BlogLifestyleGadget12 Cara Mengatasi HP Panas Agar Suhu Dingin & Stabil Kembali
0
0

12 Cara Mengatasi HP Panas Agar Suhu Dingin & Stabil Kembali

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi hp panastop-right-banner

Diandalkan sebagai smartphone utama, pemakaian harian yang cukup intens kadang membuatnya terasa panas saat dipegang. Hal ini disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Agar performanya tidak menurun dan tetap awet hingga beberapa tahun ke depan, begini cara mengatasi HP panas yang mudah untuk dipraktikkan.

Cara ini menuntut Pins untuk mengubah kebiasaan saat menggunakan, mengisi daya, bahkan memakai mode serta fitur tertentu. Dengan begini, penggunaan gawai yang berpengaruh dengan prosesornya bisa direm dan dibuat lebih ringan.

Melepas Case

penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya
Unsplash

Selain mengetahui penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, Pins juga harus mengetahui jika case handphone memberi peran besar. Case yang kebanyakan terbuat dari plastik tidak mampu mendinginkan suhu secara sempurna. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melepas case sementara hingga suhu menjadi lebih dingin.

Baca juga: 9 Aplikasi Pesan Tiket Bioskop Online

Minimalisir Panas Matahari

Berada di bawah sinar matahari secara langsung juga bisa membuat suhu ikut naik. Cara mengatasi HP panas yang bisa dipraktikkan adalah dengan tidak menaruh HP di tempat yang disinari matahari secara langsung. Pastikan juga ketika mengisi daya, handphone dan kabelnya ada di dalam ruangan dengan suhu yang sejuk.

Mode Penghematan Baterai

penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya
Unsplash

Salah satu alasan mengapa HP cepat panas dan baterai cepat habis adalah pemakaian secara nonstop. Bisa gawai milikmu selalu menyala dari bangun tidur hingga keesokan harinya dan berulang setiap hari. Supaya gawai lebih terkontrol suhunya, Pins disarankan untuk menyalakan mode penghematan baterai. Dengan begini, waktu pakainya jadi lebih lama dan kamu tidak perlu terlalu sering mengisi daya baterai handphone.

Baca juga: 8 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Update Aplikasi Secara Rutin

Untuk aplikasi penting lainnya, Pins juga bisa meng-update secara berkala. Pasalnya, di versi terbaru ini pihak aplikasi pasti mengoptimalkan banyak fitur. Salah satunya adalah agar prosesor bisa bekerja lebih ringan dan menjaga suhu handphone agar tetap stabil.

Apps Pembersih Sampah

cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai
Unsplash

Penyebab HP panas bisa berasal dari banyaknya file sampah dan cache yang tidak terpakai. Pins memang bisa clear cache secara manual ketika menutup aplikasi langsung dari HP. Tapi langkah ini tidak sepenuhnya efektif karena sampah yang tersimpan di file lainnya tidak ikut terjamah. Maka dari itu, disarankan untuk menginstal aplikasi pembersih sampah supaya file tak terpakai itu bisa terdeteksi dan langsung dihapus.

Mematikan Koneksi

Koneksi bluetooth, wiFi, dan GPS ternyata juga menyumbang handphone menjadi lebih panas. Cara mengatasi HP panas yang efektif adalah dengan mematikan koneksi tersebut jika sedang tidak dibutuhkan. Energi bisa disimpan dan jadi lebih hemat. Apabila kamu sedang berada di daerah yang susah sinyal, disarankan untuk menyalakan mode pesawat agar handphone tidak bekerja terlalu keras untuk mencari sinyal di sekitar.

Baca juga: Rekomendasi 18 Produk HP Samsung RAM 8GB yang Super Canggih

Memakai Apps Tertentu dalam Waktu Bersamaan

penyebab hp panas
Unsplash

Multitasking dengan menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan menjadi salah satu alasan kenapa gawaimu cepat panas. Cara mengatasi HP panas yang paling sederhana adalah dengan memakai aplikasi tertentu yang tidak membutuhkan “energi” terlalu banyak. Pakai satu per satu dan kurangi penggunaan berat dalam waktu bersamaan.

Disable Aplikasi yang Jarang Dipakai

Mengoperasikan banyak aplikasi juga bisa membuat handphone menjadi cepat panas. Hal ini yang menjadi awal dari baterai yang cepat habis. Cara agar HP tidak cepat panas dan boros baterai bisa dimulai dengan mematikan sementara atau disable aplikasi yang jarang dipakai. Hal ini bertujuan supaya prosesor bisa bekerja lebih ringan tanpa harus meng-update aplikasi yang tetap menyala tapi jarang dipakai.

Menonaktifkan Widget & Wallpaper Gerak

mengapa hp cepat panas dan baterai cepat habis
Unsplash

Supaya gawai terkesan lebih menarik, banyak pengguna yang memasang aplikasi widget. Ada juga wallpaper gerak yang dipasang di latarnya. Padahal, aktivitas tersebut yang membuat kinerja handphone menjadi lebih berat. Cara mengatasi HP panas yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan wisget dan wallpaper gerak tersebut untuk sementara waktu.

Baca juga: 25 Rekomendasi HP RAM 4GB Harga Rp2 Jutaan

Mendiamkan HP Saat Pengisian Daya

Ketika HP di-charge, ini adalah momen untuk mengistirahatkan gawai untuk sementara. Ketika di proses ini kamu tetap mengoperasikannya, HP jadi bekerja lebih keras karena harus menerima energi dan prosesor harus tetap bekerja mengoperasikan bagian intinya. Supaya tidak lagi panas, Pins bisa mendiamkan selama proses charging berlangsung. Waktu akan lebih singkat jika HP-mu sudah mendukung fitur fast charging yang bisa mempersingkat proses pengisian daya.

Ganti Kabel Charger

Ada kemungkinan jika handphone panas dikarenakan kabel charger yang sudah tua dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Hal ini yang membuat smartphone terasa lebih panas dari biasanya. Cara mengatasi HP panas adalah dengan menggantinya dan membeli kabel original yang memang difungsikan untuk perangkatmu.

Tambah Cooling Fan

Jika Pins lebih sering menggunakan handphone untuk bermain game, tak ada salahnya untuk menganggarkan uang dan membeli cooling fan. Kipas kecil ini bisa membuat suhu jadi lebih terjaga dan cara mengatasi HP panas ini termasuk basic dan mudah diterapkan.

Sebelum terlanjur, Pins bisa mencoba cara mengatasi HP panas di atas supaya suhunya tetap dingin. Kuncinya adalah dengan menjaga suhu dan mengurangi pemakaian multitasking yang menguras tenaga prosesor setiap harinya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download