Pinhome

Cara Mengatasi Komputer No Signal (Terbukti Berhasil)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 3 June 2022 ∙ 8 menit membaca

Komputer no signal merupakan kondisi dimana ketika komputer sudah dinyalakan dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa dan hanya ada tulisan komputer no signal. Pesan atau tulisan tersebut mengindikasikan bahwa CPU dan monitor tidak dapat terhubung atau tidak dapat mendeteksi VGA.

Sebenarnya kondisi komputer no signal ini kemungkinan besar komputer kamu masih nyala normal, karena biasanya mesin komputer menyala dan kipas prosesor serta fan power supply berputar. Hanya saja layar monitor yang tidak bisa menampilkan visual.

Penyebab dari masalah ini biasanya dikarenakan sistem yang error, BIOS corrupt, atau kerusakan pada komponen terutama pada VGA. Nah, untuk mengatasinya kita harus bisa menganalisa apa kerusakan yang dialami dan mencari solusi yang tepat agar bisa memperbaikinya.

Cara Mengatasi Komputer No Signal

Sebelumnya bedakan juga ya, antara komputer no signal dan gagal booting. Walaupun keduanya bisa dibilang mirip, namun pada kasus komputer gagal booting tidak memunculkan pesan no signal.

Lalu bagaimanakah cara memperbaiki komputer no signal ini? Untuk menjawabnya, yuk langsung saja baca dan terapkan cara-caranya di bawah ini.

Periksa Kabel Monitor

Coba deh kamu dek dulu kabel monitor yang dipakai, karena hal ini sangat berkaitan erat dengan monitor yang menampilkan pesan no signal. Pastikan tidak longgar pemasangannya, dan juga kamu coba pindahkan kabel monitor ke port lain, siapa tahu port pada monitor yang sebelumnya bermasalah.

Oh iya, silakan kamu periksa juga kabel konektor yang digunakan, karena bisa saja terdapat kerusakan pada kabel, entah karena putus, atau ada yang terkelupas. Kabel konektor untuk monitor pada komputer ini secara umum, ada tiga jenis. Yang pertama, kabel VGA, kabel DVI, dan HDMI.

Nah, untuk memastikannya kamu bisa mencoba mengganti kabel konektor yang digunakan untuk menyambung komputer ke monitor. Jika dengan kabel lain ternyata normal dan tidak ada pesan no signal yang muncul, maka fix masalahnya hanya pada kabel tersebut.

[adinserter block=”4″]

Cek Converter

Beberapa pengguna komputer ada yang memiliki monitor dengan port yang berbeda dengan sepsifikasi VGA-nya. Misalnya saja VGA support DVI & HDMI, tapi monitornya hanya support port VGA saja. Sehingga untuk bisa menyambungkan VGA tersebut dibutuhkan converter.

Nah, untuk pengguna converter ini kemungkinan penyebab komputer no signal adalah terdapat pada alat converter VGA yang mungkin saja bermasalah atau bahkan rusak. Converter VGA sendiri dibagi menjadi dua, yaitu converter aktif dan converter pasif.

Converter pasif memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan converter aktif, sehingga banyak orang yang memakai converter pasif. Padahal kebanyakan converter pasif cenderung lebih sering mengalami masalah, dan sering tidak bekerja dengan normal.

Jadi, untuk pengguna converter VGA ini, cobalah menggunakan tips berikut agar masalah komputer no signal bisa teratasi.

  • Pakai kabel yang masing-masing konektornya sama. DVI ke DVI, HDMI ke HDMI, VGA ke VGA. Karena 100% pasti jalan (asal tidak ada yang rusak). Harganya juga tidak terlalu mahal.
  • Coba untuk memakai converter aktif. Kebanyakan orang lebih menyarankan untuk memakai converter aktif dibanding pasif (karena kemungkinan bekerjanya lebih tinggi).

Periksa VGA Komputer

Selain karena kabel monitor, port monitor, dan converter VGA, kemungkinan yang menjadi penyebab munculnya masalah komputer no signal adalah karena VGA Card (kartu grafis) yang dipakai bermasalah atau rusak.

Sebenarnya VGA sendiri memang tidak mudah rusak, tapi kadang karena masalah supply daya PSU tidak stabil, temperatur VGA yang terlalu panas, atau karena kesalahan dengan overclock bisa menyebabkan kerusakan VGA Card sehingga membuatnya tidak berfungsi.

Jika VGA tidak berfungsi, maka tentu monitor komputer kamu tidak akan bisa menampilkan visual apapun, sehingga bisa dipastikan akan muncul pesan komputer no signal. Nah, untuk itu kamu harus memeriksa VGA Card yang digunakan di komputer, untuk memastikan ada kerusakan atau tidak.

Selain itu, kamu bisa mencoba menggunakan VGA Card lain untuk sekedar memastikan apakah normal atau tidak jika menggunakan VGA lain. Atau bisa juga dengan menggunakan VGA Onboard (Integrated Graphics) jika processor di komputer kamu memilikinya.

[adinserter block=”5″]

Kalau sudah pasti terdapat kerusakan pada VGA Card, maka kamu bisa melakukan RMA atau service ke pabrik sesuai vendor resmi dari VGA yang digunakan. Atau agar lebih mudah bisa langsung menggantinya dengan yang baru, ya walaupun harus mengeluarkan budget lebih

Oh iya, sebagai catatan saja, kalau tidak semua merk bisa melakukan service ke pabrik karena tidak ada vendor resminya. Biasanya ini berlaku untuk mek-merk VGA tidak jelas, yang tentu saja hanya memiliki garansi toko atau garansi distributor.

ketika kamu membeli VGA, kami sarankan agar menghindari membeli VGA yang tidak jelas merk-nya, karena hal ini juga berkaitan dengan kualitas dari VGA tersebut. Pastikan untuk membeli VGA yang sudah banyak digunakan, dan brand-nya sudah terkenal.

Pastikan RAM Tidak Bermasalah

Masalah pada RAM juga bisa menyebabkan komputer mengalami masalah no signal. Oleh karena itu, silakan kamu periksa juga kondisi RAM apakah terdapat masalah atau tidak. Biasnya masalah yang sepele adalah RAM yang kotor, terutama pada bagian kuningan RAM.

Untuk mengatasi RAM kotor ini, silakan kamu bersihkan seluruh bagian menggunakan cairan pembersih khusus lalu mengelapnya sampai kering. Bersihkan juga kuningan RAM dengan karet penghapus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel konektor. 

Hal sepele seperti RAM yang kotor ini bisa membuat RAM tidak bisa terdeteksi dan terbaca, sehingga membuat monitor tidak dapat menampilkan dan memuat data pada komputer. Selain karena kotor, posisi RAM yang tidak pas juga bisa berpengaruh.

Pastikan juga kalau RAM tidak rusak ya, misalnya RAM patah atau retak. Karena jika RAM rusak maka data tidak akan bisa terbaca karena RAM memang sudah tidak berfungsi, sehingga kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Reset Baterai CMOS

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa masalah komputer no signal ini bisa saja dikarenakan masalah pada BIOS. Nah, buat yang belum tahu, kalau data dan pengaturan BIOS di komputer itu tersimpan pada komponen bernama CMOS.

CMOS atau Baterai CMOS ini bisa di-reset loh, agar pengaturannya kembali ke posisi semula dan tidak terjadi masalah atau error tertentu pada BIOS yang membuat komputer no signal.

Untuk melakukan reset atau clear CMOS prosedurnya biasanya berbeda-beda, tergantung motherboard yang dipakai. Jadi kamu bisa membaca buku panduan atau manual book untuk mencari tahu cara reset atau clear baterai CMOS.

Dengan mengikuti prosedur pada buku panduan, maka kamu akan terhindar dari kegagalan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan reset atau clear CMOS. Nah, untuk panduan secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan pastikan Komputer kamu dalam keadaan Off.
  2. Setelah itu kamu bisa membuka casing PC, kemudian cari baterai CMOS pada motherboard.
  3. Setelah ketemu, silakan lepaskan CMOS tersebut dari motherboard.
  4. Jika CMOS sudah dicabut, silakan kamu tekan tombol power selama 15-20 detik agar sisa arus listrik pada kapasitor terkuras.
  5. Ketika menekan tombol power, pastikan kalau kabel power masih belum tercolok ya.
  6. Sesudah itu, kamu bisa memasang kembali baterai CMOS ke posisi semua.
  7. Selanjutnya, silakan hidupkan komputer kamu dan setelahnya kamu akan dibawa masuk ke BIOS.
  8. Disana kamu akan diarahkan untuk setting waktu, tanggal, bahasa, dan sebagainya.
  9. Silakan ikuti saja arahannya sampai selesai.
  10. Biasanya dengan begini komputer akan bisa normal lagi, dan tidak muncul error komputer no signal.

[adinserter block=”5″]

Periksa Processor & Motherboard

Processor dan juga motherboard memiliki peranan penting pada komputer untuk memproses dan mengolah data. Processor atau motherboard yang rusak akan mengakibatkan komputer no display (no signal) atau bahkan komputer tidak bisa menyala.

Untuk itu, pertama silakan kamu periksa kondisi processor dengan melihat pin prosesor apakah kotor atau mungkin ada yang patah/bengkok. Bisa juga processor mengalami short atau konsleting sehingga membuatnya tidak berfungsi normal.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah untuk memeriksa processor:

  1. Pertama, silakan bongkar casing PC atau komputer kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan kamu lepaskan fan processor.
  3. Kemudian hidupkan komputer kamu lalu tunggu sekitar 5 menit
  4. Setelah 5 menit, coba kamu sentuh permukaan processor.
  5. Apabila processor memiliki suhu yang hangat atau cukup panas, berarti processor tersebut masih bekerja dengan normal.

Setelah memeriksa processor komputer, kamu juga harus memeriksa motherboard terdapat masalah atau tidak. Terutama jika processor komputer kamu normal tapi masih memunculkan error komputer no signal.

Untuk memeriksa motherboad sebenarnya agak sulit karena memerlukan alat khusus. Namun untuk lebih mudahnya kamu bisa sekedar memastikannya saja dengan mencoba memasang motherboard lain ke komputer yang mengalami masalah no signal.

Jika hasilnya normal, maka bisa dipastikan motherboad tersebut tidak normal dan bermasalah, sehingga kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara mengatasi komputer no signal yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Mengatasi masalah no signal ini sebenarnya gampang-gampang susah, karena beragam penyebabnya.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mencoba semua cara-cara di atas satu per satu agar masalah komputer no signal bisa terselesaikan. Cukup sekian dari kami, semoga bermanfaat dan membantu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia