1. Somebymi- AHA BHA PHA Miracle Toner

Somebymi- AHA BHA PHA Miracle Toner

Produk dari Somebymi satu ini masuk jajaran toner best seller. Sesuai dengan merknya, toner ini memang mengandung AHA BHA dan PHA. Sehingga bisa menjadi pilihan kalian dalam mengatasi milia. Untuk pengaplikasian, toner satu ini cocok untuk jenis kulit kering.

Sayangnya, toner ini justru kurang cocok untuk jenis kulit yang sensitif. Manfaat lainnya, toner ini bisa digunakan sebagai anti-aging lho, Pins. Ada dua varian dari AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner yakni 100ml dan 150ml. Harga dari toner ini sekitar Rp 130.000 – Rp 150.000.

Baca juga: Perbedaan Some By Mi Merah dan Hijau

4. COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

Selanjutnya ada toner dari COSRX yang masuk dalam rekomendasi author. Nah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi, mungkin kamu akan lebih cocok dengan toner COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit kering sekalipun bisa menggunakan toner ini. Manfaat lain dari toner ini adalah mampu membersihkan komedo, keren bukan? Perihal harga, toner dari COSRX ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 200.000.

Baca juga: Toner Untuk Kulit Sensitif

5. Benton Aloe BHA Toner

Benton Aloe BHA Toner

Yang terakhir ada toner dari Benton. Mirip dengan toner dari COSRX, Benton Aloe BHA toner cocok dengan segala jenis kulit. Jadi kalian tak perlu khawatir. Jika dilihat dari segi komposisinya, toner ini sangat cocok dengan jenis kulit kering.

Namun, untuk jenis kulit sensitif dan berminyak tidak jadi masalah. Karena kandungan lainnya membuat toner ini cocok untuk ketiga jenis kulit tersebut. Apalagi bagi kalian yang memiliki pori-pori besar, Benton Aloe BHA toner adalah pilihan yang tepat.

Keunggulan lainnya adalah dari segi harga, dengan khasiatnya yang sedemikian rupa, toner ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 139.000.

Baca juga: 12 Toner Untuk Kulit Berjerawat

Tips2: Gunakan Serum atau Essence

Selain menggunakan toner, kamu juga perlu menggunakan serum untuk mengatasi milia. Dengan keunggulan bahan aktif yang ada, serum juga dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas dalam penggunaan skincare lain.

Apalagi jika sebelumnya kalian juga menggunakan toner, menggunakan serum adalah best choice. Ingat khusus untuk milia,kamu perlu memilih serum yang mengandung ketiga bahan aktif di atas. Berikut daftar rekomendasi serum yang bisakamu gunakan.

1. BHA Serum dari COSRX

cara menghilangkan milia

Lagi-lagi dari COSRX, mungkin brand ini sudah memprediksi keberadaan milia. Tapi memang begitu adanya, untuk melengkapi penggunaan toner diatas, kalian juga perlu menggunakan serum.

Salah satu rekomendasi author adalah serum dari COSRX, dengan kandungan BHA didalamnya akan mempermudah kalian dalam mengatasi milia. Untuk pengaplikasian, serum COSRX lebih cocok dengan kulit kering. Kamu bisa membeli serum ini di kisaran Rp 160.000 – Rp 180.000.

Baca juga: 15 Rekomendasi Serum Korea

2. Somebymi – AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum

cara menghilangkan milia

Selanjutnya datang lagi dari Somebymi, keunggulannya mirip dengan serum dari COSRX sebelumnya. Lebih cocok pada kulit kering. Hasil temuan dari riset review, serum satu ini masih 50:50 bagi pemilik kulit sensitif dan kulit berminyak.

Beberapa mengalami kecocokan dan beberapa tidak cocok. Jadi kebijaksanaan kembali pada diri sendiri ya, Pins. Perihal harga,kamu bisa mendapatkan serum ini dengan harga kisaran Rp 200.000.

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Wajah Untuk Kulit Kering

Kesimpulan

Beberapa orang masih kesulitan dalam menangani milia. Namun, beberapa telah berhasil mengalahkan permasalahan tersebut. Memang pada dasarnya usaha setiap orang berbeda-beda. Dibutuhkan kesabaran, konsistensi, dan ketelatenan dalam menangani milia.

Selain cara-cara di atas, ada juga cara lain, yaitu dengan mendatangi dokter kecantikan untuk melakukan laser milia. Tentunya cara ini membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kamu tentang cara menghilangkan milia pada wajah. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensimu dalam hal perawatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia