Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 17 November 2021 ∙ 7 menit membaca

Taman kecil yang berada di rumah berfungsi pula sebagai penambah estetika pada hunian. Selain juga baik untuk sirkulasi udara, menata taman depan rumah sederhana menjadi hal yang menyenangkan. Tidak heran banyak dari hunian dengan lahan yang terbatas, tetap memiliki taman kecil sederhana. Hal tersebut dapat membuat Pins betah berada di rumah.                                                                                                                          

Pinhome – Berbagai macam tanaman hingga perabot pendukung untuk taman kini mulai banyak tersebar dengan variasi menarik. Dengan begitu, kamu yang memiliki hunian dengan lahan yang terbatas tetap bisa memiliki taman sederhana. Menata taman depan rumah sederhana bisa dilakukan secara mudah bila Pins tahu caranya. Ini akan sekaligus mengubah gaya taman sederhana pada hunian.

Baca Juga: 10 Desain Taman Di Balkon Lantai 2 Yang Unik Dan Cantik

Tips menarik di bawah ini dapat Pins ikuti sebagai langkah menarik merenovasi taman. Semuanya bisa kamu adaptasi sebagai cara menata taman depan rumah yang menyenangkan. Siapa sih yang tidak menginginkan taman indah berada di rumah? 

Menaruh Tanaman Hias Gantung

(Unsplash)

Baca Juga: Ragam Motif Jalan Setapak Di Taman Rumah

Salah satu cara utama menyiasati penggunaan taman depan rumah adalah dengan penggunaan tanaman hias gantung. Ini menjadi salah satu upaya menarik dalam menghias bagian depan rumah bila Pins tidak memiliki lahan yang cukup untuk pembuatan taman. Buatlah susunan dengan jarak yang telah diperhitungkan agar tampilan depan rumah tetap terlihat menarik.

Penambahan Jalan Setapak

(bocook)

Tips selanjutnya dalam menata taman depan rumah adalah dengan penggunaan jalan setapak agar taman tidak terlihat monoton. Kamu bisa menggunakan material yang tahan terhadap cuaca seperti keramik, ubin karet maupun material berbahan kayu. Hal yang harus diperhatikan adalah ketahanannya dan juga teksturnya yang dibuat tidak licin, dikarenakan dapat membahayakan penghuninya.

Furniture Menarik Pada Taman Depan Rumah

(aspicyboy)

Untuk taman yang lebih unik dan sedap dipandang mata, Pins bisa menambahkan furniture. Perabot bergaya minimalis rotan maupun ayunan dapat kamu gunakan pada tampilannya. Jangan pernah ragu menambahkan dekorasi lainnya yang selaras, agar memaksimalkan fungsi taman itu sendiri. Namun, kamu harus tetap memperhatikan material perabot yang digunakan ya! Jangan sampai karena diterpa hujan sekali, perabot kamu malah rusak.

Budidaya Tanaman

(handymantips)

Bila budidaya tanaman di hunian dilakukan di lahan yang cukup besar dan mayoritas berada di belakang rumah, kamu pun bisa melakukannya unik dengan menghadirkan pada taman depan rumah. Tidak perlu menyajikan berbagai macam tumbuhan, satu tumbuhan pun bisa kamu buat disana. Ini akan menjadi spot menarik dalam hunian. Terkadang sesuatu yang berbeda dari biasanya itu bisa menimbulkan mood baik lho Pins!

Air Mancur Menarik

(rumahku unik)

Bila Pins masih saja bingung memilih dekorasi yang tepat untuk taman depan rumah, kamu bisa menambahkan air mancur. Air mancur dengan model beragam pun kini sudah tersedia. Dijamin taman kamu yang sebelumnya terlihat biasa, kini akan semakin menarik dan menjadi tempat favorit pada hunian. Menata taman depan rumah sederhana dengan menggunakan air mancur juga dapat menambah ketenangan suasana pada hunian lho!

Kolam Ikan Minimalis

(nqsurvey)

Selain gemercik air ketenangan yang dimunculkan dari air mancur, kamu pun dapat membuat pilihan lainnya dalam menata taman dengan kolam ikan. Kolam ikan pada taman depan rumah dapat memperkaya unsur dekorasi pada taman. Apalagi bila koleksi ikan hias milik mu beragam, taman kamu akan semakin berwarna dan menyenangkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam menaruh kolam ikan depan rumah adalah kebersihan yang harus selalu dijaga.

Tanaman Vertical Garden

(youtube/t&vhomegarden)

Pembuatan tanaman vertical garden pada taman depan rumah juga bisa dijadikan salah satu ide menarik. Apalagi bila budidayanya dilakukan secara unik menggunakan bahan-bahan bekas pakai. Ini akan menambah kesan artistik yang tidak berlebih pada hunian. Untuk membuatnya terlihat sempurna memang memerlukan proses yang cukup panjang, namun pada akhirnya pasti lebih memuaskan bila dibuat oleh tangan sendiri.

Batu Alam Penghias Dekorasi Taman

(linetoday)

Selanjutnya yang tidak kalah menarik dari unsur penghias taman adalah pemakaian batu pada sebagian lahan. Taman yang cenderung memiliki mayoritas tanaman pada sebagian besar bagian, bisa dibuat menarik dengan penambahan batu disekitarnya. Batu-batu tersebut selain mudah dibersihkan juga tahan terhadap cuaca ekstrim. Lihat contohnya pada taman di atas, sungguh cantik bukan?

Pemakaian Rumput Sintetis

(shopee)

Untuk kamu yang simpel dan tidak ingin melakukan perawatan berlebih pada taman. Kamu bisa menggunakan rumput sintetis pada keseluruhan lahan taman. Ini akan meminimalisir tumbuhan yang layu atau pun mati karena minim perawatan. Kelebihan penggunaan rumput sintetis pada taman adalah taman akan lebih terlihat rapi, teratur dan minim biaya perawatan. Apa Pins ingin mencobanya?

Penggunaan Rak Tanaman

(qhomemart)

Bila Pins belum memiliki lahan untuk membuat sebuah taman sederhana, Pins bisa mengatasinya dengan penggunaan rak tanaman hias pada bagian depan rumah. Teras minimalis milik Pins pun bisa dibuat menarik namun tetap terlihat sisi penghijauannya. Sesuaikan dengan luas teras untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi Batu Alam

Patung – Patung Estetik

(bukalapak)

Selanjutnya, cara menata taman yang baik agar terlihat menarik adalah penambahan dekorasi patung estetik. Kamu bisa memulainya dari figur hewan maupun bentuk abstrak pada taman. Ini menaikkan estetika dari taman milik mu. Cobalah untuk menyesuaikan dengan tema taman yang kamu buat agar lebih selaras dan menarik. 

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Murah Berkualitas

Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Batu Pijakan

(anekabanguna.com)

Beri tempat pijakan untuk taman depan rumah agar rumput yang telah Pins tanam tidak mati karena terinjak. Pijakan di taman biasanya terbuat dari batu alam. Selain melindungi rumput dari injakan, batu pijakan yang dialihfungsikan sebagai jalan setapak bagus untuk menambah nilai estetik dari taman depan rumah lho Pins.

Pilihlah batu pijakan yang sesuai dengan luas taman. Jika taman tidak terlalu luas, Pins bisa memilih batu pijakan bulat dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Namun, jika taman depan rumah cukup luas, batu dengan bentuk persegi panjang bisa jadi pilihan yang tepat. Kemudian satu hal yang harus diperhatikan adalah pastikan batu pijakan mempunyai tekstur sehingga tidak licin saat Pins menginjaknya.

Baca Juga: Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

Tambahkan Bird Feeder untuk Membuat Suasana Lebih Hidup

(Scottish Wildlife Trust)

Kicauan burung serasi sekali dengan suasana taman yang hijau. Untuk memancing datangnya burung-burung, letakkan bird feeder di tepi atau tengah taman. Jangan lupa untuk rutin menyetok makanan burung di dalam bird feeder ya Pins. Burung dengan beragam warna akan gemar mampir ke taman depan rumah dan mempercantik suasana.

Bagaimana tips menarik dari kami? Cara menata taman depan rumah sederhana di atas bisa kamu miliki di rumah dan diadaptasi sebagai taman impian sederhana. Ingat semuanya tidak perlu berlebihan, selalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki ya Pins!

Baca Juga: Percantik Rumah dengan Desain Taman yang Apik


Temukan pilihan rumah terlengkap dan ruko seperti ruko Garden Boulevard Citra Raya di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel