4 Cara Menambahkan Gambar di Photoshop dengan Mudah

Diperbarui oleh Livina Hermawan ∙ November 14, 2022 ∙ 6 menit membaca

Saat Pins mendesain sebuah proyek dengan Photoshop, tentunya Pins akan berulang kali menambahkan gambar atau objek ke layer. Dengan Photoshop, Pins bahkan bisa menggabungkan dua gambar secara bersamaan atau hanya menambahkan satu gambar di setiap layer berbeda. Ada beberapa cara menambahkan gambar di Photoshop yang bisa Pins lakukan sehingga proses desain menjadi lebih efektif.

Nah, di artikel ini, Pinhome akan menjelaskan cara menambahkan gambar di Photoshop dengan 4 cara berbeda. Mulai dari drag and drop, copy paste, smart object, atau dengan fiutr clipping mask. Penasaran seperti apa penjelasannya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menambahkan Gambar di Photoshop dengan Drag & Drop

Adobe Photoshop merupakan aplikasi pengeditan berbasis layer, yang dimana kamu bisa menambahkan beberapa gambar, tulisan, atau warna pada layer berbeda secara terpisah. Pins juga bisa dengan mudah mengedit masing-masing layer tanpa mempengaruhi layer lainnya. Dengan menggunakan layer, Pins bisa dengan mudah menyesuaikan atau menata gambar dalam satu kanvas secara mudah.

Nah, ada kalanya Pins ingin menambahkan gambar ke dalam layer yang sudah ada, atau menggabungkan dua layer menjadi satu, sehingga bisa membuat pekerjaan Pins lebih mudah.

Cara termudah untuk menambahkan gambar ke layer di Photoshop adalah dengan fitur drag and drop. Berikut langkah-langkahnya.

Mulailah dengan mencari gambar yang ingin Pins tambahkan ke Photoshop. Setelah gambar terpilih, Pins bisa menyeret (drag) gambar dan arahkan ke kanvas (drop) di Photoshop.

1. Cara Menambahkan Gambar di Photoshop

Setelah menambahkan gambar ke kanvas, maka otomatis akan muncul layer baru di panel Layers. Setelah itu, Pins dapat mengubah skala atau memposisikan ulang gambar sesuai dengan kebutuhan melalui Move Tool.

Tekan tombol Enter pada keyboard atau klik tanda centang di jendela pengaturan atas jika Pins telah selesai mengatur gambar di layer.

2. Cara Menambahkan Gambar di Photoshop

Di tahap ini, Pins memiliki opsi untuk menggabungkan layer atau membiarkannya terpisah. Dengan memisahkan layer, Pins dapat menyesuaikan masing-masing gambar sesuai kebutuhan. Namun, jika Pins ingin menggabungkan menjadi satu layer, tekan tombol Shift di keyboard dan klik kedua layer yang ingin digabungkan. Lalu tekan Command + E (Mac) atau Control + E (PC) untuk menggabungkan layer. Atau klik kanan pada mouse dan pilih Merge Layers.

Sekarang gambar akan digabungkan menjadi satu layer yang sama dan dapat diedit sebagai satu gambar.

Baca juga: 7 Cara Membuat Garis di Photoshop Untuk Pemula

Cara Menambahkan Gambar di Photoshop dengan Copy & Paste

Opsi kedua untuk menambahkan gambar di layer Photoshop, Pins bisa melakukannya dengan cara copy & paste saja. Ini berfungsi untuk gambar yang sudah Pins buka di Photoshop, tetapi berada di antara dua proyek atau tab yang berbeda.

Pilih gambar yang ingin kamu copy, lalu klik Edit > Copy atau tekan Command / Control + C di keyboard.

Buka gambar di laman atau tab proyek yang lain, lalu klik Edit > Paste atau tekan Command / Control + V di keyboard.

Gambar yang Pins copy akan ditempelkan ke proyek Pins yang lain sebagai layer baru. Dengan fitur Move Tool, Pins dapat mengatur skala dan memposisikannya kembali ke lokasi yang lebih pas.

Dengan copy & paste, Pins dapat memilih untuk memisahkan gambar atau menggabungkannya menjadi satu. Dalam kebanyakan kasus, yang terbaik adalah membiarkannya pada layer terpisah, sehingga kamu mengedit di masing-masing layer sesuai kebutuhan.

Namun, jika Anda ingin menggabungkan layer, Anda dapat melakukannya dengan menekan Command + E (Mac) atau Control + E (PC).

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Foto Android Kekinian yang Lagi Tren

Cara Menambahkan Gambar di Photoshop dengan Smart Object

Berikutnya, Pins juga bisa menambahkan gambar dengan fitur Smart Object yang merupakan wadah untuk menambahkan layer. Dengan Smart Object, Pins bisa mengedit semua layer sekaligus.

Untuk menggunakan fitur Smart Objek, Pins bisa awali dengan melakukan drag & drop atau copy & paste untuk memasukkan gambar ke dalam proyek atau layer.

Jika ada dua gambar pada dua layer terpisah, klik Shift-Click di antara layer yang ingin Pins gabungkan untuk menyorotnya. Kemudian klik kanan pada layer dan pilihConvert To Smart Object.

Setelah itu, gabungkan kedua layer menjadi satu, dengan mengklik ikon Smart Object di sudut Thumbnail layer.

Kemudian klik dua kali pada thumbnail layer Smart Object untuk menampilkan masing-masing gambar di Smart Object.

Sekarang Pins dapat melihat dua gambar sebelumnya pada dua layer terpisah. Itu dikarenakan pada panel Smart Object, gambar-gambar tersebut tetap tidak tersentuh sehingga masih bisa di edit satu per satu. Misalnya, Pins ingin memposisikan ulang satu gambar di dalam Smart Object untuk membuat perubahan di proyek asli, Pins bisa menekan tombol Command / Control + S di keyboard untuk menyimpan perubahan.

Baca juga: 19 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Tanpa Watermark

Cara Menambahkan Gambar di Photoshop dengan Clipping Masks

Dengan Photoshop, Pins juga bisa menggunakan shapes untuk memasukkan gambar. Seperti shape segitiga, lingkaran, persegi dan sebagainya. Tergantung pada jenis efek yang Pins buat, Pins dapat menambahkan gambar di setiap shape berbeda.

Namun jika menggunakan shape, Pins perlu menggunakan fitur Clipping Mask untuk memasukkan menggabungkan dua layer yang berbeda. Misalnya, Pins memiliki shape segitiga yang ada pada satu layer. Lalu satu layer lainnya berisikan gambar yang ingin dimasukka ke dalam shape.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dibahas sebelumnya, tempatkan gambar yang Pins inginkan ke dalam proyek. Lalu tempatkan layer gambar di atas layer shape yang ada.

Sekarang, untuk menggabungkan layer atau membuat Smart Object, Pins harus memotong layer gambar terlebih dahulu. Klik kanan pada layer gambar dan klik Create Clipping Mask agar gambar dapat masuk ke dalam shape layer seperti gambar berikut.

Itu dia proses menambahkan gambar ke layer yang ada di Photoshop dengan beberapa cara. Dalam kebanyakan kasus, cara terbaik adalah dengan membiarkan gambar berada pada layer yang terpisah sehingga Pins memiliki opsi untuk mengeditnya satu per satu. Semoga artikel ini bisa membantu Pins untuk menguasai Photoshop dan selamat mencoba ya!

Editor: Sekar Ningtyas

Source feature image: Unsplash


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Mendalami Pola Falling Wedge Beserta Cara Menggunakannya

Mengidentifikasi dan memantau kondisi pasar adalah skill yang sebaiknya dimiliki seorang investor a

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia