Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 6 Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Indah

6 Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Indah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Taman yang berada di dalam hunian maupun pada luar hunian mempunyai fungsi yang sama yaitu membuat hunian asri dan juga indah. Selain sirkulasi udara yang selalu tetap terjaga, taman juga dapat dibuat menarik dengan dekorasi di dalamnya. Mengetahui cara menata batu di taman pun menjadi salah satu cara terbaik dalam menambah estetika pada taman.

Pinhome – Tidak lengkap melihat taman tanpa dekorasi di dalamnya. Air mancur, kolam ikan, furnitur maupun aksesoris menjadi pelengkap taman yang selalu ada menemani. Semua unsur tersebut menyatu dengan tanaman membentuk estetika taman yang menarik. Untuk itu ada baiknya Pins mengetahui beragam hal yang dapat membuat taman di rumah tidak membosankan. Salah satunya mengetahui cara menata batu di taman yang memiliki keindahan tidak ada duanya. Hal ini dapat membuat taman yang lesu menjadi ceria.

Baca Juga: Rumput untuk Taman Indoor agar Rumah Terlihat Asri dan Sejuk

Cara Menata Batu Koral di Taman

Batu yang berfungsi menjadi penghias taman mempunyai jenis dan material beragam. Mulai dari batu pasir, lempengan batu, batu besar hingga batu koral. Semua pilihan bisa Pins pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, pada umumnya batu koral menjadi peneman taman terbaik dikarenakan mudah ditemukan, dapat dimiliki dengan harga terjangkau dan mempunyai variasi warna yang beragam. Seperti apa cara menata batu koral di taman, simak yuk dalam ulasan berikut!

Sebagai Pijakan Jalan Setapak

cara menata batu di taman
(Wilson Rose Garden)

Cara menata batu koral di taman dengan desain pijakan memang sering dilakukan oleh para penghuni. Hal ini sekaligus membantu penghuni dengan mudah menggapai bagian taman yang diinginkan ataupun melewati taman tanpa merusak bagian rumput. Penghuni yang benar-benar merawat tanaman di dalamnya, tentu ingin yang terbaik. Maka dari itu, dengan menginjak rumput secara berlebih tentu akan merusak tanaman, inilah mengapa pijakan batu koral datang sebagai penyelamat.

Pins tidak perlu khawatir, desainnya beragam dan bisa dibuat custom. Menyerupai jalan setapak, berbentuk lingkaran, persegi hingga abstrak bisa Pins aplikasikan dalam pijakan taman. Kamu dapat memilih jenis koral sikat agar pijakan tetap kuat dan anti slip. Ingat, keamanan tetap nomor satu Pins! Jangan sampai pijakan mencelakai anggota keluarga.

Penghias Sudut-Sudut Taman

cara menata batu di taman
(Mc Carty Mulch)

Batu satu ini memang memunculkan efek teduh dan tenang dari mata yang melihat, maka dari itu tidak heran batu satu ini selalu ada dalam menghiasi sebuah taman. Selain pijakan, Pins pun bisa menggunakan batu koral pada sudut-sudut taman. Sudut taman yang biasanya tidak digunakan maupun kosong, bisa Pins hias lebih menarik dengan batu satu ini. Cara menata batu koral di taman dengan mengisi bagian yang kosong membuat taman yang kamu miliki lebih terlihat penuh.

Namun, tidak perlu khawatir, hal tersebut berdampak baik bagi estetika taman. Hal terpenting adalah Pins mengerti cara menatanya, dan memilih warna yang tepat sesuai dengan tema taman. Untuk hunian minimalis misalnya, batu koral berwarna putih cocok dipadukan dengan taman mungil dengan alas teras bermaterial kayu. Suasana rumah akan semakin alami dan tentunya segar dipandang mata.

Cara Menata Batu di Taman Sebagai Alas Lantai

cara menata batu di taman
(Art Museums)

Bila Pins menyukai tanaman hias semak pada taman belakang rumah, Pins bisa menggunakan batu koral sebagai alas lantai taman. Hal ini akan membuat taman semakin menarik dengan warna-warni yang indah. Walaupun pijakan akan terasa kasar, namun bisa disiasati dengan penambahan furnitur taman di dalamnya. Meja dan kursi dari bahan kayu, batu, maupun rotan bisa sebagai alternatif menarik yang dapat bertahan pada cuaca yang ekstrim.

Tidak hanya sampai disitu saja Pins, penggunaan alas lantai batu menjadi cara menata batu koral di taman terbaik selain model pijakan. Bila ingin batu tetap awet, cobalah untuk rajin membersihkan dengan menyiraminya menggunakan air bersih, dan mengambil kotoran yang tidak seharusnya berada di tempat tersebut.

Material Furnitur Cantik

(Puzzle Nation)

Nah, ada yang menarik lagi nih Pins. Batu koral sendiri juga bisa dibuat sebagai material furnitur yang mengutamakan desain alam yang menarik. Penggunaannya sengaja tidak beraturan namun memiliki fungsi sebagai tempat beristirahat saat berada di taman. Pins pun bisa menggunakannya untuk sejenak menikmati kolam air mancur di belakang rumah. Penggunaanya bisa berbahan dasar semen dengan batu koral pada bagian atas atau topping.  Dijamin suasana rumah akan semakin nyaman dan teduh. Untuk pemanis, tambahkan pohon dan beberapa lampu taman yang menarik.

Cara Menata Batu di Taman untuk Mempercantik Kolam Air Mancur

(Garden Design)

Cara menata batu di taman bisa dibuat menarik dengan cara pemakaiannya sebagai penghias kolam air mancur maupun kolam ikan. Hal tersebut akan membuat kolam di area tamanmu semakin menonjol. Apalagi bila taman rumahmu dibuat dalam lahan yang terbatas, batu koral bisa menjadi penyelamat sebagai pemanis kolam air mancur minimalis.

Ingat Pins, taman di rumah tidak selalu harus ditumbuhi rumput asli, kamu bisa bermain dengan jenis rumput sintetis yang dipadukan dengan batu alam untuk ruang yang kekinian. Cobalah pula desain taman indoor yang kini mulai marak digunakan pada hunian minimalis, yang berada di tengah hunian. Tidak selalu harus berada dekat dengan kolam, batu koral bisa ditaburkan begitu saja pada area tertentu dalam taman.

Batu Koral Sebagai Dinding Taman

cara menata batu di taman
(Buka Lapak)

Sebenarnya bagaimana penerapan batu koral sebagai dinding taman? Batu koral yang mayoritas berukuran kecil memang terkadang sulit untuk dijadikan benda padat. Namun, Pins bisa mensiasatinya dengan penggunaan kerangka besi. Kerangka besi dibuat sesuai dengan model dinding yang diinginkan beserta ketebalannya. Kemudian isi dengan batu alam di dalamnya agar terisi penuh dan padat. Kini, dinding penuh batu telah ada dalam taman rumah milik mu. Selain cara tersebut, Pins pun bisa menggunakan teknik menempel batu pada semen agar terlihat lebih natural.

Pins bisa menambahkan tanaman hias daun maupun jenis lainnya pada sekitar dinding, agar taman semakin sempurna. Itulah beberapa cara menata batu di taman khususnya jenis koral. Semoga dapat bermanfaat untuk Pins yang masih bingung bagaimana cara menghias taman agar terlihat menarik. Sekali lagi, jangan lupa untuk rajin membersihkannya agar batu tidak cepat berlumut.

Baca Juga: 5 Cara Unik Untuk Mempercantik Halaman Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel