Pinhome

Cara Mengambil Uang di ATM yang Mudah dan Aman

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 15 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Menyimpan uang di bank merupakan pilihan banyak orang. Selain karena lebih aman, bank juga menyediakan berbagai layanan lain yang memungkinkan orang untuk melakukan berbagai transaksi. Bank juga memudahkan nasabahnya untuk menarik simpanannya melalui ATM. Namun, bagi orang yang baru pertama kali menggunakan layanan ini mungkin belum tahu cara mengambil uang di ATM.

Pinhome – ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri, sebuah sarana yang disediakan oleh bank untuk nasabahnya. Pengguna mesin ini bisa melakukan berbagai transaksi secara mandiri baik itu pengambilan uang, transfer, cek saldo, sampai pembayaran tagihan. Melalui layanan ini, nasabah bisa melakukan urusan perbankan secara cepat tanpa perlu repot-repot datang ke bank.

Di antara banyaknya fitur yang bisa digunakan di mesin ATM, penarikan tunai mungkin masih menjadi salah satu transaksi yang paling banyak dilakukan. Hal ini dikarenakan ATM kini sudah banyak ditemui di mana saja sehingga ketika seseorang perlu uang tunai, ia bisa langsung menuju ATM terdekat.

Pengambilan uang bisa dilakukan melalui ATM tarik tunai maupun ATM setor tarik. Meskipun jenisnya berbeda, proses penarikan uang tunai memiliki cara yang serupa. Simak cara mengambil uang di ATM di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tarik Tunai

(Suara)

Ada beberapa hal yang harus Pins perhatikan sebelum datang ke ATM untuk mengambil uang. Pertama, Mesin tersebut secara umum juga dibagi berdasarkan nominal uang yang tersedia yaitu Rp50.000 dan Rp100.000.

Jika Pins ingin mengambil uang sejumlah Rp350.000, maka transaksi hanya bisa dilakukan di ATM Rp50.000 saja karena ATM Rp100.000 tidak memiliki nominal pecahan yang diinginkan.

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya yaitu adanya batas tarik tunai. Limit tersebut berbeda-beda tergantung bank dan jenis kartu yang dimiliki. Sebagai contoh, pemilik kartu Classic BRI bisa tarik tunai sampai Rp5 juta, sedangkan kartu Gold BRI bisa melakukan pengambilan uang hingga Rp10 juta.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Di ATM BRI Dan Cek Tabungan

Cara Ambil Uang di ATM dengan Mudah

cara mengambil uang di atm
(Pexels)

Nasabah bisa mengambil uang di ATM melalui dua cara yaitu dengan kartu ATM maupun tanpa kartu. Dulunya, transaksi hanya bisa menggunakan kartu, namun kini dengan perkembangan teknologi, penarikan tanpa kartu bisa dilakukan.

Layanan ini juga sudah disediakan oleh banyak ATM. Pins bisa memilih salah satunya ketika ingin melakukan penarikan tunai.

Cara Ambil Uang di ATM Menggunakan Kartu

Penarikan uang dengan kartu ATM sangatlah mudah. Pins hanya perlu menyiapkan kartu dan juga PIN ATM. Langkah lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

  • Datang ke ATM terdekat.
  • Memasukkan kartu ATM dan PIN.
  • Memilih preferensi bahasa yaitu Indonesia atau Inggris.
  • Layar ATM akan langsung memunculkan beberapa pilihan nominal tarik tunai yang umum, seperti Rp50.000, Rp100.000, atau Rp500.000, serta pilihan menu-menu lain.
  • Apabila nominal yang diinginkan tersedia, bisa langsung memilih yang tersedia di layar.
  • Jika uang yang ingin diambil jumlahnya tidak tersedia di layar, maka pilih ‘Transaksi Lain’, lalu klik ‘Penarikan’, dan lanjutkan dengan ‘Jumlah Lainnya’.
  • Masukkan nominal uang yang diinginkan.
  • Selesaikan transaksi.
  • Kamu bisa memilih untuk mencetak struk atau tidak, sesuaikan dengan keperluan.
  • Setelah itu, ambil uang yang keluar dari mesin.
  • Akan muncul pilihan untuk melakukan transaksi lainnya, jika tidak ada lagi, maka pilih ‘Tidak’, atau tekan ‘Cancel’ di tombol mesin ATM.
  • Kartu ATM akan keluar dan jangan lupa untuk segera mengambilnya.

Tarik Tunai Tanpa Kartu

Berbeda dengan tarik tunai menggunakan kartu ATM, ada beberapa langkah berbeda ketika ingin bertransaksi tanpa kartu. Pins harus mengatur penarikan dari aplikasi mobile banking terlebih dahulu. Berikut ini contoh cara ambil uang di ATM BCA tanpa kartu.

  • Buka aplikasi BCA Mobile di ponsel, lalu pilih m-BCA.
  • Login ke akun mobile banking.
  • Pilih menu ‘Cardless’, lalu klik ‘Tarik Tunai’.
  • Pilih sumber dana yang diinginkan, lalu masukkan nominal yang diinginkan.
  • Klik ‘OK’ untuk konfirmasi, lalu masukkan PIN m-BCA.
  • Kode Transaksi akan muncul beserta batas waktu pengambilan tunai.
  • Datang ke ATM terdekat.
  • Pilih menu ‘Transaksi Tanpa Kartu’.
  • Masukkan nomor handphone yang terdaftar.
  • Isikan 6 digit kode transaksi yang telah didapatkan sebelumnya.
  • Mesin ATM akan memproses transaksi dan uang bisa diambil.

Baca Juga: Tips Aman Menggunakan Dan Mengirim Uang Via ATM Mandiri

Tips Aman Ambil Uang di ATM

cara mengambil uang di atm
(Pixabay)

Kejahatan dapat terjadi kapan saja termasuk ketika seseorang melakukan transaksi di mesin ATM. Tidak hanya kejahatan langsung seperti pencurian atau pengambilan paksa uang yang telah ditarik, ada modus operandi lain yang perlu diwaspadai seperti skimming. Berikut ini tips-tips untuk lebih aman ketika mengambil uang di ATM.

  • Pilih Mesin ATM Anti Skimming

Salah satu kejahatan yang mengincar pengguna mesin ATM yaitu skimming. Pelaku akan memasang sebuah alat di slot kartu ATM. Alat tersebut kemudian merekam kartu yang dimasukkan sehingga informasi yang didapatkan bisa dipindahkan ke kartu ATM kosongan. Hal tersebutlah yang disebut dengan skimming.

Guna menghindari hal tersebut, pihak bank telah memasang alat anti skimming di berbagai mesin ATM. Alat tersebut biasanya berwarna hijau dan berada tepat di slot memasukkan kartu. Kalau Pins khawatir terkena skimming, bisa memilih untuk menggunakan mesin yang terpasang alat tersebut.

  • Menjaga Nomor PIN

Tips aman transaksi di ATM selanjutnya yaitu menjaga kerahasiaan PIN. Saat Pins mengetikkan kombinasi PIN ATM, tutupi bagian tombol mesin ATM. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya orang yang baik secara langsung maupun tidak langsung mengintip PIN ATM milik Pins.

Baca Juga: Cara Cek Saldo KPR Bank BTN Melalui ATM

  • Cari ATM dengan CCTV dan Tidak Terlalu Sepi

Setiap bilik ATM sebenarnya sudah dilengkapi dengan kamera pengawas. Walaupun begitu, ada baiknya Pins selalu memilih ATM yang kameranya berfungsi. Selain itu, untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan, kamu juga bisa memilih ATM yang berada di tempat umum seperti di pusat perbelanjaan.

  • Segera Simpan Uang

Tips terakhir yaitu membawa tempat penyimpanan dan langsung memasukkan uang yang telah dimasukkan ke wadah tersebut. Jangan mengambil risiko dengan terang-terangan menghitung uang di depan ATM secara terbuka.

Mengambil uang di ATM bisa dilakukan dengan mudah baik itu menggunakan kartu atau tidak. Supaya Pins lebih aman saat tarik tunai, jangan lupa ikuti tips-tips di atas, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontribusi: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel