Cara Mendapatkan Cashback dari J&T JNE Sicepat, Ninja, ID Express

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Bagaimana cara mendapatkan cashback dari jasa ekspedisi seperti J&T, JNE, Sicepat, ID Express, dan Ninja Xpress? Bisakah mendapatkan cashback ongkos kirim tanpa berjualan di marketplace? Berapa minimal total ongkos kirim agar mendapatkan cashback?

Selain mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga beli, penjual di marketplace juga berpeluang mendapatkan cashback ongkos kirim dari pihak ekspedisi. Adapun besarnya cashback tergantung promo masing-masing pihak ekspedisi.

Cashback ongkos kirim bisa didapatkan jika akumulasi ongkos kirim mencapai kriteria yang ditentukan oleh jasa ekspedisi. Makin besar akumulasi ongkir, makin besar pula nilai cashback yang bisa didapat. Dengan adanya cashback dari jasa eksedisi ini, tidak heran jika ada penjual yang menjual barengan harga murah, demi mencapai target agar mendapatkan cashbacak ongkir. Yang lebih ekstrim, menjual barang seharga modal, agar cepat laku, pengiriman banyak, total akumulasi ongkir tinggi, sehingga penjual mendapatkan cashback.

Memang sih laris, tapi jualan harusnya cari untung, bukan sekedar cari cashback dari jasa ekspedisi. Kalau bisa dua-duanya, dapat untung dari hasil penjualan, dan dapat cashback ongkir, kenapa tidak?

Cara Mendapatkan Cashback dari J&T
Untuk mendapatkan cashback, Anda bisa mendaftar jadi member jasa ekspedisi yang Anda inginkan terlebih dahulu, tentunya yang menawarkan program cashback. Misalnya J&T, ada program cashback ongkir 15% untuk paket reguler. Paket reguler maksudnya paket yang diproses secara reguler, resi baru keluar setelah paket diproses, bukan resi otomatis dari marketplace.

Misal, Anda sudah menjadi member J&T, kemudian Anda mendapatkan banyak pesanan dari Shopee, yang notabene menggunakan nomor resi otomatis, meski akumulasi ongkos kirimnya setiap bulan mencapai ratusan juta, Anda tidak mendapatkan cashback 15% tadi.

Anda masih tetap mendapatkan cashback, tapi nilainya berbeda, tergantung promo yang berlaku.

Misal, kalau resi otomatis J&T dari Tokopedia, Anda bisa mendapatkan cashback hingga 15% dari ongkos kirim jika akumulsi ongkir dalam sebulan mencapai minimal Rp35.000.000. Kalau di bawah itu, cashbacknya turun menjadi 10% dengan akumulasi ongkir minimal Rp15.000.000. Jika tidak mencapai nilai tersbut tapi mencapai Rp5.000.000, cashback yang bisa didapat adalah 5% dari akumulasi ongkir.

Itu kalau di Tokopedia, kalau di Shope lebih kecil nilainya. Kalau di Shopee, cashback maksimal yang bisa didapatkan oleh penjual jika mengirim orderan dari Shopee via J&T adalah 8%, dengan syarat akumulasi ongkir di atas Rp250.000.000 per bulana. Jika di bawah itu, cashback-nya 4%. Penjual bisa mendapatkan cashback ongkos kirim orderan Shopee yang dikirim via J&T jika akumulasi ongkirnya minimal 35.000.000 dalam sebulan.

Kalau dibandingkan, masih mending Tokopedia. Jika ongkir mencapai Rp35.000.000 dalam sebulan, penjual bisa mendapatkan cashback 15%, sedangkan kalau di Shopee cuma 4%.

Cara Mendapatkan Cashback dari JNE via Shopee
Selain via J&T, penjual juga bisa mendapatkan cashback ongkos kirim dari pesanan Shopee yang dikirim via JNE Reguler. Besarnya cashback yang bisa didapat yaitu 15% dengan akumulasi ongkir dalam sebulan mencapi Rp25.000.000.

Jika di bawah 25.000.000 tetapi di atas 7.500.000, cashback-nya 8%. Jika di bawah 7.500.000, cashback-nya 3%. Minimal akumulasi ongkir 3 juta agar bisa mendapatkan cashback JNE untuk program ini.

Untuk JNE JTR, nilai cashback-nya 5% dari ongkos kirim.

Cara Mendapatkan Cashback dari Ninja Xpress via Shopee
Akumulasi ongkir harus di atas 100.000.000 untuk mendapatkan cashback sebesar 8%. Kalau kurang dari itu, cashback-nya 4%, tanpa minimal. Dengan begitu, meskipun dalam sebulan akumulasi ongkirnya cuma 1 juta, penjual masih tetap bisa mendapatkan cashback dari Ninja Xpress.

Cara Mendapatkan Cashback dari SiCepat via Shopee
Cashback maksimal yang bisa didapat sebesar 8% dengan akumulasi ongkir sebulan minimal 250.000.000. Jika akumulasi ongkir dalam sebulan antara 35.000.000 – 250.000.000, cashback-nya 4%, di bawah itu tidak ada cashback.

Cara Mendapatkan Cashback dari ID Express via Shopee
Kirim orderan dari Shopee menggunakan ID Express, dapatkan cashback 10% dari total ongkos kirim sebelum subsidi.

Itulah cara mendapatkan cashback dari orderan Shopee. Untuk program ini, ongkir dihitung dari pesanan yang statusnya berubah menjadi selesai dari tanggal 2 November pukul 12.00 sampai tanggal 1 Desember pukul 23.59.

Apakah pesanan COD masuk dalam hitungn cashback?
Pesanan dengan metode pembayaran COD termasuk dalam perhitungan cashback ongkir, asalkan pesana sudah diterima dan status selesai. Kalau pesnan COD tersbut gagal sehingga diretur ke penjual, maka tidak masuk dalam hitungan.

Cashback hanya berlaku untuk penjual terpilih yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan Shopee.

Demikian pembahasan tentang cashback dari jasa ekspedisi. Cashback ini sebaiknya dijadikan sebagai bonus saja, bukan sebagai tujuan utama dalam berjualan. Namun, kalau ada yang menjual barang semurah-murahnya supaya pesanan banyak demi mengejar cashback, itu urusan mereka. Tidak mendapatkan cashbaack juga tidak apa-apa. Bukankah tujuan utama jualan adalah untuk mendapatkan keuntungan?

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia