Pinhome

Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows (Terbukti)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 10 July 2022 ∙ 10 menit membaca

Kamu mungkin masih asing dengan istilah BOOTMGR. Istilah BOOTMGR ini merupakan singkatan dari Boot Manager yang mana itu merupakan program yang berfungsi untuk menjalankan proses boot pada Windows, baik pada Windows 7, 8, 10, dan 11.

Boot Manager secara sederhana dapat digambarkan sebagai perangkat lunak kecil yang diambil dari volume boot code. Nah, biasanya Boot Manager ini merupakan file program yang bersifat read-only dan posisinya berada di partisi direktori Boot yang ditetapkan sebagai “aktif”.

Disisi lain, kadang-kadang sering muncul masalah pada Boot Manager ini, yakni muncul error Bootmgr is missing. Masalah ini berdampak pada Windows tidak bisa loading atau boot ke sistem operasi, dan kamu hanya akan menemukan pesan error “operating system not found” atau “BOOTMGR is missing”.

Penyebab BOOTMGR is Missing

Intinya masalah BOOTMGR is missing ini terjadi ketika laptop atau PC WIndows baru saja dinyalakan, tetapi sistem tidak bisa menemukan file BOOTMGR yang dibutuhkan sehingga kamu tidak bisa mengakses atau masuk ke sistem seperti biasanya.

Pada dasarnya permasslahan ini terjadi diakibatkan oleh BIOS yang bermasalah. Namun tidak menutup kemungkinan berbagai faktor seperti di bawah ini juga menjadi penyebabnya.

  • Corrupt

File sistem yang corrupt biasanya menjadi faktor utama berbagai masalah terjadi pada Windows kamu. Corrupt bisa dikatakan sebagai error yang sering dijumpai.

  • Virus

Virus yang menyerang laptop atau PC kamu bisa mengakibatkan data-data yang ada di dalamnya menjadi rusak, termasuk data atau file BOOTMGR ini sehingga menjadikannya missing atau hilang.

  • Kegagalan Update

Update sistem Windows yang gagal atau tidak sempurna memang kerap kali memicu terjadinya berbagai error pada sistem, termasuk membuat file Boot Manager tidak bisa diakses atau bahkan hilang.

  • Kesalahan Konfigurasi

Kesalahan konfigurasi sistem yang memang sengaja kamu ubah-ubah atau tidak sengaja berubah dari yang semestinya bisa menjadi faktor pemicu masalah BOOTMGR is missing ini muncul.

  • Kebel Rusak

Kerusakan pada komponen seperti kabel IDE atau SATA, akan membuat laptop atau PC kamu tidak akan bisa dinyalakan dengan normal. Biasa saja karena salah satu kabel tersebut tidak terpasang dengan benar, atau karena memang sudah rusak.

  • Bad Sector

Harddisk memang sering menglami bad sector, yang mana hal ini bisa membuat file yang disimpan didalamnya menjadi bermasalah atau rusak, tidak terkecuali dengan file BOOTMGR.

Selain berbagai faktor penyebab masalah BOOTMGR is missing di atas, bisa saja ada faktor lain yang menyebabkan masalah tersebut muncul, seperti karena bootable disk bermasalah, MBR rusak, BIOS rusak, BIOS belum update, kabel interface harddisk bermasalah, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing di Windows

Setelah tahu berbagai macam hal yang bisa menyebabkan masalah BOOTMGR is missing di Windows, maka kamu pun bisa membayangkan kalau solusinya juga akan bermacam-macam, mengingat penyebabnya yang berbeda-beda.

Sebelum lanjut ke cara mengatasinya, disini kamu perlu tahu kalau ada 3 jenis pesan yang biasanya muncul terkait file BOOTMGR ini, yaitu:

  • BOOTMGR is missing Press Ctrl + ALT + Del to restart.
  • BOOTMGR is missing Press any key to restart.
  • Couldn’t find BOOTMGR.

Apapun pesan error yang kamu temui, intinya sama-sama masalahnya pada BOOTMGR yang hilang. Jadi, silakan kamu atasi permasalahan ini dengan mengikuti metode-metode yang kami jelaskan di bawah ini.

Restart Windows

Kadang kita tidak perlu melakukan hal-hal yang ribet, karena bisa saja hanya dengan memuat ulang atau restart Windows masalah BOOTMGR is missing ini bisa langsung teratasi. Hal ini didasarkan dengan adanya kemungkinan kesalahan flase read sistem yang terjadi.

Jadi kita disini bisa melakukan restart, agar sistem bida di-reset dan akan dimuat ulang, dengan harapan akhir kamu bisa masuk lagi ke sistem dengan normal tanpa error. Untuk me-restart laptop atau PC adalah dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete pada keyboard.

Selain itu, kamu bisa juga restart laptop atau PC dengan cara tekan dan tahan tombol power hingga perangkat kembali mati, lalu setelah itu kamu tinggal hidupkan ulang deh. Nah, cara restart ini pernah saya coba ketika laptop yang saya gunakan tidak bisa masuk ke Windows.

Untuk melakukan restart dengan cara ini, pastikan kamu sudah menyalakan laptop atau PC terlebih dahulu, dan setelah kamu mendapati pesan error BOOTMGR is missing kamu bisa melakukan langkah restart seperti yang sudah kami jelaskan tadi.

[adinserter block=”4″]

Cek Pengaturan Boot Order

Pada BIOS terdapat pengaturan Boot Order yang memungkinkan kamu mengatur harddisk yang diprioritaskan sebagai tempat tempat sistem dan Boot Manager. Jadi jika kamu sudah mengatur Boot Order ini dengan benar, kemungkinan BOOTMGR is missing tidak akan terjadi.

Ada dua pengaturan pada Boot Order yang perlu kamu ubah, yakni boot priority harddisk, dan legacy boot. Untuk lebih detailnya silakan langsung simak ulasan di bawah ini:

  • Atur Boot Priority

Hal pertama, kamu perlu memilih harddisk yang berisi sistem untuk diprioritaskan dan dijalankan terlebih dahulu, agar Boot Manager bisa diakses dan kamu akan bisa masuk ke sistem Windows dengan normal. Cara mengaturnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan nyalakan laptop atau PC kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F1/F2/DEL/F12 secara berulang.
  3. Nah, untuk mengetahui lebih spesifik mengenai cara masuk ke BIOS pada perangkat yang kamu gunakan, silakan searching terlebih dahulu. Biasanya BIOS di tiap perangkat itu, berbeda-beda namun untuk masuk ke dalamnya biasanya bisa dilakukan dengan menekan salah satu tombol di atas.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke BIOS, silakan kamu cari pengaturan Boot.
  5. Selanjutnya, silakan ubah pengaturan boot priority (urutan disk) yang berisi sistem operasi menjadi urutan paling atas.
  • Atur Legacy Boot

Jika kamu sudah memilih Boot priority, maka selanjutnya kamu perlu juga mengatur Legacy Boot. Hal ini bertujuan untuk mengatasi BOOTMGR is missing karena terdapat kemungkinan error dalam mode UEFI. Oleh karena itulah, untuk mengatasinya kamu perlu mengubah pengaturan booting dari UEFI ke Legacy Boot.

Berikut cara melakukannya:

  1. Silakan kamu masuk ke BIOS dengan cara sama seperti sebelumnya.
  2. Setelah berhasil masuk ke BIOS, silakan kamu cari pengaturan UEFI atau sejenisnya.
  3. Selanjutnya, silakan ubah pengaturannya ke Legacy.
  4. Terakhir, tinggal simpan pengaturannya.
  5. Done.

[adinserter block=”5″]

Repair Windows

Windows sebenarnya telah menyediakan opsi perbaikan atau repair ketika terjadi maslah pada sistem Windows , entah karena corruptvirus, atau gagal update, sehingga membuat Boot Manager tidak bisa diakses atau hilang. Nah, cara repair Windows adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan hidupkan laptop atau komputer, kemudian silakan masuk ke BIOS dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Masukkan DVD atau USB installer Windows, kemduian pada BIOS, silakan atur DVD/USB Drive menjadi prioritas boot pertama.
  3. Jika sudah, silakan simpan pengaturan BIOS, kemudian restart.
  4. Setelah proses restart, kamu akan mendapati pesan Press Any Key. Silakan tekan tombol apa saja untuk melanjutkan.
  5. Pada bagian selanjutnya, silakan klik opsi Repair Your Computer.
  6. Selanjutnya, silakan klik Cancel lalu buka opsi Command Prompt.
  7. Pada halaman CMD, silakan ketikkan E:, lalu tekan Enter (sesuaikan E: dengan partisi DVD/USB Drive).
  8. Selanjutnya, silakan masukkan perintah copy bootmgr c:, lalu tekan Enter.
  9. Tunggu sampai prosesnya selesai, dan jika sudah kamu bisa restart komputer atau laptop.

Metode ini bertujuan untuk mengganti file Boot Manager yang sebelumnya bermasalah atau rusak dengan yang baru. Diharapkan dengan begini proses booting laptop atau PC Window akan bisa berjalan normal kembali.

Periksa Kabel Harddisk

Agar dapat terhubung dengan komputer ataupun laptop, harddisk membutuhkan media kabel sebagai perantaranya (biasanya IDE atau SATA). Silakan kamu periksa kabel tersebut, barangkali konektor tidak terpasang dengan benar atau mungkin terdapat kerusakan pada kabel.

Selain konektor atau kabel harddisk, kami sebelumnya juga sudah menyinggung masalah harddisk bad sector. Ketika masalah ini terjadi, biasanya ditandai dengan kinerja laptop atau PC tiba-tiba menurun secara signifikan sebelum akhirnya perangkat tidak bisa booting dan memunculkan pesan BOOTMGR is missing.

Nah, hardidisk bad sector biasanya membuat sebagian data-data di dalamnya, entah itu data sistem atau data pribadi tidak terbaca sepenuhnya. Bila data sistem tidak terbaca penuh maka bisa dipastikan sistem tidak akan bisa dimuat ketika laptop atau PC dinyalakan dan akhirnya malah muncul pesan error BOOTMGR.

Untuk memeriksa harddisk sebenarnya agak sulit, karena kamu harus menggunakan perangkat tambahan berupa casing harddisk eksternal (bisa didapat di toko komputer), lalu setelah itu silakan colokkan perangkat tersebut ke laptop atau PC yang normal.

Jika sudah, silakan kamu lakukan pengecekan pada harddisk dengan dengan menggunakan software, HD Tune atau HDD Sentinel untuk mengetahui apakah terjadi bad sector atau tidak, dan disana kamu bisa juga mengetahui presentase kesehatan harddisk yang kamu pakai.

Apabila harddisk-nya memang rusak, sebaiknya kamu ganti harddisk tersebut ke yang baru. Walaupun terkadang yang lama masih bisa diperbaiki dan dipakai lagi. Namun, biasanya performanya berkurang dan kecepatan membaca harddisk-nya akan melambat, sehingga membuat laptop kamu menjadi lemot.

Oh ya, untuk memastikan jika masalah BOOTMGR is missing ini memang disebabkan oleh harddisk, kamu bisa mencoba menggunakan harddisk lain yang normal.

Gunakan Fitur System Restore

System restore yang terdapat pada Windows bisa kita gunakan untuk mengembalikan semua perubahan pada sistem Windows ke kondisi sebelumnya. Metode ini juga sangat efektif untuk mengatasi BOOTMGR is missing di laptop atau PC Windows.

Nah, untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu hidupkan laptop atau PC terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke bootloader, silakan tekan berulang tombol F11 secara berulang untuk masuk ke Advance Start up Options.
  3. Jika tidak bisa menggunakan F11, maka silakan search terlebih dahulu tombol untuk mengakses Advance Start up Options sesuai dengan laptop atau PC yang kamu gunakan.
  4. Jika berhasil, maka nanti pada halaman Advanced Options kamu akan mendapati berbagai menu disana. Pada bagian ini silakan kamu pilih Repair Your Computer.
  5. Selanjutnya, silakan pilih menu System Restore.
  6. Setelah itu, kamu tinggal melanjutkan langkah pemulihan melalui menu tesebut, dengan mengikuti instruksi yang tertera.
  7. Selesai.

Install Ulang Windows

Metode terakhir untuk mengatasi BOOTMGR is missing di PC atau laptop Windows adalah dengan menginstal ulang sistem operasi Windows. Cara mudah menginstal ulang sistem adalah dengan cara Reset, jadi kamu tidak perlu menggunakan DVD/USB installer Windows.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Pertama, silakan masuk ke Advanced Start up Options sama seperti sebelumnya.
  2. Jika sudah berhasil, pada menu yang muncul, silakan pilih opsi Start up Settings.
  3. Kemudian pilih menu Recovery Mode.
  4. Pada bagian Choose an option, silakan kamu pilih menu Troubleshoot.
  5. Setelah masuk ke troubleshooting, silakan pilih Reset This PC.
  6. Selanjutnya, silakan pilih opsi reset.
  7. Setelah itu, silakan ikuti petunjuknya sampai selesai.

Metode instal ulang Windows dengan cara Reset ini akan mengembalikan kondisi sistem Windows ke posisi default-nya, sehingga bisa dipastikan kalau kondisi itu sistem masih normal, dan tidak ada masalah seperti BOOTMGR is missing.

Fitur Reset This PC ini hanya terdapat pada Windows 10 & 11 saja, dan untuk Windows versi di bawahnya belum terdapat fitur instal ulang Windows dengan cara reset tersebut. Nah, metode lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan Flashdisk / DVD installer.

Akhir Kata

Nah, ,itulah tadi pembahasan kita mengenai cara mengatasi BOOTMGR is missing di Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Pada dasarnya permasalahan Boot Manager ini tidak begitu sulit diatasi, selagi buka disebabkan harddisk yang rusak.

Cara-cara atau metode yang sudah kami tuliskan di atas merupakan metode yang sudah banyak dibuktikan dan hasilnya work. Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia