Pinhome

Cara Mengatasi Disk Read Error Occurred di OS Windows

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 13 June 2022 ∙ 11 menit membaca

Salah satu error pada Windows yang sering muncul adalah “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.” Pesan error ini berakibat pada laptop atau PC Windows tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi seperti biasanya, sehingga hanya stuck di BIOS saja.

Masalah disk read error occurred ini biasanya disebabkan oleh masalah pada sistem atau bisa juga karena pengaturan yang salah. Selain itu, penyebab yang paling umum adalah karena disk (harddisk / SSD) yang mengalami masalah.

Masalah tersebut sebenarnya tidak begitu berat, jadi kamu tidak usah khawatir kalau laptop atau PC Windows kamu akan rusak. Nah, untuk mengatasinya juga mudah, karena kemungkinan besar kita hanya memperbaiki sistem yang bermasalah dan tidak sampai ke komponen.

Penyebab Disk Read Error Occurred

Penyebab disk read error occurred secara garis besar sudah saya singgung sebelumnya. Namun untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • Salah Pengaturan BIOS

Pada BIOS banyak sekali pengaturan sistem yang tersimpan disana. Nah, salah satu penyebab error ini adalah karena kesalahan pengaturan BIOS, terutama pada pengaturan harddisk atau SSD.

  • Kesalahan Konfigurasi MBR

Master Boot Record (MBR) merupakan boot sector yang memegang informasi mengenai logical partition. Intinya MBR ini isinya file sistem dan juga MBR lah yang mengatur system tersebut. Jadi, bila MBR salah pengaturannya atau konfigurasinya maka bisa membuat disk read error.

  • OS Windows Bermasalah

Operasi sistem Windows memang kerap bermasalah, terutama ketika kamu melakukan update sistem dan malah terjadi kegagalan ketika update. Proses update yang tidak sempurna atau gagal akan membuat file sistem corrupt, dan memunculkan masalah tertentu seperti disk read error.

  • Kesalahan Pada Boot Priority dan Legacy Boot

Ketika laptop atau komputer kamu salah membaca atau menempatkan prioritas boot dan legacy boot tentu akan membuat sistem tidak bisa dimuat dan malah muncul pesan error disk read occurred.

  • Harddisk Bermasalah

Harddisk yang bermasalah karena bad sector atau kerusakan secara komponen tentu akan membuat laptop atau PC kesulitan membaca sector yang ada. Akibatnya adalah muncul masalah disk read error, yang berarti error dalam membaca disk.

  • Kabel SATA Rusak

Konektor dan kabel SATA pada storage (harddisk atau SSD) berfungsi untuk menyambungkan komponen tersebut dengan motherboard. Jadi kalau ada kerusakan pada kabel atau konektor SATA, secara otomatis pembacaan datanya pun akan ikut bermasalah.

Cara Mengatasi Disk Read Error Occurred di Windows

Selanjutnya, untuk mengatasi masalah disk read error occurred ini ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Dan metode-metode yang akan kami ulas di bawah ini menyesuaikan dengan penyebab masalah tersebut muncul. Jadi kalau kamu belum tahu penyebab pastinya, bisa mengikuti caranya satu per satu.

Cek Boot Priority BIOS

Boot Priority merupakan salah satu menu setting BIOS yang mengatur prioritas disk yang akan dijalankan terlebih dulu. Contohnya, laptop atau PC kamu menggunakan beberapa harddisk pada satu laptop dan salah satu dari harddisk tersebut berisi sistem dan software.

Nah, oleh karena muncul masalah disk read error occurred maka kamu harus memastikan kalau boot priority sudah diatur ke harddisk sistem. Karena jika belum, tentu kamu tidak akan bisa masuk ke sistem seperti biasanya.

Nah, untuk mengecek boot priority BIOS silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan nyalakan laptop atau PC kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F1/F2/DEL/F12 secara berulang.
  3. Nah, untuk mengetahui lebih spesifik mengenai cara masuk ke BIOS pada perangkat yang kamu gunakan, silakan searching terlebih dahulu. Biasanya BIOS di tiap perangkat itu, berbeda-beda namun untuk masuk ke dalamnya biasanya bisa dilakukan dengan menekan salah satu tombol di atas.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke BIOS, silakan kamu cari pengaturan Boot.
  5. Selanjutnya, silakan ubah pengaturan boot priority (urutan disk) yang berisi sistem operasi menjadi urutan paling atas.

[adinserter block=”4″]

Atur Legacy Boot di BIOS

Setelah mengatur boot priority dan masalah disk read error occurred masih belum hilang, ada kemungkinan kalau terdapat error pada pengaturan boot yang biasanya diatur dalam mode UEFI. Untuk mengatasinya hal tersebut adalah dengan mengubah pengaturan booting dari UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) ke Legacy.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke BIOS terlebih dahulu dengan cara sama seperti sebelumnya.
  2. Setelah berhasil masuk ke BIOS, silakan kamu cari pengaturan UEFI atau sejenisnya.
  3. Selanjutnya, silakan ubah pengaturannya ke Legacy.
  4. Terakhir, tinggal simpan pengaturannya.
  5. Jika sudah, silakan coba mulai ulang laptop atau PC. Biasnya dengan begini masalah disk read error occurred akan hilang.
  6. Done.

Reset Pengaturan BIOS

Setelah kamu mengatur boot pada BIOS dengan cara di atas tapi masalah disk read error occurred belum juga teratasi, maka solusi selanjutnya adalah dengan mengembalikan pengaturan BIOS ke posisi semula (default). Dengan begini semua pengaturan BIOS yang salah atau bermasalah akan di reset ke pengaturan semula.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi pesan error tersebut. Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke BIOS dengan cara yang sama seperti di atas.
  2. Setelah masuk ke BIOS, silakan kamu buka tab Exit.
  3. Selanjutnya, silakan pilih opsi Load Setup Defaults.
  4. Jika sudah, silakan save pengaturannya.
  5. Kemudian akan muncul pop up Setup Confirmation, silakan kamu klik Yes.
  6. Selesai, pengaturan BIOS sudah berhasil dikembalikan ke posisi default.

[adinserter block=”5″]

Perbaiki MBR

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau Master Boot Record (MBR) yang bermasalah maka bisa membuat disk read error occurred. Biasnya penyebab MBR ini error atau bermasalah adalah karena terkena virus atau bisa juga karena masalah daya/PSU yang kurang bagus.

Untuk memperbaiki masalah pada MBR ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu hidupkan laptop atau PC terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke bootloader, silakan tekan berulang tombol F11 secara berulang untuk masuk ke Advance Start up Options.
  3. Jika tidak bisa menggunakan F11, maka silakan search terlebih dahulu tombol untuk mengakses Advance Start up Options sesuai dengan laptop atau PC yang kamu gunakan.
  4. Jika berhasil, maka nanti pada halaman Advanced Options kamu akan mendapati berbagai menu disana. Pada bagian ini silakan kamu pilih Repair Your Computer.
  5. Selanjutnya, silakan kamu akses menu Troubleshoot > kemudian Advanced Options > lalu pilih Command Prompt.
  6. Setelah CMD terbuka, silakan kamu masukkan kode perintah fixmbr kemudian tekan Enter.
  7. Sesudah itu, silakan input kode perintah lagi, yaitu fixboot lalu Enter.
  8. Tunggu proses perbaikan Master Boot Record (MBR) dan perbaikan sistem boot sampai selesai.
  9. Jika sudah selesai, silakan mulai ulang perangkat kamu.

Perbaiki Drive di CMD

Metode selanjutnya untuk mengatasi masalah disk read error occurred adalah dengan menjalankan check disk untuk memperbaiki drive sistem yang bermasalah. Cara ini biasanya efektif, karena mengingat sumber permasalahan tersebut berasal dari disk.

Jadi jika disk berhasil di perbaiki, maka error disk read occurred akan hilang. Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Sama seperti poin sebelumnya, silakan kamu akses Command Prompt di Advanced Mode terlebih dahulu.
  2. Setelah Command Prompt terbuka, silakan masukkan perintah chkdsk C: /f /x /r.
  3. Huruf C pada kode perintah tersebut, silakan kamu sesuaikan dengan partisi/disk sistem di laptop atau PC kamu.
  4. Jika sudah memasukkan perintah dengan benar, silakan tekan Enter.
  5. Tunggu proses perbaikan disk sampai selesai.

[adinserter block=”5″]

Periksa Kabel SATA & Harddisk

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, masalah kabel SATA juga berpengaruh pada proses read disk. Jadi bila kabel konektor harddisk (SATA) tersebut tidak terpasang dengan benar atau mungkin terdapat kerusakan pada kabel maka bisa saja menimbulkan masalah disk read error occurred.

Jadi, silakan kamu periksa dulu kabel SATA yang dipakai, dan pastikan kalu konektor terpasang dengan benar, dan tidak dalam posisi tertekuk. Apabila kabel SATA ada yang terkelupas atau putus, maka silakan ganti saja kabelnya ke yang baru. Harganya murah kok, tidak sampai 50 ribu rupiah, dan bisa kamu dapatkan di toko komputer.

Selain konektor atau kabel harddisk, kami sebelumnya juga sudah menyinggung masalah harddisk bad sector. Ketika masalah ini terjadi, biasanya ditandai dengan kinerja laptop atau PC tiba-tiba menurun secara signifikan sebelum akhirnya perangkat memunculkan pesan “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”

Nah, hardidisk bad sector biasanya membuat sebagian data-data di dalamnya, entah itu data sistem atau data pribadi tidak terbaca sepenuhnya. Bila data sistem tidak terbaca penuh maka bisa dipastikan sistem tidak akan bisa dimuat atau dijalankan ketika laptop atau PC dihidupkan seperti biasanya.

Untuk memeriksa harddisk sebenarnya agak sulit, karena kamu harus melepaskan harddisk dari laptop atau PC dan menghubungkannya ke perangkat tambahan berupa casing harddisk eksternal (bisa didapat di toko komputer). Setelah itu baru kamu bisa sambungkan perangkat tersebut ke laptop atau PC yang normal.

Jika sudah, silakan kamu lakukan pengecekan pada harddisk dengan dengan menggunakan software, HD Tune atau HDD Sentinel untuk mengetahui apakah terjadi bad sector atau tidak, dan disana kamu bisa juga mengetahui presentase kesehatan harddisk yang kamu pakai.

Apabila harddisk-nya memang rusak, sebaiknya kamu ganti harddisk tersebut ke yang baru. Walaupun terkadang yang lama masih bisa diperbaiki dan dipakai lagi. Namun, biasanya performanya berkurang dan kecepatan membaca harddisk-nya akan melambat, sehingga membuat laptop kamu menjadi lemot.

Oh ya, untuk memastikan jika masalah disk read error occurred ini memang karena harddisk yang bermasalah, maka silakan kamu coba gunakan harddisk lain yang normal untuk disambungkan ke laptop atau PC kamu.

Coba Lepas CMOS

CMOS atau Baterai CMOS ini merupakan komponen pada laptop atau PC yang berfungsi untuk menyimpan pengaturan BIOS. Nah, untuk mengatasi masalah disk read error occurred bisa dengan me-reset atau clear CMOS agar pengaturannya kembali ke posisi semula.

Untuk melakukan reset atau clear CMOS prosedurnya biasanya berbeda-beda, tergantung motherboard atau laptop yang dipakai. Jadi kamu bisa membaca buku panduan atau manual boot untuk mencari tahu cara reset atau clear baterai CMOS.

Dengan mengikuti prosedur pada buku panduan, maka kamu akan terhindar dari kegagalan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan reset atau clear CMOS. Nah, untuk panduan secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan pastikan laptop atau PC kamu dalam keadaan Off.
  2. Setelah itu kamu bisa membuka casing laptop atau PC, kemudian cari baterai CMOS pada motherboard.
  3. Setelah ketemu, silakan cabut CMOS tersebut dari motherboard.
  4. Jika CMOS sudah dicabut, silakan kamu tekan tombol power selama 15-20 detik agar sisa arus listrik pada kapasitor terkuras.
  5. Ketika menekan tombol power, pastikan kalau kabel power masih belum tercolok ya.
  6. Sesudah itu, kamu bisa memasang kembali baterai CMOS ke posisi semua.
  7. Selanjutnya, silakan hidupkan laptop atau PC kamu dan setelahnya kamu akan dibawa masuk ke BIOS.
  8. Disana kamu akan diarahkan untuk setting waktu, tanggal, bahasa, dan sebagainya.
  9. Silakan ikuti saja arahannya sampai selesai.

Install Ulang Windows

Jika kamu sudah menerapkan semua cara-cara di atas tapi masih belum berhasil juga mengatasi disk read error occurred, maka solusi finalnya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi Windows. Cara ini sangat efektif dan kemungkinan berhasilnya tinggi.

Tapi sebelum menginstal ulang sistem operasi Windows, sebaiknya kamu pastikan dulu kalau storage yang dipakai masih normal, ya. Agar ketika proses install ulang Windows tidak terjadi stuck, atau malah muncul error lainnya.

Nah, untuk menginstal ulang Windows, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan hidupkan laptop atau komputer, kemudian silakan masuk ke BIOS dengan cara yang sama dengan metode pertama.
  2. Masukkan DVD atau USB installer Windows, kemudian pada BIOS, silakan atur DVD/USB Drive menjadi prioritas boot pertama.
  3. Cara mengatur prioritas boot bisa kamu cek lagi pada metode pertama.
  4. Jika sudah, silakan kamu masuk ke tab Exit kemudian pilih opsi Save Changes.
  5. Setelah itu kamu akan mendapati pesan konfirmasi, silakan klik Yes untuk menyimpan dan exit dari BIOS.
  6. Selanjutnya, silakan mulai ulang laptop atau PC kamu dan ketika proses restart akan muncul pesan Press Any Key. Silakan tekan tombol apa saja untuk melanjutkan.
  7. Pada bagian selanjutnya, silakan klik opsi Install now untuk menginstal OS Windows yang ada pada DVD/USB Installer.
  8. Langkah selanjutnya, silakan ikuti saja panduan menginstal Windows yang tertera pada layar sampai selesai.

Apabila kamu tidak memiliki DVD/USB Installer Windows, maka kamu bisa membuat hiren boot terlebih dahulu. Atau bisa juga kamu menginstal ulang Windows dengan Reset This PC, yang bisa kamu akses menunya pada Windows 10 dan 11.

Cara Reset This PC adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan masuk ke Advanced Start up Options sama seperti metode ke 4.
  2. Jika sudah, silakan pilih opsi Start up Settings pada menu yang muncul kemudian pilih Recovery Mode.
  3. Pada bagian Choose an option, silakan kamu pilih menu Troubleshoot.
  4. Kemudian pilih Reset This PC.
  5. Selanjutnya, akan muncul opsi reset yang bisa kamu pilih.
  6. Setelah itu, tinggal mengikuti petunjuknya sampai selesai.

Akhir Kata

Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai cara mengatasi masalah pesan “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart“. Semua metode di atas sebenarnya sudah saya urutkan berdasarkan pemicu yang paling sering membuat munculnya masalah tersebut.

Intinya, metode-metode tersebut berfokus pada perbaikan sistem yang bermasalah, serta memastikan pula tidak ada hardware yang rusak (utamanya harddisk). Jadi, kamu coba saja semua cara-caranya satu per satu hingga berhasil mengatasi disk read error occurred.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia