Pinhome

Cara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare

Dipublikasikan oleh Rhaniyah Ulfa ∙ 20 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Banyak orang memiliki kegemaran dalam bergonta-ganti skincare. Tentunya ada konsekuensi yang ditimbulkan. Nah, jika kamu gemar melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menetralkan wajah.

Tujuan dari menetralkan wajah sebelum mengganti skincare, tak bukan demi menjaga ketenangan kulit kalian. Jika hal tersebut tidak dilakukan, bisa-bisa justru akan menyebabkan breakout.

Skincare merupakan produk yang digunakan untuk merawat kulit hampir seperti obat untuk tubuh. Namun, tak jarang juga memiliki dua fungsi sekaligus yaitu merawat dan memperindah kulit.

Karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda, maka skincare yang digunakan juga berbeda tergantung pada respon kulit. Nah berikut ini beberapa tahapan dalam cara menetralkan wajah saat ingin ganti produk skincare ataupun kosmetik.

Baca juga: Ketahuilah Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Cara Menetralkan Wajah

Lakukan Secara Perlahan

Saat kamu ingin mengganti produk skincare atau kosmetik yang kamu miliki dan sudah kamu pakai untuk waktu yang lama, gantilah dengan cara perlahan, yaitu dengan mengurangi intensitas penggunaannya.

Jika biasanya kamu menggunakan produk tersebut dua kali dalam sehari dan rutin selama satu minggu, maka mulailah dengan menggunakannya dua kali sehari dan hanya tiga kali dalam seminggu.

Lakukan bertahap, hingga akhirnya kulit wajahmu menjadi terbiasa. Tapi tetap perhatikan kebersihan dan kesehatan kulitmu juga ya!

Tetap Rajin Bersihkan Wajah

cara menetralkan wajah

Ketika ingin menetralkan wajah, kamu akan menggunakan lebih sedikit skincare atau kosmetik yang berarti perawatan terhadap wajah kamu juga tidak semaksimal biasanya. Kamu harus menyeimbanginya dengan tetap rutin membersihkan wajahmu.

Cuci wajah minimal dua kali sehari dalam kurun waktu 1-30 detik saja. Mencuci wajah terlalu sering dan terlalu lama dapat membuat wajah menjadi kering atau bahkan bisa berakibat iritasi.

Baca juga: 15 Brand Masker Wajah yang Ampuh Buat Mulus

Perbanyak Minum Air Putih

cara menetralkan wajah

Selain tetap menjaga kulitmu dari luar, kamu juga butuh menjaga kulitmu dari dalam, yang salah satunya dengan minum air putih yang cukup. Hampir semua proses biologis yang terjadi dalam tubuh manusia melibatkan air didalamnya.

Sehingga ketika kebutuhan air pada tubuhmu tercukupi, proses-proses biologis yang sedang berlangsung dalam tubuhmu dapat berjalan lancar. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar ketika terjadi masalah saat proses penetralan seperti timbulnya jerawat, kulit tetap terhidrasi dan mampu melakukan proses pemulihan dengan lebih cepat.

Baca juga: 12 Toner Untuk Kulit Berjerawat

Ingredients Check

cara menetralkan wajah

Saat kamu menetralkan kulit wajahmu karena kamu ingin berganti produk skincare, kamu dapat memastikan terlebih dahulu komposisi yang terdapat pada skincare atau kosmetik barumu. Pastikan tidak ada komposisi yang berbahaya atau terlarang.

Selain itu, pastikan juga tidak ada komposisi yang akan membuat kulitmu alergi, dan pastikan apakah komposisinya tidak akan bereaksi negatif saat digunakan bersamaan dengan produk skincare milikmu. Jika pelu, periksa BPOM kosmetik atau skincare yang digunakan untuk mengetahui keasliannya.

Lihat Respon Kulit

cara menetralkan wajah

Saat menetralkan wajahmu dari sebuah produk skincare, atau bahkan beberapa rangkaian skincare. Kulit kalian tentu akan tetap merespon. Respon yang timbul pada setiap kulit pun berbeda-beda.

Kulit yang biasa dirawat, diberi serum atau pelembab, kemudian dihentikan penggunaannya maka akan berubah. Kamu bisa mengatasinya dengan mencoba produk baru sembari meninggalkan produk yang lama.

Gunakan secara selang-seling dengan intensitas ringan. Jika khawatir, kamu dapat mencobanya dengan cara mengaplikasikan produk barumu di kulit leher, dibawah telinga, tunggu hingga 24 jam lihat reaksi kulitmu.

Apabila kulitmu memberikan reaksi negatif seperti timbul jerawat, atau gatal yang mengganggu dalam waktu lama, atau bahkan iritasi. Sebaiknya kamu dapat menghentikan penggunaan dan mencari produk lain atau kembali ke produk lama.

Baca juga: Skincare Cetaphil | Perawatan Aman, Sehat dan Teruji

Kesimpulan

Sebuah produk skincare memiliki aturan waktu penggunaan. Terdapat batas aman penggunaan dan bahkan anjuran untuk setiap jenis kulit agar tidak menimbulkan reaksi negatif saat digunakan.

Cocok tidaknya sebuah skincare terhadap kulit, bisa dilihat dengan pemakaian minimal 24 jam hingga 4 minggu. Pada dasarnya penggunaan skincare adalah trial and error, kamu bisa tahu apakah produk itu cocok untuk kulitmu atau tidak hanya dengan mencobanya.

Tapi hal ini juga bisa kamu permudah jika sedari awal kamu paham seperti apa jenis kulitmu, seperti apa masalah kulit yang sedang kamu miliki, dan komposisi apa yang dapat menimbulkan reaksi negatif.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam cara menetralkan kulit wajah, semoga bisa membantumu. Oke, sekian dulu tulisan kali ini, jumpa lagi di artikel selanjutnya ya, Pins!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia