Pinhome

Cara Ampuh Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 30 June 2022 ∙ 8 menit membaca

Sebagai pengguna Windows tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Store. Software Microsoft Store merupakan sebuah toko aplikasi Windows yang menyediakan berbagai aplikasi-aplikasi gratis dan berbayar yang siap diinstal.

Pada Microsoft Store ada ribuan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bebagai keperluan dan untuk menunjang produktifitas kamu. Aplikasi yang ada di Microsoft Store juga ringan-ringan dan membuatnya dapat diinstal di berbagai laptop dengan spek minimum.

Tapi disamping itu terkadang ada suatu masalah yang dialami yakni Microsoft Store tidak bisa dibuka dan pada beberapa kasus ada juga yang bisa dibuka namun tiba-tiba Microsoft Store keluar sendiri. Hal ini tentu sangat menyebalkan dan membuat kita kesulitan mengakses dan menginstal aplikasi dari Microsoft Store.

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Lalu bagaimanakah cara mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka? Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya mudah. Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba praktikkan, dan dijamin Microsoft Store akan bisa dibuka kembali dengan normal.

Silakan simak ulasan di bawah ini untuk lebih detailnya!

Sign In Microsoft Store

Microsoft Store adalah software berbasis online yang mana mengharuskan kamu untuk terhubung ke internet agar bisa mengakses software ini. Jika sudah terhubung ke internet, pastikan juga kalau koneksi internet yang kamu gunakan tidak bermasalah ya.

Selain itu, Microsoft Store juga mengharuskan untuk sign in terlebih dahulu pada software tersebut agar bisa mengakses Microsoft Store dengan sepenuhnya. Untuk login ke software ini kamu perlu menggunakan akun Microsfot, dan cara loginnya kamu tinggal mengakses halaman Akun Microsoft.

Nah, setelah login ke akun Microsoft silakan kamu coba buka kembali Microsoft Store apakah sudah normal atau belum. Jika masih belum bisa dibuka, silakan lanjut ke cara kedua.

Atur Region Sistem

Buat kamu yang belum tahu bahwa pengaturan region sangat berpengaruh pada Microsoft Store, bukan hanya itu saja, pengaturan waktu juga sama pengaruhnya. Ketika laptop atau komputer yang kamu gunakan ada ketidaksesuaian antara waktu dan region maka Microsoft Store biasanya gagal dimuat atau gagal dibuka.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan penyesuaian pengaturan waktu dan region dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan buka Settings Windows dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah masuk ke pengaturan Windows, silakan kamu buka menu Times & Language.
  3. Selanjutnya, silakan pilih Date & Time pada bagian kiri, kemudian aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  4. Setelah itu, silakan masuk ke menu Region yang beradai di bawah Date & Time, lalu pada bagian Country of region silakan kamu atur menjadi United States.
  5. Pada bagian Regional format, silakan pilih Recommended [English (United State).
  6. Done.

[adinserter block=”4″]

Reset Cache Microsoft Store

Nama lain dari Microsoft Store adalah Windows Store, yang mana di dalam Windows terdapat data cache dari software ini. Nah, bila kamu menemukan pesan error “Windows Store cache may be damaged” berarti ada masalah pada aplikasinya, dan perlu kamu reset cache aplikasi tersebut.

Akibat dari muncul pesan error tersebut adalah Microsoft tidak bisa dibuka dan biasanya hanya stuck di logo saja. Untuk itu, silakan reset cache Microsoft Store dengan cara di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan wsreset.exe pada bagian Open.
  3. Kemudian klik OK.
  4. Setelah itu, proses reset akan dimulai dan nantinya akan muncul jendele Windows Reset yang berwarna hitam.
  5. Setelah selesai, silakan tutup saja jendela tersebut dan Microsoft Store akan terbuka otomatis.

Buat Direktori Cache Baru

Cara mengatasi Microsoft Store kali ini masih berhubungan dengan cache, yang mana disini kamu akan membuat folder cache baru guna untuk menyimpan data-data cache lama. Folder cache baru ini berfungsi untuk membangun ulang cache lama yang kemungkinan error sehingga membuat Windows Store tidak bisa dibuka.

Cara ini juga wajib kamu terapkan setelah langkah-langkah menghapus cache lama dilakukan. Nah, untuk membuat folder cache baru untuk Microsoft Store caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu File Explorer dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + E.
  2. Setelah masuk ke File Explorer, silakan kamu buka direktori penyimpanan sistem di laptop atau PC kamu.
  3. Jika sudah, silakan buka folder User > “Username” > AppData. Pada folder Username biasanya sesuai dengan nama laptop atau PC yang kamu gunakan.
  4. Setelah itu, silakan masuk ke Local > Packages>Microsoft.WindowsStore_(biasanya terdapat kode khusus setelah underscore).
  5. Setelah masuk ke direktori tersebut, lanjutkan untuk membuka folder LocalCache lalu hapus file didalamnya.
  6. Setelah itu back dengan menekan tanda panah ke kiri yang ada di samping kiri atas.
  7. Selanjutnya, silakan kamu buka folder LocalState kemudian cari folder cache disana. Setelah ketemu, silakan ubah namanya menjadi cache.old.
  8. Jika semuanya sudah selesai, silakan restart sistem untuk melihat perubahannya. Karena dengan begini biasanya Microsoft Store akan bisa dibuka kembali.

[adinserter block=”5″]

Reset Aplikasi Microsoft Store

Langkah selanjutnya untuk mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka adalah dengan mereset aplikasinya. Hal ini bertujuan untuk membangun kembali sistem aplikasi, data, cache, pengaturan dan sebagainya menjadi baru yang masih fresh. Biasanya cara ini sangat efektif dan Microsoft Store bisa langsung normal.

Caranya seperti ini:

  1. Pertama, silakan buka Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah pengaturan Windows terbuka, silakan kamu masuk ke ke Apps.
  3. Lanjut scroll ke bawah pada halaman Apps & Features, lalu pilih aplikasi Microsoft Store.
  4. Selanjutnya, silakan Klik Advanced Options di bawah aplikasi.
  5. Jika sudah, pada halaman selanjutnya silakan scroll ke bawah dan klik Reset.
  6. Terakhir, silakan tunggu proses resetnya sampai selesai.

Gunakan Powershell

Windows Powershell merupakan sebuah Command Line Interface (CLI) dan bahasa scripting yang dikembangkan oleh Microsoft. Software ini mirip seperti Command Prompt (CMD), hanya saja powershell memiliki fungsi lebih banyak dibanding CMD dan juga lebih advance.

Berikut cara memperbaiki Microsoft Store tidak bisa dibuka dengan powershell:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan kamu ketik Powershell pada opsi Open lalu tekan Enter.
  3. Setelah kamu masuk ke halaman Powershell, silakan masukkan perintah perbaikan Microsoft Store yakni Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)AppXManifest.xml”} lalu tekan Enter
  4. Jika sudah, silakan masukkan perintah lagi ((Get-ChildItem “HKLM:SOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionAppxAppxAllUserStoreInboxApplications”) | Get-ItemProperty).Path | Add-AppxPackage -Register -DisableDevelopmentMode.
  5. Tunggu proses perbaikan sampai selesai, dan jika sudah silakan tutup Powershell lalu coba kembali Microsoft Store.

Nonaktifkan Proxy & VPN

Proxy dan VPN yang diaktifkan merupakan salah satu penyebab mengapa Microsoft Store tidak bisa dibuka. Hal ini karena pengaturan proxy dan VPN mengubah konfigurasi IP dan DNS sehingga kamu tidak bisa terhubung ke server Microsoft Store atau bahkan IPN dan DNS tersebut diblokir Microsoft.

Untuk mengatasinya maka kamu harus mematikan pengaturan Proxy dan VPN dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan masuk ke Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah masuk ke pengaturan Windows, silakan buka Network & Internet.
  3. Pada halaman selanjutnya, silakan kamu pilih menu VPN yang ada di bagian kiri panel, lalu pilih koneksi VPN lalu klik Remove untuk mematikan.
  4. Jika sudah, silakan kamu masuk ke menu Proxy, kemudian matikan Proxy dengan cara klik pada Use a proxy server menjadi Off.
  5. Tutup jendela pengaturan, lalu hubungkan perangkat ke internet ddan cobalah untuk membuka kembali Microsoft Store.

[adinserter block=”5″]

Jalankan Perintah SFC

Hal lain yang mungkin menyebabkan Microsoft Store tidak bisa dibuka adalah karena ada file sistem yang corrupt atau hilang. Oleh karena itu, silakan lakukan perbaikan dengan menjalankan perintah perbaikan SFC yang bisa diakses melalui Command Prompt.

Berikut caranya:

  1. Pertama, tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run
  2. Selanjutnya, silakan kamu ketikkan CMD pada bagian Open lalu klik OK.
  3. Jika sudah maka kamu akan masuk ke halaman Command Prompt. Nah, pada bagian ini silakan input perintah sfc /scannow.
  4. Sesudah itu, silakan kamu tekan Enter.
  5. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  6. Lamanya proses tersebut tergantung dari kapasitas disk dan spesifikasi laptop atau komputer kamu.

Lakukan Troubleshooting

Ketika kamu telah mencoba semua langkah perbaikan di atas dan masalah Microsoft Store tidak bisa dibuka masih belum teratasi, maka kamu perlu melakukan perbaikan dengan Troubleshooting. Di Windows ada fitur yang namanya Troubleshoot yang berfungsi untuk mencari penyebab masalah sistem sekaligus cara mengatasinya.

Silakan pakai fitur ini untuk mengatasi Microsoft Store dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka kolom search Windows.
  2. Kemudian ketikkan Troubleshoot settings pada kolom pencarian.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan buka dengan cara klik dua kali Troubleshoot settings atau dengan memilih opsi Open di bawah hasil pencarian.
  4. Jika sudah, maka kamu akan masuk di pengaturan troubleshoot, silakan kamu pilih menu Additional Troubleshooters pada halaman tersebut.
  5. Pada halaman selanjutnya, silakan scroll ke bawah dan klik Windows Store Apps, lalu silakan kamu pilih Run the troubleshooter.
  6. Jika sudah maka Troubleshoot akan dimulai, silakan kamu tunggu beberapa saat sampai proses identifikasi selesai.
  7. Setelah selesai, troubleshooter akan memunculkan pesan berisi masalah yang ada pada Microsoft Store / Windows Store Apps beserta langkah-langkah untuk memperbaikinya.
  8. Terakhir, silakan kamu ikuti setiap langkah-langkah yang tertera pada halaman troubleshoot agar Microsoft store bisa dibuka kembali.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara ampuh mengatasi Microsoft Store tidak bisa dibuka. Semua langkah-langkah di atas sangatlah work berdasarkan penyebab masalah mengapa Microsoft Store tidak bisa dibuka. Jadi jika kamu sudah menerapkan semua cara di atas, maka dijamin Microsoft Store bisa dibuka kembali.

Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia