Pinhome

Ikuti 4 Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik (Lahan Terbatas)

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 6 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Suka dengan kangkung? Sayuran yang satu ini memang punya rasa yang menggugah selera dan mengenyangkan. Kangkung bisa dibuat sup, bisa juga dijadikan tumis. Dibandingkan sayuran lain, cara menanam kangkung pun relatif mudah.

Berdasarkan medianya, kangkung biasa dibagi menjadi kangkung darat dan kangkung air. Keduanya memudahkan Pins untuk menanam kangkung di tempat yang disuka. Pins dapat menanam kangkung di pot atau menanam kangkung di kolam.

Manfaat Menanam Kangkung

cara menanam kangkung hidroponik
(Pixabay)
  • Kaya Vitamin C dan E

Quote:

Vitamin C dan E adalah zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dan juga untuk meremajakan kulit. Mengonsumsi kangkung secara rutin akan membuat kulit lebih cerah dan kencang.

  • Kaya Serat

Untuk Pins yang berdiet, kangkung pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Kangkung kaya akan serat yang membuat Pins mudah untuk buang air besar tanpa perlu takut merusak lambung layaknya obat pencahar.

Betapa kebaikan kangkung untuk kesehatan penanamnya ini cukup untuk membuatnya digolongkan menjadi tanaman toga.

  • Higienis

Lantaran menanam kangkung sendiri, Pins bisa mengontrol kualitasnya. Tak perlu takut dan ragu mengenai kebersihan kangkung yang akan Pins makan atau apakah pembudidayanya menanam di media yang bersih.

Selain itu, Pins juga bisa memastikan bahwa kangkung yang ditanam tidak diberikan terlalu banyak pestisida. Ya, pestisida memang mampu mengusir hama. Namun, takaran yang terlalu banyak akan berbahaya dan beracun, bukan?

  • Hemat

Segala sesuatu yang diadakan sendiri tentu lebih menghemat uang daripada membeli barang jadi. Begitu pula dengan menanam kangkung.

Meski lebih banyak memakan waktu dan tenaga, dapat menghemat beberapa ribu rupiah karena tidak membeli kangkung dapat memberi kepuasan tersendiri.

  • Bisa Ditanam dengan Metode Hidroponik

Pins tidak memerlukan lahan untuk menanam kangkung. Cukup dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah, seperti baskom dan busa filter akuarium, Pins sudah dapat membudidayakan kangkung sendiri.

Baskom digunakan karena ringan tetapi cukup kuat untuk menahan tanaman hidroponik di rumah. Sementara itu, busa akuarium digunakan karena harganya terjangkau dan juga bisa menahan akar kangkung hidroponik dengan baik.

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

cara menanam kangkung cabut
(Tokopedia.com)

Mengapa Pins harus menanam kangkung hidroponik? Apa yang dapat diunggulkan dari teknik tersebut?

Risiko melakukan penanaman di tanah adalah Pins harus meluangkan waktu untuk menyiangi tanaman. Harus diakui bahwa Pins tidak dapat mengontrol apa saja yang akan tumbuh di lahan pertanian, seperti gulma atau tanaman liar.

Pins tak akan menemukan hal-hal semacam itu jika menggunakan teknik hidroponik dengan media baskom atau besek. Maka dari itu, Pins tak perlu risau apalagi menghabiskan waktu untuk melakukan proses penyiangan tanaman.

Selain itu, kangkung hidroponik juga dapat menjadi dekorasi yang apik untuk rumah Pins. Sehingga, Pins tak hanya mendapatkan kebaikan dari kandungan kangkung, namun juga dari tampilannya.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli Rumah

Cara Menyemai Bibit Kangkung

cara menanam kangkung di polybag
(Pixabay)

Meski tak menggunakan tanah, kangkung yang ditanam dari bibit harus disemai terlebih dahulu. Apabila langkah ini dilewati, kecambah tidak akan tumbuh dan panen pun tentu berpotensi gagal. Ini hal yang harus dihindari oleh Pins.

Berbeda dengan cara menanam buah naga yang agak rumit karena membutuhkan tiang panjat untuk memulai proses penyemaian kangkung, Pins hanya harus menyiapkan tisu atau lap.

Masukkan bibit ke dalamnya kemudian siram dengan air suam-suam kuku. Letakkan di tempat yang sejuk dan tidak terlalu lembap. Pins bisa mengangkat kangkung dari tempat persemaian dan pindahkan ke media tanam ketika kangkung sudah berkecambah.

Baca Juga: 10 Desain Tipe Rumah Mezzanine

Perawatan Kangkung Hidroponik

Bagaimana cara merawat kangkung hidroponik yang baik? Pada dasarnya, caranya sama saja dengan perawatan untuk tanaman lain. Kangkung hidroponik membutuhkan air dan tentu saja pupuk supaya nutrisinya terjaga.

Pupuk amatlah penting karena dalam proses penanaman ini, kangkung tidak bisa menyerap nutrisi dari tanah. Namun, pemberian pupuk ini juga ada aturannya. Seperti apakah aturan memberi pupuk untuk tanaman hidroponik?

Per liter air untuk menyiram tanaman, gunakanlah 5 ml pupuk. Jumlah yang tak terlalu banyak tetapi amat cukup untuk memberi nutrisi yang tepat bagi tanaman hidroponik kangkung. Apabila larutan beraroma tak sedap, maka gantilah.

Kapan saat yang tepat untuk meningkatkan kuantitas pupuk? Ketika kangkung sudah masuk pada usia tanam ke-dua minggu, naikkanlah kadar pupuk menjadi 7 ml per liternya. Pasalnya, kangkung membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh besar.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari dan Rumah

Memanen Kangkung

cara menanam kangkung secara hidroponik
(hidroponikyuk.com)

Berbeda dengan cara menanam padi yang bahkan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk panen, kangkung hanya membutuhkan waktu mingguan, lho, untuk tumbuh. Ya, cepat dan mudah sekali, bukan, pertumbuhan dari sayur bergizi ini?

Biasanya, kangkung sudah siap untuk panen pada usia empat sampai dengan enam minggu. Namun, cek terlebih dahulu apakah kangkung sudah cukup kukuh dan cukup tinggi untuk dipanen.

Cabutilah kangkung dan kemudian segera olah supaya lebih lezat. Namun, untuk stok di hari-hari mendatang, Pins bisa menyimpan kangkung cabut ini di kulkas, tentu supaya lebih tahan lama dan supaya tidak lekas busuk di luar.

Ya, begitu mudah, bukan, cara menanam kangkung hidroponik sendiri di rumah? Pins tak perlu memiliki lahan besar apalagi alat pertanian yang mahal. Cukup dengan barang-barang sederhana dan Pins pun bisa memulai gaya hidup sehat dengan cara hemat.

Baca Juga: 9 Cara Memperbaiki Layar HP Berkedip

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia