Pinhome

Uncategorized

Cara Mengatasi Bau Toilet Dengan Bahan Alami

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang mungkin paling sering untuk didatangi. Tetapi terkadang akan tercium bau yang membuat Anda tidak nyaman berlama-lama di dalamnya, walaupun sudah membersihkan kamar mandi secara rutin, tetapi tidak jarang bau yang mengganggu tersebut masih ada.

Ada berbagai macam penyebab bau yang tidak sedap, salah satunya dapat berasal dari zat ammonia yang berasal dari matinya bakteri pengurai di dalam ruang kamar mandi. Bau yang tidak sedap di toilet juga dapat disebabkan oleh minimnya kualitas peralatan sanitasi yang dipakai, seperti kloset dengan bahan yang memiliki pori besar dapat menampung sisa urin yang tidak tersiram dengan begitu baik dan hal tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kamar mandi. Menyiram dengan menggunakan air sabun ke dalam kloset sepertinya bukan ide yang cukup bagus, karena menyiram dengan sabun atau cairan pembersih terlalu sering dapat menyebabkan bakteri pengurai di dalam kloset menjadi mati.

mengatasi bau toilet dengan baking soda
mengatasi bau toilet dengan baking soda

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi bau toilet dengan bahan alami, yaitu :

Menggunakan arang kayu

Meletakkan beberapa arang kayu yang masih baru di sudut WC, maka bau WC akan hilang. Hal ini disebabkan karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan dan merupakan salah satu cara paling mudah. Arang dapat Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. Apabila khawatir arang dapat mengotori kamar mandi, maka dapat meletakannya di atas mangkok kecil.

Menggunakan cuka dan baking soda

Anda dapat menaburkan satu mangkuk baking soda ke daerah kloset dan tempat duduknya apabila berupa kloset duduk, lalu percikan sedikit cairan cuka dan tutuplah. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu siram dan bersihkan berbagai sudut toilet. Anda juga dapat meletakkan tanaman di sudut kamar mandi, karena tanaman dapat membantu menyediakan udara segar untuk kamar mandi.

Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial merupakan bahan alami dan aroma segarnya dapat bertahan lama. Anda bisa menuangkan minyak esensial ke dalam diffuser listrik, semacam alat untuk menguapkan minyak sampai harumnya dapat tersebar. Selain itu juga bisa menggunakan wadah kayu tanpa plitur, dengan cara menuangkan minyak di atasnya dan pada saat mengering, maka wanginya akan tercium. Pilihlah minyak esensial yang beraroma lemon, lavender ataupun peppermint.

Beberapa cara alami diatas dapat Anda terapkan di rumah, terutama untuk para ibu tips tersebut mungkin akan sangat bermanfaat. Rumah yang bersih akan dapat membuat penghuninya betah dan nyaman untuk tinggal. Tetapi jika tempat atau rumah yang kotor tidak akan bisa membuat Anda nyaman dan bahkan akan menjadi sumber penyakit serta dapat mengganggu kesehatan semua orang di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin menghilangkan bau toilet.

Tags :

Bagikan Artikel