Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 8 June 2022 ∙ 7 menit membaca

Ketika kamu baru saja membeli smartphone Android baru, biasanya sudah otomatis terinstal atau terpasang beberapa aplikasi bawaan, seperti browser, camera, pesan, panggilan, Google dan lain sebagainya. Walaupun begitu, kita tentu masih membutuhkan beberapa aplikasi lain yang harus kita instal di HP Android.

Nah, untuk menginstal aplikasi atau game di HP Android, biasanya kamu bisa melakukannya melalui aplikasi bawaan untuk mengunduh dan memasang aplikasi/game yaitu Google Play Store. Kamu pasti tahu kan Google Play? Ya, Google Play memang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone Android.

Pasalnya store resmi untuk aplikasi atau game pada Android ya hanya Google Play. Untuk menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi yang diinginkan kemudian Google Play akan otomatis memasangnya di HP Android kamu.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Normalnya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Namun terkadang muncul masalah terkait proses instalasi aplikasi atau game di HP Android, yang mana aplikasi tidak bisa terpasang dan muncul pesan error tertentu.

Jika hal ini terjadi tentu akan membuatmu kerepotan ketika ingin memasang aplikasi atau game ke smartphone Android. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut sangat dibutuhkan, maka tentunya akan membuat kamu terhambat melakukan pekerjaan yang memang memerlukan aplikasi tertentu.

Untuk itu, kamu harus segera mengatasinya dengan cara mengikuti panduan yang akan kami berikan di bawah ini.

Nyalakan Ulang Smartphone

Menyalakan ulang atau restart smartphone Android menjadi opsi pertama yang kami rekomendasikan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang sudah banyak pengguna Android yang berhasil mengatasi berbagai error hanya dengan restart.

Error yang dimaksud disini adalah error-error ringan seperti WiFi putus nyambung, dan aplikasi tidak bisa terpasang/terinstal. Nah, ketika Android di-restart, maka memori pada sistem akan di-refresh, sehingga semuanya akan dimulai ulang dengan kondisi normal dan fresh, serta error tersebut juga akan hilang.

Kebanyakan orang menganggap remeh restart smartphone, padahal bisa untuk mengatasi berbagai masalah ringan di HP Android. Nah, untuk cara restart HP Android kurang lebih seperti ini:

  1. Tekan tombol power HP selama beberapa saat.
  2. Setelah muncul menu pada layar, silakan kamu pilih Restart
  3. Jika sudah, maka restarting Android akan dimulai, jadi silakan tunggu saja sampai selesai.
  4. Jika sudah Android akan nyala kembali, dan silakan coba instal kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa terpasang.
  5. Done.

[adinserter block=\\\”4\\\”]

Atur Izin Instalasi Aplikasi

Hal yang umum terjadi pada HP Android yang mengalami masalah aplikasi tidak terpasang ini adalah karena perizinan untuk instalasi aplikasi belum diaktifkan. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu menginstal paket aplikasi bentuk APK, dan juga terjadi ketika kamu menginstal aplikasi selain dari Google Play Store.

Solusinya tentu dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur sumber tidak dikenal (Unknown Resources) di HP Android kamu. Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka Setelan HP Android.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Keamanan.
  3. Kemudian, carilah pengaturan sumber tidak dikenal (Unknown Resource).
  4. Setelah ketemu, silakan aktifkan pengaturan tersebut dengan cara ceklis atau menggeser tombol On-Off.
  5. Jika sudah, restart HP kamu untuk menyegarkannya.
  6. Terakhir, kamu tingga mencoba menginstal kembali aplikasi yang sebelumnya tidak terpasang.
  7. Selesai.

Izinkan Akses Memori Internal

Android dengan versi terbaru, tepatnya Android versi 5 ke atas memiliki fitur yang membatasi akses memori internal secara default. Padahal sebagian besar aplikasi yang diinstal di Android datanya akan masuk ke memori internal, dan bila izin untuk mengakses memori internal belum diaktifkan maka aplikasi tidak akan terpasang.

Oleh karena itu pengguna harus mengubah pengaturan dan mengizinkan akses memori internal tersebut agar masalah aplikasi tidak terpasang bisa teratasi. Nah, cara mengaktifkan izin akses memori internal caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka Setelan HP Android.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Aplikasi (Apl).
  3. Berikutnya, silakan tap pada opsi Kelola Aplikasi, dan carilah aplikasi Google Playstore kemudian buka.
  4. Setelah terbuka, silakan kamu masuk ke menu Izin.
  5. Kemudian aktifkan izin Penyimpanan di sana.
  6. Jika sudah, silakan kembali ke halaman awal Setelan Android. Pada bagian ini silakan kamu search opsi Pemasang Paket melalui kolom pencarian.
  7. Setelah muncul hasilnya, silakan buka.
  8. Selanjutnya masuk ke menu Izin, kemudian aktifkan izin Penyimpanan.
  9. Restart HP untuk menerapkan perubahan.
  10. Jika sudah, kamu tinggal mencoba memasang kembali aplikasi yang sebelumnya tidak terpasang.

[adinserter block=\\\”5\\\”]

Periksa Penyimpanan

Agar kita bisa memasang aplikasi di HP Android, tentu kita membutuhkan kapasitas penyimpanan yang memadai. Jika tidak, maka aplikasi tidak akan bisa terpasang, dan bila kamu memasang aplikasi dari Play Store dan ternyata penyimpanan tidak memadai maka akan muncul pesan error insufficient storage space“.

Ukuran tiap aplikasi sendiri berbeda-beda, ada yang hanya beberapa MB saja, dan juga ada yang ukurannya beberapa GB. Terkait hal tersebut, kamu perlu memastikan bahwa terdapat penyimpanan yang cukup sesuai dengan ukuran dari aplikasi yang akan diinstal.

Kamu bisa mengeceknya dengan membuka File Manager di smartphone kamu. Nah, setelah itu kamu bisa langsung melihat rincian kapasitas memori internal, berapa yang sudah terpakai, dan berapa sisa ruang yang tersedia. Nah, jika penuh, kamu bisa menghapus file yang tidak diperlukan lagi, agar aplikasi bisa terpasang.

Cek Kompatibilitas 

Selain karena memori internal yang penuh, kompatibilitas aplikasi dengan perangkat juga harus diperhatikan. Pasalnya aplikasi juga memiliki spesifikasi minimum agar bisa terinstal di smartphone, mulai dari RAM, chipset, dan juga versi OS Android.

Misalnya, kamu menginstal aplikasi versi lama di Android versi terbaru atau mungkin sebaliknya. Tentu hal ini tidak akan bisa berjalan lancar karena aplikasi dan versi OS tidak kompatibel sehingga membuat aplikasi tidak terpasang.

Solusi terkait hal ini adalah, kamu harus memastikan dahulu kompatibilitas dan spesifikasi minimum dari aplikasi yang akan diinstal. Pastikan sudah sesuai antara aplikasi dan spesifikasi smartphone agar tidak terjadi masalah aplikasi tidak terpasang.

[adinserter block=\\\”5\\\”]

Clear Cache Google Play

Cache pada aplikasi Google Play Store yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya error aplikasi tidak terpasang. Hal ini berlaku untuk kamu yang menginstal aplikasinya dari Google Play Store, ya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba dengan membersihkan file cache pada aplikasi Google Play Store.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android kamu.
  2. Jika sudah, silakan kamu masuk ke menu Aplikasi.
  3. Selanjutnya, silakan cari aplikasi Google Play Store.
  4. Kemudian masuk ke penyimpanan (storage aplikasi).
  5. Terakhir, kamu tinggal ketuk menu Hapus Data kemudian pilih opsi Delete Cache pada halaman tersebut.
  6. Selesai.

Nonaktifkan Google Play Protect

Pada dasarnya Google memiliki akses untuk memblokir instalasi aplikasi di perangkat Android secara default. Alasan Google memblokir instalasi ini adalah karena alasan keamanan, yang mana biasanya yang diblokir adalah file APK tertentu yang biasanya tidak didapatkan dari Play Store.

Hal ini pernah secara pribadi saya alami dan membuat aplikasi tidak terpasang di HP Android saya waktu itu. Nah, untuk mengatasinya ternyata sangat mudah, karena kamu hanya perlu menonaktifkan Google Play Protect.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Google Play Store smartphone Android kamu.
  2. Setelah terbuka, silakan tap pada akun kamu di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilihlah menu Play Protect.
  4. Sekarang temukan dan ketuk Play Protect.
  5. Selanjutnya, tap Pengaturan (ikon gerigi) yang ada di sudut kanan atas halaman.
  6. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan kamu nonaktifkan pindai aplikasi dengan Play Protect dan Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya.
  7. Cara menonaktifkannya adalah dengan mengetuk tombol On-Off.
  8. Jika sudah selesai, sekarang kamu bisa mencoba menginstal aplikasi yang sebelumnya tidak terpasang.
  9. Done.

Catatan: Setelah kamu selesai memasang aplikasi, kamu bisa mengaktifkan kembali fitur Google Play Protect ini agar smartphone Android kamu tetap terjaga keamanannya.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android. Semoga dengan cara-cara di atas kamu bisa dengan mudah mengatasi aplikasi yang tidak bisa diinstal atau dipasang.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 20 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Terjangkau & Tahan Banting

Apakah kamu seorang mahasiswa maupun lulusan baru yang mengincar laptop murah? Daftar rekomendasi l

Lifestyle
Lifestyle 12 Laptop Core i7 Termurah dari Berbagai Merek

Untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan perangkat multitasking, fitur utama yang harus dimiliki

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Model Pagar Hebel yang Unik untuk Rumah Minimalis

Model pagar hebel dijadikan inspirasi pagar rumah yang menarik. Hebel sendiri merupakan bata ringan

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa menjadi komponen penting untuk mempercantik tampil

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia