7 Trik Jitu Cara Menanam Jagung (Hasil Melimpah) - Pinhome

Pinhome

7 Trik Jitu Cara Menanam Jagung (Hasil Melimpah)

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 6 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Sudah capai setiap hari bekerja di sawah, namun hasil panen jagung kurang memuaskan? Jangan sedih, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam jagung agar menghasilkan buah yang bagus dan besar.

Perlu diketahui jika ada tujuh macam jenis jagung yang cocok untuk perkebunan di Indonesia, yaitu jagung tepung flour corn, jagung berlilin, jagung pod, jagung popcorn atau berondong, jagung manis, jagung mutiara, serta jagung gigi kuda.

Berbeda dengan cara menanam jahe yang pertumbuhan tanamannya terjadi di dalam tanah, jagung tumbuh dan berkembang di atas permukaan tanah. Sehingga, Pins dapat dengan mudah mengawasi.

Nah, berikut adalah lima trik yang dikenal ampuh menghasilkan jagung yang melimpah.

Cara Menanam Jagung: Pemilihan Varietas Jagung

Cara menanam jagung
(PIxabay)

Salah satu jenis jagung di Indonesia yang perawatannya mudah dan hasilnya bagus adalah jagung modern hibrida Bisi 2. Bibit jenis ini bisa Pins dapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian. Namun, jika Pins berniat untuk membuat bibit sendiri, seperti inilah ciri-ciri jagung unggul.

  • Tongkol jagung yang tua berbentuk panjang, berukuran besar, dan langsing.
  • Kelobot rapat dari ujung sampai pangkal daun jagung.
  • Biji terletak dalam barisan yang lurus.
  • Tongkol memiliki rambut yang banyak.
  • Tongkol sudah dijemur sampai kering.

Penyemaian bibit jagung bisa juga dilakukan di polybag atau gelas aqua. Namun, disarankan untuk disemai langsung di tempat penanaman, agar tidak repot memindahkan bibit jagung.

Untuk mencegah timbulnya penyakit pada benih yang disebabkan oleh jamur, benih harus diberi perlakuan fungisida atau insektisida yang berguna untuk membasmi jamur.

Cara mencegah bulai dengan cara sebagai berikut:

  • Sediakan air sebanyak 1 liter.
  • Masukkan Ridomil sebanyak 5 gram ke dalam air.
  • Masukkan biji jagung ke dalam larutan tersebut.
  • Rendam benih selama 15 menit.
  • Keringkan dengan cara dijemur sampai benar-benar kering.

Baca Juga: Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Cara Menanam Jagung: Pengolahan Lahan Jagung

Olah lahan untuk bertanam jagung menggunakan bajak, cangkul, atau traktor. Syarat yang harus Pins penuhi dalam pengolahan lahan tanaman jagung, yaitu sebagai berikut.

  • Lahan harus subur dan mengandung unsur hara yang banyak.
  • Tingkat keasaman (pH) yang cocok untuk bertanam adalah 5,6–7,7.
  • Saat membuat bedengan, tebarkan pupuk organik di sekitar lahan.

Baca Juga: Ini Alasan MEngapa Kamu Harus Membeli Rumah

Cara Menanam Jagung: Penanaman Bibit Jagung

Quote:

Penanaman jagung sebaiknya dilakukan pada awal atau akhir musim hujan, sehingga pada masa pertumbuhan tanaman jagung, air dari curahan hujan masih tersedia.

Adapun langkah-langkah yang dapat Pins lakukan sebagai cara menanam jagung di lahan adalah:

  • Buat bedengan pada lahan Pins dan berikan jarak antara 100x40cm.
  • Pastikan kedalaman tanam berkisar sedalam 3–5cm.
  • Isi 2 biji jagung dalam satu lubang.
  • Tutup kembali lubang yang telah diberi bibit, lalu siram.

Masukkan satu benih jagung dan furadan 1 gram tiap lubang untuk mulai menanam. Tak lupa tutupi setiap lubang tanam dengan jerami kering terlebih dahulu baru ditutup kembali dengan tanah.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Mezzanine

Cara Menanam Jagung: Pemeliharaan Tanaman Jagung

cara menanam jagung di polybag
(Pxhere)

Berikut cara pemeliharaan tanaman jagung yang baik dan benar:

  • Pemupukan, dilakukan setelah tanaman jagung berumur 2 minggu dengan cara ditaburkan pada larikan tanaman jagung. Pemberian urea juga diberikan setelah tanaman berumur 40 hari.
  • Penyulaman, hal ini sangat penting sehingga Pins harus melakukannya dengan benar. Jangan sampai Pins terlambat. Waktu Pins hanya 1 minggu untuk melakukan penyulaman
  • Penjarangan, langkah ini perlu dilakukan termasuk dalam tahap pengontrolan tanaman. Pins dapat melakukan penjarangan saat jagung berumur 1 minggu.
  • Pembubunan, langkah ini pada intinya adalah penggalian parit antar bedengan. Tujuannya supaya tanaman tidak rebah dan lebih kokoh.
  • Penyiraman, dilakukan setelah masa tanam selesai dengan tujuan agar biji jagung segera berkecambah. Lakukan setiap hari satu kali selama seminggu. Setelah istirahat, lakukan penyiraman kembali setelah minggu ke-4.

Yang perlu diingat adalah jangan melakukan penyiraman saat masih musim penghujan. Karena mendapat asupan air yang terlalu banyak dapat membuat tanaman membusuk sebelum akhirnya mati. Sebaiknya lakukan penyiraman hanya di musim kemarau.

  • Penyiangan, adalah kegiatan membuang rumput liar/gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman jagung. Bisa dengan dicabut langsung atau menggunakan herbisida yaitu senyawa kimia yang digunakan untuk membasmi gulma.

Pins juga dapat membaca artikel cara menanam seledri dan cari tahu persamaan langkah-langkah cara penanamannya dengan tanaman jagung ini.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari dan Rumah

Cara Menanam Jagung: Panen Jagung

cara budidaya jagung
(Pixabay)

Masa panen dapat dimulai ketika tanaman jagung memasuki umur 105 hari atau bergantung pada varietasnya. Ciri tanaman jagung yang sudah siap dipanen di antaranya:

  • Daun sudah kering 80%,
  • Kulit/kelobot jagung sudang kering, serta
  • Buah jagung padat dan keras.

Indonesia adalah negara dengan tanah yang sesuai untuk bercocok tanam jagung. Jagung yang memiliki banyak manfaat lebih mudah diolah sehingga Pins tidak perlu takut lagi untuk memulai usaha yang satu ini.

Setelah Pins mengetahui cara menanam jagung, Pins dapat berimprovisasi dalam praktiknya. Tak jauh berbeda dengan cara menanam cabe, lakukan riset agar tanaman yang Pins hasilkan memiliki kualitas yang baik.

Sudah saatnya Pins mengubah siasat atau trik untuk membuang hasil panen jagung kecil yang selama ini Pins dapatkan. Semoga artikel ini banyak membantu. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.

Baca Juga: 6 Jenis Kayu yang Sering Digunakan untuk Furniture

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel