Pinhome

Cara Mengatasi Lovebird Sering Tidur Saat Lomba

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 2 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Lovebird Sering TidurLovebird kadang saat tampak oleh kita baik baik saja, namun bisa ngedrop saat di lombakan. Ini memang bisa jadi disebabkan energi birahi Lovebird yang menurun. Hal lain yang mempengaruhi adalah kondisi lingkungan gantangan yang gampang sekali terkena tiupan angin.

Sehingga, udara yang dilokasi menjadi agak dingin dan Lovebird yang memiliki kondisi kurang bagus malah akan tertidur. Musim hujan membuat suhu udara menurun. Udara yang dingin membuat burung ini malas melakukan aktivitas apapun. 

Burung yang satu ini akan malas ketika datang turun hujan. Hal ini tentu akan sangat buruk jika terjadi saat Lovebird sedang berada di arena lomba burung. Lovebird mungkin saja akan malas berbunyi dan bahkan tertidur di gantangan.

Lovebird Sering Tidur Saat Lomba

lovebird sering tidur
(Shutterstock)

Ada perlakuan tersendiri bagi Lovebird ketika sudah memasuki musim penghujan. Saat musim hujan, sinar matahari terkadang bisa gak keluar seharian. Dari kebiasaan menjemur Lovebird yang sudah rutin dilakukan, dan pada saat musim hujan jarang menjemur karena gak ada sinar matahari, maka kondisi Lovebird juga bisa menurun.

Bagaimana jika seandainya masih tetap menjemur Lovebird meskipun kurang teriknya sinar matahari? Pada musim hujan kelembaban udara makin meningkat dan tak jarang pula hembusan angin yang bertiup terlalu kencang.

Apabila masih mengharuskan tetep menjemur Lovebird, di khawatirkan Lovebird gampang terserang penyakit seperti snot ataupun penyakit lain yang dibawa oleh udara yang lembab tadi.

Setingan Lovebird musim hujan bukan hal yang mudah untuk membuat burung Lovebird tetap stabil di semua musim, terutama di musim yang akhir-akhir tahun tingkat turun hujan yang cukup tinggi burung Lovebird tidak berbeda dengan kita ketika musim hujan.

Lalu bagaimana cara mengatasi Lovebird sering tidur? Simak info berikut ini.

Cara Merawat Lovebird

Untuk membuat Lovebird tetap fit di musim hujan meskipun tanpa jemur karena matahari di musim hujan sekarang ini cukup sulit, terutama angin yang cukup extream jika kita memaksakan menjemur di takutkan malah membuat Lovebird senot atau penyakit lainnya yang di bawa oleh udara lembab.

Baca juga : Cara Mengatasi Penyakit Snot Lovebird Secara Alami

Untuk perawatannya sebaiknya Lovebird tetap full kerodong ketika angin kencang atau di tempatkan di dalam ruangan agar tidak terkena angin secara langsung selain itu berikan vitamin secara rutin untuk menjaga kondisi burung tetap hangat meskipun tanpa dijemur.

Berikan EF yang tidak terlalu banyak, usahakan berikan sayuran segar jangan kangkung untuk pemberian jagung sebaiknya pilih yang muda karena tidak membuat birahi Lovebird cepat naik. Jangan berikan makanan berlebihan atau sekedarnya saja.

Cara Memandikan Lovebird

Kamu mungkin ada yang menanyakan hal ini bagaimana pemandian Lovebird di musim hujan jika sudah menjadi setingan harian. Tentu kamu bingung untuk merubah atau tidak sebenarnya perubahan setingan di musim hujan sudah pasti dilakukan meskipun ada beberapa burung yang tetap stabil meskipun di cuaca extream.

Baca juga : Cara Mengatur Birahi Lovebird Untuk Lomba

Jika Lovebird sering tidur mulai terlihat kurang aktif berbunyi, atau bahkan mengembungkan bulu, tentu hal ini tidak dapat melakukan perawatan seperti biasanya. Karena, hal ini akan menyebabkan Lovebird semakin terpuruk.

Sebaiknya kurangi frekuensi atau ubah jadwal mandi menjadi agak siangan. Namun, jika cuaca tetap dingin sebaiknya tidak perlu dimandikan. Jika memang harus tetap mandi, sebaiknya tempatkan Lovebird di dalam ruangan ketika proses pengeringan bulu

Makanan Burung Lovebird

lovebird sering tidur
(Shutterstock)

Makanan penghangat burung Lovebird tidak berbeda dengan burung lain, seperti gizi yang lengkap porsi yang di sesuaikan semua itu akan menghangatkan burung Lovebird ketika musim penghujan.

Nutrisi tambahan untuk Lovebird bisa kamu lakukan dengan EF harian atau mingguan yang diberikan secara rutin, serta mencampurkan milet pada rendaman air jahe untuk memberikan efek hangat pada tubuh Lovebird. Manfaat jahe ini juga akan sangat berguna untuk Lovebird di musim hujan.

Kesimpulan

Jika Lovebird milikmu sering tidur seperti yang dijelaskan di atas.  Maka, kamu harus membuatnya agar tetap fit sebelum menggantang. Jika memang lovebird terlihat kurang fit, sebaiknya tidak melombakan di hari tersebut dan ganti dengan hari lain.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel