Cara Ampuh Mengatasi Download IDM Tidak Muncul di Browser

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 2 July 2022 ∙ 7 menit membaca

Internet Download Manager (IDM) adalah software downloader terkenal yang banyak penggunanya di dunia. Sebenarnya hal tersebut tidaklah mengherankan, karena mengingat IDM memiliki banyak keunggulan, salah satunya IDM memiliki kemampuan download yang maksimal dan cepat.

Selain kecepatan yang unggul, menggunakan IDM itu juga mudah, kamu hanya perlu menginstal kemudian mengintegrasikan Internet Download Manager secara manual, bahkan proses integrasi tersebut bisa berjalan cepat. Tetapi ada hal yang kadang menjadi masalah pada IDM, salah satunya adalah IDM tidak muncul saat download.

Ketika IDM tersebut tidak muncul waktu kamu mendownload maka hal tersebut akan merepotkan, karena kamu harus menyalin link yang dibutuhkan pada fitur Add URL secara manual. Nah, kalau kamu mungkin sedang mengalami masalah ini silakan simak cara mengatasinya pada artikel ini.

Penyebab Download IDM Tidak Muncul

Disamping cara mengatasi download IDM tidak muncul yang perlu diketahui, penyebab mengapa download IDM tersebut tidak muncul juga tidak kalah penting untuk diketahui. Ada beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi, berikut ini diantaranya:

  • Integrasi belum aktif
  • Versi browser dengan IDM tidak kopatibel
  • Ekstensi tidak terpasang dengan baik
  • IDM belum update
  • IDM terkena virus atau malware
  • File IDM rusak atau korup
  • Format file download tidak Dikenal di IDM
  • Dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Download IDM Tidak Muncul

Dari beberapa penyebab yang kami tuliskan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan penyebab mengapa download IDM tidak muncul adalah karena adanya masalah pada IDM itu sendiri, dan juga adanya masalah pada browser yang dipakai.

Lalu bagimana cara mengatasinya? Untuk hal ini ada beberapa cara atau metode yang bisa dicoba. Yuk, simak cara-caranya di bawah ini!

Coba Restart IDM

Kita mulai dari hal yang paling simpel namun pada beberapa kasus cara ini cukup efektif. Caranya adalah dengan merestart Internet Download Manager melalui Task Manager. Dengan merestart IDM maka bila terdapat error atau bug, maka error atau bug tersebut akan hilanng.

Nah, untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka task manager dengan menekan tombol kombinasi CTRL + SHITF + ESC.
  2. Jika sudah, maka kamu akan masuk ke task manager, pada bagian ini silakan kamu pilih tab Processes.
  3. Kemudian carilah IDMAN.exe.
  4. Setelah itu, silakan klik kanan lalu pilih opsi End task.
  5. Selanjutnya, kamu hidupkan kembali IDM dengan New Task.
  6. Jika sudah, kamu tinggal memulai ulang Windows kemudian mencoba download menggunakan IDM lagi.
  7. Selesai.

[adinserter block=\”4\”]

Restart Windows Explorer

Hal yang simpel kedua adalah melakukan restart Windows Explorer. Karena hal ini ada hubungannya ketika download IDM tidak muncul. Ketika proses download dimulai biasanya muncul sebuah service windows yang memuat pengaturan tempat kita menyimpan file hasil unduhan.

Nah apabila service tersebut tidak merespon maka dapat membuat IDM tidak bisa mulai secara otomatis. Nah, untuk mengatasinya silakan kamu coba restart programnya secara manual.

Berikut caranya:

  1. Buka task manager dengan menekan tombol kombinasi CTRL + SHITF + ESC.
  2. Jika sudah, maka kamu akan masuk ke task manager, pada bagian ini silakan kamu masuk ke tab Processes.
  3. Kemudian carilah Explorer disana.
  4. Setelah itu, silakan klik kanan lalu pilih opsi Restart.
  5. Selanjutnya, kamu tinggal memulai ulang Windows kemudian mencoba download menggunakan IDM lagi.

Pastikan Ekstensi File Didukung

Internet Download Manager memang sudah mendukung hampir semua jenis format file. Terutama untuk file yang umum digunakan, misalnya saja zip, rar, mp3, mp4, dan lain lainnya. Tapi ada beberapa format yang belum didukung oleh IDM sehingga membuat notifikasi download tidak muncul.

Cara mengatasinya sebenarnya tidak sulit, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi IDM terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik Options yang terpadat pada daftar menu IDM.
  3. Selanjutnya, silakan kamu pilih File Types.
  4. Jika sudah, kamu tinggal menambahkan format file yang diperlukan dan tidak ada disana.
  5. Tapi kalau format file yang kamu download sudah tertera disana, silakan coba lanjut ke cara di bawah.

Cek Dukungan Browser

Jika kamu merupakan pengguna browser yang agak kurang umum atau bahkan jarang digunakan kebanyakan orang, kamu perlu mengecek kompabilitas browser tersebut dengan IDM. Karena pada beberapa browser ada yang memang sistem integrasinya belum didukung.

Cara mengeceknya sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu software IDM.
  2. Setelah itu, silakan kamu pilih opsi Options.
  3. Selanjutnya pada tab General akan muncul daftar browser yang didukung IDM.
  4. Apabila browser yang kamu gunakan ternyata tidak ada pada daftar tersebut, maka kamu perlu manambahkannya dengan cara Add Browser lalu cari dan pilihlah browser yang kamu pakai.
  5. Selesai.

[adinserter block=\”5\”]

Restart Process Browser

Kalau cara diatas belum juga berhasil, coba untuk melakukan hal simpel lainnya, yakni dengan merestart process browser yang kamu pakai. Cara ini ampuh, bila browser yang berjalan sedang mengalami gangguan atau bug tertentu.

Nah, karena mengalami bug maka service browser tersebut tidak dapat merespon perintah, sehingga membuat IDM tidak bisa mulai secara otomatis. Untuk mengatasinya silakan kamu coba restart process browser yang dipakai secara manual.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka task manager dengan menekan tombol kombinasi CTRL + SHITF + ESC.
  2. Jika sudah, maka kamu akan masuk ke menu task manager, pada bagian ini silakan kamu masuk ke tab Processes.
  3. Kemudian carilah browser yang kamu gunakan disana.
  4. Setelah itu, silakan klik kanan lalu pilih opsi End task.
  5. Selanjutnya, jangan tutup jendela tersebut terlebih dahulu, dan kamu perlu menghidupkan lagi browser yang sudah di End task melalui New Task.
  6. Setelah selesai, kamu tinggal memulai ulang Windows kemudian mencoba download menggunakan IDM lagi.

Update Versi IDM

Memperbarui IDM bisa menjadi salah satu cara mengatasi download di IDM yang tidak muncul. Karena tidak menutup kemungkinan jika versi IDM yang kamu gunakan saat ini belum sinkron dengan peramban, atau bahkan IDM yang kamu pakai memiliki bug.

Berikut cara update IDM:

  1. Bukalah software IDM melalui taskbar.
  2. Setelah itu, silakan pilih menu Help.
  3. Kemudian klik opsi Check for updates.
  4. Tunggulah proses checking berjalan.
  5. Setelah selesai, klik Update Now.

[adinserter block=\”5\”]

Install Ulang IDM

Ketika sebuah software tidak berjalan dengan normal, ada kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh proses instalasi yang kurang sempurna. Akibatnya bila ada file corrupt atau hilang berdampak pada software menjadi sering error atau kerap mengalami masalah tertentu.

Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bila IDM tidak berjalan normal maka kami rekomendasikan untuk menginstal ulang IDM kembali. Karena dengan menginstal ulang maka file yang corrupt tersebut akan diperbaiki dan bug di IDM juga akan hilang.

Tapi perlu dicatat, kalau mau menginstal ulang IDM, hapus dulu (uninstal) IDM lamanya. Dan juga bersihkan file registry yang tersisa menggunakan software CCleaner.

Update Browser

Selain IDM yang perlu diperbarui, browser yang kamu pakai pun demikian. Karena selain IDM yang tidak kompatibel, browser yang tidak kompatibel juga berdampak pada integrasi IDM yang tidak bisa dimunculkan ketika akan mendownload sesuatu.

Nah, untuk mengatasi hal ini kamu harus mencoba dengan mengupdate browser yang kamu gunakan ke versi terbarunya. Biasanya pada tiap browser ada opsi Update yang tertera pada halaman setting browser. Silakan kamu lakukan update browser melalui fitur tersebut.

Atur Ulang Ekstensi IDM

Kasus pada yang satu ini tidak jarang menimpa para pengguna IDM, yang mana IDM tidak muncul saat ingin mendownload file adalah dikarenakan IDM tidak mendapatkan akses dari peramban atau browser. Untuk mengatasi hal ini kamu harus mengubah downloader bawaan peramban ke IDM.

Nah, berikut ini cara mengecek extension IDM sudah aktif atau belum di Google Chrome:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser Chrome terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Settings.
  3. Jika sudah, silakan kamu klik More Tools.
  4. Selanjutnya, pilih opsi Extensions.
  5. Kemudian pada bagian Extensions, pastikan status IDM sudah Enable (aktif).

Lalu bagaimana untuk pengguna browser lain? Untuk pengguna browser selain Chrome kamu bisa mencari dan menyesuaikannya sendiri.

Integrasikan Ulang Browser (Manual)

Apabila kamu telah mencoba semua cara di atas namun belum juga berhasil, berarti ada kemungkinan kalau penyebab utamanya ada pada integrasi IDM-nya. Solusinya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan integrasi IDM ke browser secara manual, supaya keduanya bisa sinkron dan dapat digunakan untuk mendownload file.

Tapi,untuk mengintegrasikan ulang IDM ini caranya tiap browser berbeda. Untuk pengguna Google Chrome dan Mozilla Firefox, kebetulan kami sudah pernah membahasnya.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan ini mengenai cara ampuh mengatasi download IDM tidak muncul di browser. Kami memberikan beberapa metode yang bisa kamu coba dalam mengatasi hal tersebut, semua cara yang kami tuliskan di atas cukup work.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia