Cara Mengatasi Akun Shopee Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 23 June 2020 ∙ 4 menit membaca

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa masuk akun Shopee muncul keterangan gagal login (F02)? Bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang tidak bisa diakses? Shopee memblokir akses akun pengguna jika ada hal yang mencurigakan, itu bisa jadi tindakan yang dilakukan oleh pemilik akun itu sendiri, atau ada orang lain yang mencoba memanfaatkan akun pengguna. Lalu apakah akun Shopee yang diblokir bisa dibuka kembali?

Sebenarnya ini adalah lanjutan dari postingan tentang penipuan undian berhadiah Shopee.  Anda bisa baca di https://warga62.com/waspada-penipuan-shopee-modus-undian-berhadiah/. Pada waktu itu, akun Shopee saya tidak bisa diakes, karena ada orang yang mencoba mengakses akun Shopee saya. Orang itu berniat menipu saya, mengambil saldo Shopeepay saya, dan mencoba mengambil alih akun Shopee saya.

Namun, sebelum akun Shopee saya diambil alih oleh menipu, saya sudah mengubah PIN Shopeepay saya, meski saya sudah kehilangan saldo Shopeepay saya. Tak lama setelah saya mengubah PIN Shopeepay, akun saya diblokir, saya tidak bisa masuk ke akun Shopee, dan ada keterangan \”Gagal Login (F02)\”. Alasannya adalah karena alasan keamanan atau ada aktivitas yang melanggar  Peraturan Komunitas Shopee.

Memang kalau dipikir-pikir, pemblokiran tersebut berguna untuk melindungi akun Shopee pengguna, sehingga kalau saya merasa tidak melakukan kesalahan, harusnya saya tidak usah takut bakal kehilangan akun. Tapi, karena panik, tentu takut hal itu terjadi. Toko di Shopee yang sudah saya bangun dengan susah payah, masa harus begitu saja lenyap atau berpindah ke orang lain.

Lalu apa yang saya lakukan untuk mengatasi gagal login (F02) di Shopee?
Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa menghubungi CS Shopee di nomor telepon 1500702 atau (021) 39500300. Ceritakan kronologi kejadian sebelum akun Anda tidak bisa diakses. Kalau Anda meneleponnya pakai HP, sediakan pulsa minimal 10.000, lebih banyak lebih bagus.

Jika Anda melakukan panggilan telepon ke nomor tersebut, Anda tidak secara otomatis diarahkan ke CS Shopee, harus menekan angka sesuai petunjuk yang ada. Agar tidak membuang-buang pulsa, supaya lebih cepat diarahkan ke CS Shopee, silakan tekan 1 2 0 1 0, tekan secara perlahan satu persatu.

Setelah tersambung dengan CS Shopee, biasanya penelepon diminta untuk menyebutkan username Shopee. Penelepon juga diminta menyebutkan nama, alamat lengkap, dan nomor HP untuk mencocokkan data yang ada di Shopee.

Jelaskan kronologi kejadian sebelum akun Shopee Anda diblokir. Kalau dalam kasus saya, ada orang yang mengaku dari pihak Shopee mengabarkan kepada saya kalau saya mendapatkan cashback, dengan syarat harus mengisi saldo Shopeepay.

Anda juga diminta untuk menyebutkan alamat email yang bisa dihubungi, lebih bagus kalau alamat email yang digunakan sama dengan yang dimasukkan di akun Shopee.

Setelah menjelaskan kepada CS Shopee, kemudian CS Shopee akan membuat laporan untuk disampaikan ke bagian terkait. Tunggu pihak Shopee melakukan investigasi terhadap akun Anda. Tunggu sampai 3 hari. Cek email secara berkala. Jika terbukti tidak melanggar aturan Shopee, akun Anda bisa kembali. Kalau dari pengalaman saya, tidak sampai 24 jam beres, akun Shopee saya sudah bisa dibuka kembali. Jika akun sudah terbuka, sebaiknya ganti kata sandi dan PIN Shopeepay.

Jika sudah 3 hari masih belum ada perubahan, atau bahkan 1 minggu lebih tapi akun tetap masih tidak bisa diakses, hubungi lagi CS Shopee.

Anda juga bisa mengubungi Shopee lewat email di help@support.shopee.co.id.

Usahakan untuk berhati-hati dalam mengakses Shopeepay. Untuk menggunakan Shopeepay, sebaiknya lewat aplikasi yang ada di HP atau tablet, bukan lewat emulator Android di PC / laptop. Meski yang melakukannya adalah pemilik akun itu sendiri, namun bisa saja sistem Shopee mendeteksi kalau itu adalah tindkakan yang merugikan.

Pemblokiran sepeti itu adalah untuk melindungi akun penjual, sehingga kalau ada orang lain yang menyalahgunakan akun Anda, Shopee bisa dengan segera membatasi tindakan orang itu sehingga pengguna tidak dirugikan lebih jauh lagi.

Masalahnya adalah ketika saldo Shopeepay sudah hilang, ini bisa kembali, bisa juga tidak. Tidak ada jaminan saldo Shopeepay yang hilang bisa kembali. Apabila penipu menggunakannya untuk membeli produk fisik, di mana jika pesanan dibatalkan, maka dana tidak akan diteruskan ke penjual, ini sangat mungkin saldo Shopeepay bisa kembali. Kalau dalam kasus saya, saldo Shopeepay saya tidak bisa dikembalikan. Ada pengguna yang kehilangan sampai jutaan rupiah.

Itulah cara mengatasi akun Shopee yang diblokir, di mana saat login muncul keterangan Gagal Login (F02). Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama? Anda bisa menceritakannya lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia