Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah - Pinhome

Pinhome

Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 27 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Lovebird paruh gajah merupakan salah satu permasalah yang sering dihadapi oleh jenis burung Lovebird, dimana kondisi dimana bentuk paruh Lovebird bagian atas memanjang melebihi batas normal.

Panjang paruh Lovebird ini menyerupai gajah, sehingga disebut Lovebird paruh gajah. Lovebird yang mengalami paruh gajah menurut kami karena lovebird tersebut memiliki pertumbuhan paruh yang lebih cepat dari rata-rata dan tidak terdapat aksesoris untuk Lovebird mengasah paruhnya.

Karena paruh lovebird terus tumbuh (seperti kuku manusia), sehingga panjangnya menjadi tidak normal. Permasalah Lovebird seperti ini jika tidak segera dilakukan tindakan maka akan semakin memanjang dan mengakibatkan Lovebird merasa kesulitan makan, kesulitan memanjat tangkringan, dan kesulitan meloloh.

Jika dibiarkan, tentu saja masalah seperti ini akan mengganggu aktivitas dan menurunkan produksinya. Oleh karenanya perlu dilakukan tindakan agar Lovebird ini tidak semakin parah.

Baca juga : Cara Meloloh Anakan Lovebird dari 0 Hari

Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

lovebird paruh gajah
(Shutterstock)

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu metode alami dan metode buatan atau manual.

Metode Alami

Berikan tangkringan batu atau tangkringan amplas. Biarkan Lovebird dengan sendirinya mengatasi paruhnya dengan menggesek-gesekkan paruhnya pada tangkringan amplas atau tangkringan batu. Lama kelamaan paruh akan retak dan kembali normal. Cara ini memang agak lama dan harus sabar.

Metode Buatan

Cara manual yaitu dengan memotong paruh Lovebird yang memanjang. Saat memotong paruh Lovebird pastikan syaraf atau urat dalam paruh tidak ikut terpotong, karena akan mengeluarkan darah. Memotong bisa menggunakan alat seperti pemotong kuku yang tajam, tang potong, cutter, gunting atau lainnya.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Cara Mencegah Lovebird Paruh Gajah

lovebird paruh gajah
(Shutterstock)

Nah, untuk mengatasi atau mencegahnya, kamu bisa memberikan mainan atau aksesoris untuk Lovebird yang dapat digunakan sebagai media untuk mengasah paruhnya. Bisa menggunakan tangkringan amplas atau tangkringan batu, bisa juga menggunakan kayu agar Lovebird rajin mengasah paruhnya.

Selain itu, berikan juga tulang sotong sebagai asupan nutrisi dan penambah asupan mineral bagi lovebird agar pertumbuhan paruhnya menjadi normal sehingga dapat diminimalisir terjadinya paruh gajah.

Disamping kekurangannya, Lovebird jenis ini terkadang juga diburu pemain burung kicau. Ini dikarenakan Lovebird ini dipercaya cenderung mempunyai suara ngekek yang panjang dan lebih rajin sehingga bagus untuk dilombakan.

Baca juga : Daftar harga lovebird terbaru


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel