Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur

Hobi

Cara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur

Ditulis oleh Pinhome ∙ 30 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Berkebun memang sebuah aktivitas yang sedang ramai digandrungi oleh masyarakat luas. Rumah akan terlihat lebih asri jika dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau di sekelilingnya. Terlebih lagi kalo Pins mempunyai lahan untuk ditanami rumput gajah. Penasaran gak sih cara menanam rumput gajah serta perawatannya? Yuk simak!

Pinhome – Sebelumnya, apakah Pins tau bahwa rumput gajah mempunyai beberapa jenis? Jangan sampai tertukar ya. Ini dia jenis-jenis rumput gajah:

Rumput Gajah Besar

(bukalapak)

Rumput gajah besar atau yang mempunyai nama ilmiah Pennisetum purpureum ini merupakan sejenis tanaman ilalang yang tingginya bisa setara dengan tinggi manusia. Rumput gajah besar biasanya digunakan sebagai pakan hewan ternak seperti kambing, sapi, domba dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan rumput gajah besar yang subur dibutuhkan kurang lebih dua bulan lamanya. Jangan lupa untuk selalu memberi pupuk (pupuk kandang/pupuk NPK) agar tumbuhan ini tumbuh dengan sehat.

Agar rumput gajah besar tetap segar, pastikan bahwa tidak ada rumput rambat yang hidup di sekitarnya. Jika tanaman ini senantiasa terjaga, maka akan bisa Pins panen terus menerus selama kurang lebih 3 tahun lamanya. Namun, kembali lagi semua itu tergantung bagaimana cara Pins dalam merawatnya.

Rumput Gajah Mini

(Jogja Garden)

Nah, untuk yang satu ini biasanya bisa Pins temui di pekarangan rumah maupun lapangan. Rumput gajah mini menjadi tren karena dapat ditanam serta dirawat dengan mudah, apalagi jika dibandingkan dengan perawatan untuk rumput jepang. Rumput jenis ini memberikan kesan asri pada pekarangan rumah. Bentuknya yang mungil dan hijau segar membuat para desainer eksterior tertarik untuk menjadikannya pilihan utama saat pemilik rumah hendak mengaplikasikan rumput pada rumahnya.

Dibandingkan dengan menggunakan rumput artificial, lebih baik menggunakan rumput gajah mini yang perawatannya mudah untuk dilakukan. Bahkan Pins tidak perlu memanggil tukang kebun untuk merawatnya.

Tips dan Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Jika Pins juga tertarik untuk menanam rumput ini, yuk ikuti beberapa cara di bawah ini agar tumbuh dengan subur!

Pilih Bibit Tanaman Rumput Gajah Mini

(BL)

Ada dua pilihan, yaitu menanamnya dari bibit benih atau menanamnya dari rumput gajah mini yang memang sudah siap untuk ditanam kembali. Jika Pins memutuskan untuk menanamnya dari bibit benih, benih ini bisa didapatkan online melalui berbagai e-commerce dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000/kantong. Menanam dari benih cenderung lebih murah, namun Pins harus sangat teliti dalam memilihnya karena kualitas benih sangat berpengaruh dengan tingkat kesuburan tanaman ini nantinya.

Sedangkan, jika Pins ingin lebih praktis pilihlah bibit tanaman rumput gajah mini yang sudah jadi. Jadi Pins hanya tinggal memindahkannya langsung ke lahan dan media tanam yang telah disediakan. Kekurangan dari bibit yang sudah jadi ini adalah biaya yang Pins keluarkan menjadi lebih besar, jika dibandingkan dengan menanamnya dari bibit benih. Bibit jadi seperti ini juga bisa didapatkan pada toko online dengan kisaran harga Rp 23.500 / 100 x 100 cm.

Siapkan Lahan dan Media Tanam

(Orami)

Jika sudah mantap memilih jenis bibit rumput gajah mini, kini saatnya untuk menyiapkan lahan untuk menanamnya. Pastikan memilih lahan dengan media tanam yang gembur. Saat media tanam berupa tanah yang akan ditanami terlihat gersang, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah menggemburkannya. Berikan pupuk seperti pupuk kandang di sekitar lahan tersebut, lalu diamkan selama satu hingga dua minggu sebelum ia ditanami rumput.

Proses Penanaman Rumput Gajah Mini

(hargaweb.id)

Waktu paling tepat untuk menanam rumput ini adalah saat musim hujan.Pada musim hujan, tanah mempunyai asupan air banyak yang akan membuat rumput tumbuh dengan cepat. Awalnya Pins harus menggemburkan tanah dengan cangkul, lalu mulai buat lubang dengan kedalaman 5 cm hingga 10 cm. Kemudian semai benih ataupun jika menggunakan bibit rumput gajah mini yang sudah jadi Pins potong dulu menjadi bagian lebih kecil, kurang lebih 5 x 5 cm. Untuk bibit yang sudah jadi, tinggal ditancapkan ke dalam tanam hingga akarnya. Buatlah hingga semua akar tertutup oleh tanah. Tekan perlahan dengan tangan untuk membuat akar dan tanah menjadi lebih rekat. Pola terbaik dalam menanam rumput ini adalah dengan pola zig-zag agar bentuk akhirnya sempurna.

Cara Perawatan

(Bio Greenva)

Ada beberapa poin penting dalam merawat rumput jenis gajah besar ini:

  • Jangan lupa untuk selalu menyiramnya pagi dan sore. Tumbuhan ini tipe yang butuh banyak asupan air.
  • Usahakan untuk menanamnya di lahan yang terkena sinar matahari.
  • Jauhkan rumput dari binatang seperti ayam yang biasanya akan mengganggu pertumbuhan rumput tersebut.
  • Jangan menginjak rumput langsung, Pins bisa memberikan opsi beberapa pijakan agar rumput tidak langsung diinjak oleh pejalan kaki.
  • Ketika Pins melihat tumbuhan parasit menempel di sekitar rumput, jangan ragu untuk langsung mencabutnya hingga ke akar. Tumbuhan parasit bisa menyerap nutrisi dari rumput gajah, sehingga rumput yang Pins tanam menjadi tidak subur.

Baca Juga: Perbedaan Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor

Gimana, Pins, tertarik untuk menanam rumput gajah di pekarangan rumahmu? Berapa pun besar halaman yang kamu punya, kalau sudah ditanami rumput gajah pasti akan tampak lebih segar dan asri. Jadi makin betah di rumah, deh!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel