Pinhome

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 2 June 2022 ∙ 7 menit membaca

Tahukah kamu kalau pada smartphone Android itu terdapat tools advanced untuk recovery? Ya, tools ini biasa disebut dengan Recovery mode, dan merupakan salah satu fitur tersembunyi yang disertai berbagai fungsi penting, seperti untuk memperbaiki sistem ketika mengalami kerusakan.

Nah, untuk kerusakan yang dimaksud disini adalah yang berkaitan dengan sistem, yang mana biasanya kita perlu masuk ke mode recovery untuk bisa mengatasinya. Namun sayangnya, kadang ada masalah yang muncul pada smartphone Android yang tidak bisa masuk ke mode recovery tersebut.

Ketika Android tidak bisa masuk recovery mode ini intinya smartphone mengalami stuck dalam kondisi mati, atau malah terus-menerus masuk ke sistem walaupun kamu telah menekan tombol Power + Volume atau tombol Home + Power, dan Volume Atas untuk masuk recovery mode.

Tools-tools Recovery Mode

Nah, tadi kan kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan recovery mode kan? Terus sekarang kita harus tahu juga berbagai tools dan fungsinya di recovery mode. Hal ini penting juga untuk diketahui, karena siapa tahu jika suatu saat ada masalah tertentu pada Android dan harus memanfaatkan salah satu tools yang ada di recovery mode.

Untuk tools-tools dan fungsinya di recovery mode adalah sebagai berikut:

  • Reboot System

Tools recovery yang pertama adalah Reboot System. Tools ini berguna untuk me-reboot system yang mana hal ini biasanya dilakukan untuk memaksa restart (mulai ulang) sistem Android ketika handphone mati total.

  • Reboot to bootloader

Tools kedua adalah Reboot to Bootloader yang mana hal ini berguna untuk memuat ulang ponsel ke mode bootloader atau fastboot mode.

  • Apply Update from ADB

Tools ketiga ini, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembaruan perangkat lunak, update sistem, ganti ROM, dari Android Debug Bridge (ADB). ADB ini merupakan bus komputer serial bit pada Android yang berguna untuk terhubung ke server PC melalui USB atau TCP.

  • Update/Recover from SD Card

Tools Update/Recover from SD Card ini bisa digunakan untuk memperbarui atau memulihkan data Android dari kartu SD.

  • Wipe Data/Factory Reset

Tools ini memungkinkan kamu untuk sepenuhnya menghapus semua data HP Android (reset), yang mana biasanya digunakan pada Android yang lupa pola, lupa kata sandi, salah settings, dan sebagainya.

  • Wipe Cache Partition

Wipe Cache Partition ini berfungsi untuk menghapus semua file cache dari ponsel Android, dan ini juga bisa digunakan untuk opsi dalam memperbaiki masalah sistem Android atau HP Android lemot.

  • Mount /system

Tools ini biasanya dipakai pengguna Android untuk melakukan perubahan pada partisi HP tanpa harus melakukan root.

  • View Recovery Logs

Fungsinya adalah untuk mengecek data atau riwayat recovery yang pernah dilakukan pada ponsel Android kamu.

  • Run Graphics Test

Berguna untuk melakukan testing grafis pada HP Android. Pengetesan ini biasanya dilakukan oleh pabrikan smartphone untuk memastikan graphics di HP yang diproduksi sudah sesuai dan normal.

  • Run Locale Test

Berfungsi untuk testing smartphone dengan bahasa default, tanggal, format waktu, dan dokumentasi yang sesuai dengan target negara / wilayah.

  • Advanced

Selain yang kami sebutkan di atas, masih banyak tools Advanced yang tersedia seperti, Reboot Recovery, Wipe Dalvik Cache, Wipe Battery Stats, Report Error, Key Test, Show Log, Partition SD Card, Fix Permissions, dan lain sebagainya.

[adinserter block=”4″]

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Selanjutnya kita bisa langsung menuju ke pokok pembahasan, yaitu mengenai cara mengatasi Android tidak bisa masuk recovery mode. Nah, untuk mengetahui cara mengatasinya, silakan langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Refresh Power Cycle

Biasanya ketika Android kita tidak bisa masuk ke recovery mode, hal yang pertama pengguna lakukan adalah me-refresh power cycle. Refresh power cycle ini akan menyegarkan komponen perangkat, dan biasanya dengan begini HP Android akan bisa digunakan untuk masuk ke recovery mode lagi.

Cara refresh power cycle ini sangat mudah loh, karena hanya dengan melepas baterai HP kemudian mendiamkannya selama beberapa saat. Setelah baterai dilepas, jangan lupa untuk tekan dan tahan tombol power selama 20-30 detik untuk menghilangkan daya pada komponen.

Cara ini mudah untuk HP Android dengan tipe baterai yang bisa dilepas (removable), tapi mungkin agak ribet untuk baterai tanam, karena kamu perlu membongkar casing terlebih dahulu.

Oh iya, setelah baterai dipasang kembali, kamu bisa mencoba untuk masuk ke recovery mode dengan menekan tombol power + volume atau dengan menekan tombol power + home + volume. Pastikan kamu menggunakan tombol yang benar ya, untuk bisa masuk ke recovery mode.

[adinserter block=”5″]

Masuk Recovery Lewat Terminal Emulator

Pada HP Android terdapat aplikasi khusus yang didesain untuk digunakan mengakses mode advanced seperti recovery mode ini. Nah, metode masuk ke recovery ini cukup efektif loh, karena kita akan mengakses menu tersebut langsung melalui sistem ketika on.

Hal ini juga bisa menjadi alternatif jika kamu tidak bisa masuk recovery ketika kondisi HP off dengan menggunakan tombol power + volume.

Untuk masuk recovery melalui teminal emulator, berikut ini caranya:

  1. Pertama, silakan hidupkan Android kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan kamu buka Google Play Store.
  3. Selanjutnya, carilah aplikasi Terminal Emulator.
  4. Jika sudah, silakan install aplikasi tersebut.
  5. Setelah terinstal, silakan buka aplikasinya, kemudian pada halaman awal aplikasi, silakan ketikan Reboot Recovery, lalu tekan OK.
  6. Tunggu beberapa saat sampai HP Android reboot dan masuk ke mode recovery secara otomatis.

Gunakan Quick Reboot

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke recovery mode Android adalah Quick Reboot. Aplikasi ini sebenarnya hampir mirip dengan Terminal Emulator tadi, namun pada Quick Reboot penggunaanya lebih mudah dan simpel, jadi kita tidak membutuhkan kode tertentu karena opsinya sudah tersedia.

Untuk cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan download dan instal aplikasi Quick Reboot di Google Play Store.
  2. Setelah terpasang, silakan kamu buka aplikasinya.
  3. Kemudian, silakan kamu masuk ke dalam menu Reboot Recovery yang terdapat pada halaman awal aplikasi Quick Reboot.
  4. Setelah itu, HP kamu akan langsung ke mode recovery.
  5. Selesai.

Aplikasi Quick Reboot ini memerlukan HP yang sudah root untuk bisa menggunakannya. Hal ini berdasarkan deskripsi aplikasi yang saya baca di Google Play Store.

Jika belum root kemungkinan besar tidak bisa menggunakan aplikasi ini, namun hal ini juga tidak berlaku pada semua HP, karena kadang ada HP yang bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu root. Jadi, sebaiknya kamu coba saja.

[adinserter block=”5″]

Manfaatkan USB Jig

USB Jig merupakan sebuah perangkat keras yang mirip dengan USB OTG. Untuk fungsi USB Jig adalah untuk membuat HP Android bisa masuk ke mode recovery ketika perangkat (USB Jig) tersebut disambungkan ke HP.

Jadi, kamu bisa mencoba perangkat ini untuk mengatasi HP Android tidak bisa masuk recovery mode. Nah, untuk mendapatkan USB Jig ini bisa kamu beli di toko online atau toko aksesoris ponsel di sekitar kamu dan harganya juga terjangkau.

Menggunakan ADB di PC

Android Debug Bridge atau yang biasa disingkat dengan istilah ADB, merupakan salah satu tools untuk memberikan koneksi antara komputer dengan smartphone. Dengan ADB ini kamu bisa mengakses recovery mode dengan menjalankan langkah khusus di komputer.

Namun, sebelum ke langkah-langkah melakukannya, kamu harus melakukan beberapa persiapan yakni:

  1. Menyiapkan kabel data USB.
  2. Komputer atau laptop dengan OS Windows 7, 8, 10 atau 11.
  3. Pastikan kamu sudah mengaktifkan USB Debugging Mode dan OEM Unlock di HP Android.
  4. Siapkan Driver ADB Recovery (silakan gunakan driver 15 Second ADB Installer). Untuk driver ini sesuaikan dengan HP kamu, jadi silakan cari saja di internet.

Setelah semuanya disiapkan, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk masuk ke recover mode:

  1. Pertama, hubungkan HP Android kamu ke komputer atau laptop menggunakan kabel data.
  2. Selanjutnya pastikan kamu sudah mempunyai driver ADB tersebut di laptop atau komputer yang akan digunakan, lalu silakan ekstrak dan install file driver ADB fastboot.
  3. Jika sudah silakan pindahkan foldernya ke Local Disk C: (penyimpanan sistem).
  4. Kemudian masuk ke folder c:adb. Jika sudah, silakan tekan tombol Shift + klik kanan (arahkan kursor di bagian yang kosong).
  5. Selanjutnya pilih Open Command Windows Here, dan kamu akan masuk ke aplikasi CMD.
  6. Setelah itu, silakan ketikkan perintah adb devices lalu Enter. Tunggulah sampai muncul pesan attached.
  7. Kemudian untuk masuk ke mode recovery mode silakan ketikkan perintah adb reboot recovery di Command Prompt kemudian tekan Enter.
  8. Setelah itu HP Android kamu akan langsung masuk ke mode recovery.
  9. Done.

Akhir Kata

Harusnya dengan cara-cara di atas kamu sudah bisa masuk ke recovery mode di HP Android yang sebelumnya tidak bisa masuk recovery. Bahkan, kalau penyebabnya tidak begitu parah, kamu tidak perlu sampai menggunakan PC untuk mengakses recover mode.

Nah, mungkin sekian dulu artikel tentang cara mengatasi Android tidak bisa masuk recovery mode yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia