Cara Jitu Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC Windows

Diperbarui oleh Andre Gunawan ∙ September 30, 2022 ∙ 9 menit membaca

Untuk bisa saling terhubung antara Android dengan PC atau laptop, biasanya kebanyakan orang menggunakan kabel data sebagai alat sinkronisasi. Kabel data sendiri memang menjadi sarana penghubung Android dan PC yang paling mudah dan simpel digunakan.

Lalu bagaimana jadinya jika HP Android kamu tidak terbaca di PC? Wah, masalah seperti ini tentu sangat merepotkan, terlebih lagi jika kita membutuhkannya untuk sharing data, service HP, upgrade software HP, ganti nomor IMEI, transfer file, atau melakukan flashing HP Android melalui PC.

Nah, sebenarnya masalah Android tidak terdeteksi di PC ini umum dialami, loh. Bahkan, saya sendiri juga sudah beberapa kali mengalaminya, tapi saya selalu bisa mengatasinya. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi Android tidak terdeteksi di PC.

Baca juga: 10 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan Mudah

Penyebab Android Tidak Terbaca di PC

Masalah Android tidak terbaca di komputer biasanya terjadi karena berbagai alasan, baik itu faktor sistem maupun hardware. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab mengapa masalah tersebut muncul.

Misalnya sebagai berikut:

  • Kesalahan sistem Android atau Windowsnya
  • Kabel data yang dipakai sudah rusak
  • Kabel data belum support mode transfer file (hanya cas saja)
  • Konektor HP bermasalah
  • Konektor USB PC atau laptop bermasalah
  • Sistem HP mengalami bug dan sejenisnya
  • Driver USB belum terinstal
  • Driver tidak sesuai (biasanya terjadi ketika akan melakukan flashing)

Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC

Setelah mengetahui penyebabnya, maka sekarang kita bisa langsung menuju cara mengatasinya, yang mana caranya nanti akan berfokus ke hal-hal yang menjadi penyebabnya seperti yang kami tuliskan di atas. Hal ini dilakukan agar nantinya solusi yang sesuai bisa ditemukan.

Jadi, pastikan kalau kamu membaca ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Periksa Kabel Data yang Dipakai

Kabel data memang sering kali rusak, terutama jika sudah dipakai terlalu lama. Yang mana hal ini berefek pada tidak bisa digunakan untuk charging, tidak bisa digunakan untuk transfer file, dan lain sebagainya. Nah, sebenarnya secara umum penyebab HP tidak terdeteksi di PC adalah karena kabel data.

Oleh karena itu, silakan kamu periksa kabel data yang digunakan untuk menghubungkan Android dengan PC apakah ada kerusakan atau tidak. Pastikan juga kabel data yang dipakai sudah support transfer file ya (bukan support cas saja).

Perlu kamu ketahui juga, kalau ada dua macam kabel data pada Android. Yang pertama hanya support charging saja, dan yang kedua sudah support transfer file (media storage). Jika seandainya kabel yang dipakai hanya support cas saja, maka bisa dipastikan Android yang dihubungkan dengan kabel data tersebut tidak akan terdeteksi di PC.

Silakan kamu cek dengan cara berikut:

  • Coba gunakan kabel data tersebut di HP lain
  • Kalau tidak bisa juga, coba pakai kabel data yang lain

Kalau hasilnya di HP lain bisa terdeteksi di PC, maka kemungkinan Android kamu ada masalah, dan jika pakai kabel data baru hasilnya di HP Android terbaca, maka kabel data lama mungkin sudah rusak.

[adinserter block=\\\”4\\\”]

Ubah Android ke Mode MTP

Biasanya setting-an USB Android pada posisi default berada dalam mode charging atau pengisian daya. Nah, kondisi inilah yang membuat HP Android jadi tidak terdeteksi di PC ketika disambungkan dengan kabel data. Kondisi ini sebenarnya sama dengan HP yang disambungkan dengan kabel data tanpa support transfer file.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu mengubah mode charging ke mode transfer file/data. Berikut caranya:

  1. Sambungkan HP Android kamu ke PC atau laptop.
  2. Kemudian tunggu hingga muncul jendela charging.
  3. Pada jendela preferensi USB, silakan kamu pilih MTP atau Transfer File.
  4. Done.

Coba Gunakan Slot USB Lain

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa salah satu penyebab Android tidak terdeteksi di PC atau laptop adalah karena port USB rusak. Untuk memastikannya kamu bisa mengganti slot USB ke posisi yang lain, dan pastikan juga kalau kamu menyambungkan langsung ke slot utama (tanpa USB hub).

Beberapa USB hub hanya memiliki aliran daya yang rendah, sehingga tidak mampu untuk membaca data dari Android yang terhubung. Bahkan, ada juga USB hub yang tidak support sama sekali untuk membaca media penyimpanan.

Selain itu, kamu bisa membersihkan port USB apabila terdapat kotoran atau debu. Hal ini biasanya dapat menghilangkan hambatan aliran daya pada USB.

[adinserter block=\\\”5\\\”]

Coba Aktifkan USB Debugging

Pada beberapa HP Android untuk bisa terhubung dengan PC melalui kabel data, kadang harus menghidupkan USB Debugging terlebih dahulu. USB Debugging ini merupakan sebuah fitur yang bisa kamu pakai untuk akses Administrator (mirip root tapi bukan root).

USB Debugging ini wajib kamu aktifkan ketika ingin melakukan flashing atau mengubah sistem HP Android. Nah, disisi lain terkadang dengan mengaktifkan USB Debugging ini, bisa mengatasi masalah Android yang tidak terbaca di PC atau Laptop Windows.

Untuk mengaktifkan USB Debugging caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan kamu buka Setelan HP Android kamu.
  2. Jika sudah, silakan kamu masuk ke Opsi Developer.
  3. Kemudian aktifkan USB Debugging disana.
  4. Selesai.

Apabila opsi developer tidak ditemukan pada menu utama pengaturan Android, maka silakan kamu ikuti saja langkah berikut:

  1. Buka Setelan HP Android.
  2. Masuk ke menu Tentang HP.
  3. Kemudian, silakan cari Nomor Bentukan.
  4. Jika sudah ketemu, silakan kamu tap menu tersebut berkali-kali, hingga muncul pesan “Anda telah menjadi pengembang.”
  5. Setelah itu, silakan masuk ke opsi pengembang, lalu aktifkan USB Debugging disana.
  6. Done.

Install Driver USB Android

Driver USB HP Android memungkinkan perangkat bisa dikenali atau terbaca ketika dihubungkan dengan PC. Nah, apabila driver Android belum terinstal atau tidak terpasang dengan benar, tentu akan membuat Android tidak akan terdeteksi ketika dihubungkan ke PC.

Perlu kamu ketahui, secara default Android memang sudah memiliki driver USB bawaan, namun jika kamu pernah melakukan flashing atau root menggunakan software tertentu kadang bisa membuat driver USB ini hilang dari HP Android.

[adinserter block=\\\”5\\\”]

Oleh karena itu, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu di internet lalu jika sudah, tinggal pasang driver USB yang sudah kamu download di PC atau laptop yang akan kamu gunakan. Driver pada tiap chipset Android biasanya berbeda-beda, namun secara umum adalah sebagai berikut:

ChipsetDriver
QualcommQualcomm USB Driver Loader
MediatekMTK USB Driver VCOM
ExynosSamsung USB Driver

Selain di atas, kamu bisa kok langsung mencari di internet dengan kata kunci download driver USB spasi merk dan tipe HP Android kamu. Lalu jika sudah, silakan instal driver USB Android dengan cara seperti di bawah ini:

Untuk menginstal driver USB Android pada Windows 10 untuk pertama kalinya, lakukan langkah berikut:

  1. Hubungkan Android kamu ke port USB PC atau laptop.
  2. Jika sudah, silakan kamu buka Windows kamu, lalu silakan ketikkan Windows + R untuk membuka Run.
  3. Setelah itu, silakan kamu ketikkan devmgmt.msc lalu tekan Enter.
  4. Setelah Device Manager terbuka, silakan kamu masuk ke menu Portable Device atau Other Devices, tergantung perangkat kamu yang muncul.
  5. Selanjutnya, silakan klik kanan pada nama perangkat kamu, lalu silakan pilih Update Driver Software.
  6. Pada halaman Hardware Update wizard yang muncul, silakan kamu pilih Browse my computer for driver software lalu klik Next.
  7. Klik Browse lalu temukan folder driver USB Android yang sudah kamu unduh sebelumnya. Pastikan kalau kamu sudah mengekstraknya ya, jika file unduhannya RAR/ZIP.
  8. Terakhir, kamu tinggal mengikuti panduan yang tertera untuk menginstal driver.

Pakai Metode Transfer File Lain

Android yang tidak terdeteksi ketika dihubungkan ke PC memang banyak hal yang menjadi pemicunya. Nah, ketika kamu hanya ingin menggunakannya untuk transfer file atau sharing data, maka kami sarankan untuk menggunakan metode transfer file lain.

Mengapa demikian? Karena daripada kamu harus memperbaiki android yang kemungkinan bermasalah, ada baiknya kamu gunakan metode transfer file lain. Terkait Nah, secara umum sharing data atau transfer file bisa dilakukan dengan media tertentu entah itu kabel atau secara wireless.

Terkait cara transfer file atau sharing data menggunakan kedua metode tersebut sebetulnya sudah pernah kami bahas pada website ini. Apabila kamu ingin membacanya, silakan kunjungi cara sharing data dari komputer / HP satu ke yang lain.

[adinserter block=\\\”5\\\”]

Reset Android

Pengaturan sistem pada Android yang salah bisa membuat konektivitas menjadi terganggu. Pengaturan tersebut bisa disengaja dirubah ataupun tidak disengaja. Nah, untuk yang disengaja, tentunya kamu tahu dong cara mengembalikannya.

Penyebab pengaturan tidak sesuai biasanya karena hal berikut:

  • Menginstal aplikasi yang tidak jelas atau berbahaya
  • Membuka akses mode root
  • Menginstal update sistem yang terdapat bug di dalamnya
  • Mengganti custom rom
  • dan sebagainya

Nah, jika kamu tidak tahu pengaturan yang dirubah, atau bahkan pengaturan Android berubah tanpa kita sengaja maka kamu harus mengembalikannya dengan melakukan reset ke setelan default/pabrik. Dengan begini, Android akan normal kembali, karena semua pengaturan akan kembali ke posisi awal atau default.

Sebelum kamu akan melakukan reset Android ke setelan pabrik, silakan kamu cadangkan atau backup data yang penting terlebih dahulu. Baru setelah itu, silakan lakukan reset dengan cara berikut:

  1. Buka Setelan HP Android kamu.
  2. Jika sudah, silakan masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Selanjutnya tinggal lakukan Reset ke Setelan Pabrik di sana.
  4. Apabila kamu tidak menemukan opsi reset ke setelan pabrik, kemungkinan pada HP Android kamu nama menunya berbeda. Biasa saja reset data pabrik, kembalikan ke pengaturan awal, kembalikan ke setelan pabrik, dan sejenisnya.
  5. Untuk lebih mudahnya kamu tinggal mencari opsi reset tersebut di kolom search.

Sebagai tambahan, selain metode reset kamu bisa menggunakan metode serupa yang biasanya jauh lebih efektif untuk memperbaiki masalah pada sistem, yakni metode flashing. Ketika kamu melakukan flash ulang, tentu sistem Android akan diganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, seharusnya bug ataupun masalah pada sistem akan sepenuhnya hilang.

Service HP Android

Jika semua cara diatas sudah kamu coba namun belum berhasil mengatasi Android yang tidak terbaca di PC Windows, maka solusi finalnya kamu harus menyerahkannya HP ke tangan yang lebih ahli. Kamu bisa membawanya ke tempat services agar dilakukan pengecekan bila ada komponen yang rusak.

Karena bila memang ada komponen yang rusak tentu perlu diganti ke yang baru agar bisa berfungsi dengan normal kembali. Nah, komponen utama yang rentan dan bisa bisa membuat HP tidak terdeteksi pada PC adalah konektor dan pin USB.

Jadi silakan kamu bawa saja ke tempat servis terdekat atau tempat service resminya, lalu silakan kamu keluhkan saja masalah HP tidak terdeteksi ketika dihubungkan ke PC. Untuk perbaikannya sendiri biasanya tidak butuh waktu lama, dan biayanya juga cukup terjangkau, bahkan bisa gratis kalau masih ada garansi khususnya.

Akhir Kata

HP Android yang tidak bisa terbaca di PC memang cukup bikin repot, terutama ketika kita sangat membutuhkannya untuk memindahkan file atau untuk kepentingan lain seperti yang sudah kami sebutkan di awal. Oleh karena itulah, kami merekomendasikan metode perbaikan di atas.

Saya sendiri pernah mencoba beberapa metode di atas dan hasilnya work untuk mengatasi HP yang tidak terdeteksi di PC Windows. Mungkin cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia