Pinhome

3 Cara Mengatasi Kolibri Nyilet, Terbukti Cepat!

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 18 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara Mengatasi Kolibri NyiletBurung Kolibri merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran kecil yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia.

Burung yang dikenal dengan sebutan burung madu dan penghisap nektar ini memiliki suara yang cukup merdu sehingga tidak sedikit para kicau mania yang memeliharanya baik sebagai burung hias maupun burung masteran atau burung kicau lainnya.

Jika bicara tentang pemeliharaan dan perawatan, sebaiknya kamu lakukan perawatan harian Kolibri yang baik dan benar, sehingga burung Kolibri gacor dan rajin bunyi dan memiliki performa yang terbaik.

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memelihara burung Kolibri yaitu memperhatikan masalah pakan.

Burung Kolibri Nyilet

cara mengatasi kolibri nyilet

Dalam memelihara Kolibri, terkadang ada berbagai macam permasalahan kesehatan yang mengganggu penampilan burung. Bahkan tanpa adanya alasan yang jelas.

Burung Kolibri yang kamu pelihara tiba-tiba menjadi kurus dan juga nyilet. Padahal, jika perhatikan dengan seksama, pakan dan minum yang kamu berikan sudahlah normal.

Meski demikian, memang ada saja alasan yang dapat mengakibatkan burung Kolibri yang kamu pelihara menjadi nyilet. Oleh sebab itu, sebaiknya harus lebih teliti lagi di dalam merawatnya setiap hari.

Misalnya saja, burung Kolibri milikmu ternyata tidak terlalu doyan dengan susu dan kroto. Maka kamu harus bisa melatih Kolibri untuk makan kroto.

Ciri-ciri Burung Kolibri Nyilet

Pertanda burung kurus adalah burung lebih banyak diam, mata terlihat sayu dan bulu mengambang seperti burung yang kedinginan.

Jika kamu pegang burung tesebut dan meraba bagian dada, maka akan terlihat tulang dada yang menonjol secara vertikal dari atas kebawah.

Sehingga terlihat seperti mata pisau inilah mengapa dikatakan nyilet.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Kolibri Nyilet?

Jika kamu mendapati burung Kolibri belum mau makan kroto, maka kamu harus memberikan asupan protein pengganti agar burung dapat bertahan hidup.

Bila burung belum ada tanda-tanda kurus maka kita bisa memberikan Susu Kental Manis sebagai pengganti protein. Tapi perlu di ingat selama pemberian susu jangan berikan minuman manis secara bersamaan.

Kenapa? Karena sudah pasti susu yang akan kita berikan kurang diminati oleh burung. Selanjutnya kita bisa mengajarkan burung makan kroto.

Baca juga : Cara Melatih Mental Kolibri untuk Lomba

Racikan Pakan Untuk Mengatasi Burung Kolibri Nyilet

Nah, jika burung sudah terlanjur kurus atau nyilet kamu tidak perlu kawatir. Segera berikan terapi nutrisi penggemuk badan sebagai pertolongan utama. Adapun hal yang perlu kamu siapakan untuk membuat asupan nutrisi adalah sebagai berikut:

1. Bahan Racikan Pakan Untuk Mengatasi Kolibri Nyilet

  • Susu kental manis 1 sendok makan
  • Bubur bayi 1 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Air hangat secukupnya

Cara Membuat Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

Panaskan segelas air di atas api sedang dan tunggu sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, tuangkan Sun ke dalam mangkok dengan takaran satu sendok teh saja. Selanjutnya, kamu bisa tuangkan sedikit air panas pada mangkok.

Bubuhkan gula pasir serta susu kental, setelah itu aduk hingga rata. Setelah adonan tersebut dingin, kamu bisa memberikanya pada burung Kolibri untuk dijadikan sebagai pakan utama, pengganti susu.

Cara Memberikan Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

Kamu bisa memberikan pakan ini setiap hari. Namun, harus diganti setiap hari. Karena, pakan ini akan basi apabila lebih dari 6 jam. Bahkan, jika dibutuhan pakan ini bisa diganti setiap pagi dan sore.

Sementara itu, untuk pemberian pakan boleh dihentikan apabila keadaan burung Kolibri sudah normal.

Baca juga : Racikan Pakan Kolibri Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Racikan pakan untuk mengatasi burung kolibri nyilet ini sebaiknya anda buat encer. Jadi, perlu bagi anda untuk menambahkan air yang lebih banyak lagi.

2. Bahan Racikan Pakan Untuk Mengatasi Kolibri Nyilet

  • Susu segar 1 gelas
  • Susu kental manis 1 sachet

Cara Membuat Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

  • Endapkan susu segar dari airnya dan ambilah bagian putih yang mengambang di atas.
  • Masukkan kedalam gelas, dan campurkan dengan susu kental manis.

Cara Memberikan Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

Berikan satu cepuk kecil sisanya simpan di kulkas untuk besok harinya. Terapi ini dilakukan selama satu minggu. Biasanya, setelah seminggu burung akan kembali gemuk. Jika burung sudah gemuk kembali, mulailah untuk mengajari makan kroto.

3. Bahan Racikan Pakan Untuk Mengatasi Kolibri Nyilet

  • Bubur sun rasa pisang 1 sachet
  • Gula secukupnya
  • Super N

Cara Membuat Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

Campurkan bubur sun rasa pisang dengan gula lalu blender untuk mengaduk campuran gula dengan bubur sehingga campuran merata.

Cara Memberikan Racikan Pakan Untuk Kolibri Nyilet

Berikan satu cepuk kecil atau secukupnya lalu tambah dengan super-N 1 sampai 2 tetes, sisanya simpan dikulkas untuk besok harinya. Terapi ini dilakukan selama satu minggu. Setelah itu, bisa dipastikan burung akan kembali gemuk.

Jika burung sudah gemuk kembali, mulailah untuk mengajari makan kroto.

Kesimpulan

Penyebab burung Kolibri nyilet sebenarnya dari perawatan harian yang kurang maksimal mulai dari pemberian pola pakan, dan perawatan lainnya.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mengatasi burung kolibri nyilet terbukti cepat.


Temukan beragam pilihan terlengkap rumah dijual di Palembang di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel