6 Cara Menanam Kacang Panjang Anti Gagal (untuk Petani Pemula)

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 27 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Kacang panjang merupakan tanaman yang sangat bergizi dan lezat untuk diolah sebagai makanan. Kalau Anda ingin menanam sesuatu yang bermanfaat, maka mempelajari cara menanam kacang panjang merupakan sesuatu yang tepat.

Pinhome – Secara garis besar, setelah memilih bibit yang baik, cara menanam kacang panjang berikutnya berturut-turut adalah dengan menyiapkan lahan, menanam di musim penghujan, menyulam tanaman, lalu menyianginya hingga masa panen datang.

Baca Juga:

Manfaat Mengonsumsi Kacang Panjang

cara menanam kacang panjang
(fimela.com)
  • Kaya Serat

Layaknya sayuran hijau lain, kacang panjang kaya akan serat. Kalau Anda tengah melakukan diet, mengonsumsi kacang panjang tentu adalah pilihan yang sangat tepat.

  • Tinggi Asam Folat

Bagi ibu hamil, asam folat yang terkandung di dalam kacang panjang bisa memperkuat janin. Selain itu, bila dikonsumsi secara rutin, kacang panjang juga dapat memperlancar air susu ibu.

Dengan kandungan yang sangat menyehatkan tersebut, tak berlebihan rasanya jika kacang panjang digolongkan menjadi tanaman toga.

  • Menghemat Waktu

Berbeda dengan bibit-bibit tanaman lainnya, bibit kacang panjang tidak membutuhkan penyemaian. Dengan melewati tahapan penyemaian ini, secara otomatis waktu penanaman akan lebih singkat.

Persiapan Sebelum Penanaman Bibit Kacang Panjang

(youtube.com)

Mempersiapkan Bibit Kacang Panjang

Untuk mempersingkat waktu, Anda tak perlu mempersiapkan bibit secara manual melalui tanaman kacang panjang yang sebelumnya sudah tumbuh. Bagi pemula, membeli bibit di toko tanaman adalah solusi yang amat tepat.

Namun, Anda harus tetap jeli. Periksa apakah bibit yang akan Anda gunakan memang berkualitas atau justru rentan tidak tumbuh. Bibit kacang panjang yang berkualitas memiliki warna yang kusam, tidak dihinggapi oleh hama, dan tidak rusak.

Baca Juga:

Mempersiapkan Lahan

Persiapan lahan kacang panjang ini cukup mudah, tetapi membutuhkan ketekunan. Pertama-tama, Anda harus membajak tanah supaya lebih subur dan gembur. Selain itu, bersihkan dari gulma atau rumput yang sangat mengganggu.

Kemudian, jangan lupa untuk memberikan pupuk kacang panjang pada tanah. Pupuk berguna sebagai nutrisi bagi kacang panjang agar berbuah lebat, bisa tumbuh lebih cepat, dan lebih subur. Kemudian, diamkan tanah selama tujuh hari hingga proses penanaman.

Setelah itu, buatlah bedengan. Bedengan ini berfungsi agar kacang panjang tidak terbenam. Pasalnya, jarak antara satu bedengan dengan lainnya akan berfungsi sebagai pengairan untuk tanaman kacang panjang.

Masa Penanaman Bibit Kacang Panjang

cara menanam kacang panjang
(8villages.com)

Quote:

Kacang panjang akan lebih baik ditanam pada saat musim penghujan. Di musim penghujan, tanah lebih basah dan hal ini baik untuk kacang panjang. Kacang panjang tidak akan mati dan akan mendapatkan asupan air yang cukup.

Kemudian di setiap lubang, tanamlah dua benih dengan kedalaman yang cukup. Setelah itu, tutupi lubang dengan tanah yang sebelumnya sudah diberi pupuk. Pastikan benih tidak menyembul dan terlindungi oleh tanah.

Perlu diingat bahwa kacang panjang ini tidak dapat tumbuh di ketinggian lebih dari 800 mdpl. Jadi, lihatlah terlebih dahulu kondisi geografis rumah Anda sebelum memutuskan untuk membudidayakan tanaman kacang panjang.

Baca Juga:

Perawatan Tanaman Kacang Panjang Setalah Tanam

(dekoruma.com)

Setelah menanam, Anda harus mengetahui dua cara merawat kacang panjang. Berikut penjelasannya.

Menyulam Tanaman

Istilah ‘menyulam’ tentu asing bagi Anda yang belum pernah bercocok tanam. Artinya, yaitu mencabuti tanaman-tanaman yang rusak atau gagal tumbuh di lahan.

Tanaman yang rusak, selain tidak elok dipandang, akan berbahaya bagi tanaman lain yang bisa tumbuh dengan baik. Tanaman-tanaman yang rusak ini akan mengambil gizi dan air dari dalam tanah.

Hal ini serupa dengan merawat bunga matahari yang batangnya harus rutin dipotong jika terdapat bagian yang kering (baca: cara merawat bunga matahari).

Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati pada saat Anda akan mencabuti tanaman kacang panjang yang rusak. Jangan sampai tanaman yang baik ikut tercabut secara tidak sengaja.

Baca Juga:

Menyiangi Kacang Panjang

Meskipun rumput, gulma, dan sebagainya sudah dicabuti pada awal masa tanam, tetap saja Anda tidak bisa mengontrol alam sepenuhnya. Akan datang saat di mana rerumputan liar bahkan gulma tumbuh di sekitar tanaman.

Di waktu tersebut, Anda wajib menyiangi tanaman. Gulma dan tanaman liar bukan hanya harus dihilangkan karena mengganggu pemandangan, mereka bisa mengambil gizi dari kacang panjang dan menghambat pertumbuhannya. Kondisi itu sangat merugikan.

Baca Juga:

Memanen Kacang Panjang

cara menanam kacang panjang
(pxhere.com)

Tanda-tanda kacang panjang sudah siap panen adalah sebagai berikut.

  • Usianya mencapai 3–4 bulan;
  • Sudah tumbuh dengan baik;
  • biji kacang panjang sudah tidak terlalu terlihat atau sudah terlindungi di bagian dalam; dan
  • batangnya mudah dipatahkan.

Bagaimana kiat untuk mendapatkan kacang panjang segar? Cobalah untuk memanen kacang panjang di pagi hari. Kondisi kacang panjang sangat bagus dan rasanya pun akan lebih lezat dengan kandungan air yang tentunya lebih banyak.

Budidaya kacang panjang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur Anda, Anda juga bisa menjadikannya bisnis tanaman organik yang amat potensial dan memberikan penghasilan tambahan.

Menanam kacang panjang tidak terlalu sulit, tetapi Anda membutuhkan ketelitian dan lahan yang cukup lapang. Memang Anda tidak harus memiliki lahan luas layaknya padi, tetapi lahan yang terlampau sempit tidak baik untuk pertumbuhan kacang panjang.

Baca Juga:

Featured Image Source: Haibunda.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru! Harga Paving Block per M2 dan Jasa Pemasangannya!

Paving block merupakan suatu material bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau mater

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia