BlogPemilik PropertiFinansialCara Menabung Emas dan Berbagai Jenisnya
0
0

Cara Menabung Emas dan Berbagai Jenisnya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Jul 26, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
cara menabung emastop-right-banner

Hingga kini, emas masih menjadi pilihan investasi terbaik untuk berbagai kalangan. Namun sayangnya, banyak orang yang takut menyimpan emas di rumah karena resiko hilang. Jika Pins juga demikian, mungkin cara menabung emas dengan aman yang akan kami bahas di sini akan cocok untukmu.

Pasalnya, emas merupakan logam mulia berharga yang dapat berfungsi sebagai perhiasan atau tabungan keluarga. Tingginya harga jual emas mengharuskan pemiliknya untuk dapat menyimpannya dengan aman.

Menyimpan emas di rumah merupakan salah satu alternatif termurah. Namun ketika tempat tinggal dirasa kurang aman, maka perlu mencari solusi jitu untuk mengatasi kendala jika takut menyimpan emas di rumah.

Baca juga: Investasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Cara Menabung Emas

Source : Detik Finance

Jika Pins ingin berinvestasi emas dan takut menyimpannya di rumah, berikut ini alternatif yang bisa Pins lakukan sebagai cara menabung emas dengan mudah dan aman.

  1. Menggunakan jasa bank yang menyediakan safety box dengan biaya sewa sesuai ketentuan umum yang berlaku.
  2. Menitipkan di pegadaian, bisa dengan menitipkanya saja atau sekaligus menggadaikan.
  3. Menyembunyikan di ruang rahasia yang sangat tersembunyi. seperti ruang bawah tanah atau pada kendaraan yang digunakan untuk bepergian.
  4. Tetap menyimpan di rumah namun dengan keamanan yang sangat ketat. Misalnya dengan membuat kamar beton bertulang tebal dengan pintu masuk berupa kode rahasia rumit. Namun hal ini tentu sangat boros jika yang disimpan hanya emas seberat 1 gram saja.
  5. Menjual emas tersebut, sehingga bertukar dengan sejumlah uang lalu disimpan di Bank.
  6. Menukar emas dengan investasi properti, sehingga meskipun nilainya besar namun dapat disimpan secara terbuka dipinggir jalan dengan keamanan terjamin.
  7. Merubah emas batangan atau perhiasan kedalam uang koin emas dinar, atau perak dirham. sehingga selain berfungsi untuk menyimpan emas juga dapat dipergunakan secara sah dalam transaksi jual beli perdagangan.

Emas merupakan mata uang terbaik dalam kehidupan, berbeda dengan mata uang kertas yang nilainya sangat tepengaruh oleh naik turunya nilai tukar uang antar negara. Selain itu, emas juga merupakan benda berharga yang dapat dimanfaatkan untuk perhiasan atau keperluan lainya.

Namun yang menjadi kendala mungkin terletak pada bagaimana cara menabung emas batangan terbaik, sehingga dapat dipergunakan kembali ketika saat dibutuhkan.

Baca juga: Perlu Tahu! Apa Itu Bitcoin dan Bedanya dengan Instrumen Investasi Lain?

Jenis Investasi Emas

cara menabung emas
Source : Petrominer

Setelah mengetahui cara menabung emas di atas, kamu juga perlu mengetahui jenis investasi emas yang menguntungkan. Pasalnya, emas memang merupakan alat yang bisa diinvestasikan karena nilainya yang terus naik setiap tahun.

Namun sayangnya, beberapa orang kurang memahami hal ini, sehingga investasi emas berujung tidak menguntungkan atau bahkan rugi. Emas dalam bentuk perhiasan bukan hanya untuk keperluan ornamen saja. Ini juga bertindak sebagai pilihan investasi yang bagus.

Berinvestasi dalam emas selalu menjadi salah satu cara tradisional untuk menghasilkan uang. Semua investasi emas datang dalam dua bentuk berbeda. Pins dapat membeli emas dalam bentuk fisik melalui perhiasan dan pelat emas, atau dalam bentuk kertas melalui obligasi.

Ada juga berbagai jenis reksa dana yang hadir dalam bentuk emas. Reksa dana emas ini umumnya berinvestasi di perusahaan tambang emas internasional. Jadi, berikut adalah lima jenis investasi emas yang harus kamu ketahui.

Investasi Emas Fisik

Source : Pontas.id

Berinvestasi emas memiliki banyak kelebihan, terutama jika dalam bentuk fisik. Namun itu juga bukan tanpa kekhawatiran, ini termasuk keamanan, biaya pembuatan yang tinggi, dan biaya pembelian serta desain yang ketinggalan jaman.

Berbagai alasan tersebut seringkali membuat biaya yang dapat membingungkan bagi beberapa investor. Di India, biaya pembuatan bentuk fisik emas seperti perhiasan umumnya berkisar antara 14 hingga 25 persen dari total biaya ornamen.

Dana yang Diperdagangkan Pertukaran Emas

Investasi emas dalam dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF, bisa jadi menarik. ETF mirip dengan reksa dana dan diperdagangkan di bursa saham seperti saham biasa lainnya.

Portofolio reksa dana ditetapkan jauh sebelumnya dan tidak banyak berbeda tidak seperti saham, saham, atau reksa dana lainnya. ETF menawarkan cara-cara praktis untuk berinvestasi dalam emas.

Investasi Saham Emas

Source : Bloomberg

Investor di India juga memiliki opsi untuk membeli dan memperdagangkan berbagai saham emas yang ditawarkan oleh perusahaan yang secara aktif memproduksi dan mengembangkan simpanan emas dengan harga emas di Bangalore.

Dengan melakukan ini, investor dapat menghindari premi yang harus mereka bayarkan jika membeli emas secara langsung. Selain itu, nilai saham emas cenderung naik dari waktu ke waktu sehingga memberikan keuntungan yang cukup menguntungkan.

Baca juga: Update! Ini Daftar Saham IPO 2022

Opsi dan Kontrak Emas

Opsi emas sering kali memungkinkan investor untuk berspekulasi tentang tingkat emas di Bangalore hari ini. Membeli opsi emas atau bahkan berjangka di bursa bisa menjadi tantangan dan dapat menimbulkan risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan berinvestasi dalam bentuk emas lainnya.

Jadi, berinvestasilah dalam opsi dan futures hanya jika Pins memiliki selera terhadap risiko yang terlibat. Meskipun berinvestasi dalam opsi emas dan futures bisa menjadi hal yang bagus dan memang meraup untung besar. Namun, ini tetap tidak disarankan untuk investor pemula atau investor yang baru memulai dengan emas.

Baca juga: Apa itu Reksadana Pendapatan Tetap? Yuk Baca Risikonya!

Investasi Emas Digital

Seperti disebutkan sebelumnya, emas fisik dalam bentuk koin, perhiasan, atau batangan bahkan dapat dibeli secara online dengan harga emas di Bangalore hari ini. Di India, bentuk emas digital sering ditawarkan di dompet digital.

Demikian pula, “GoldRush” adalah bentuk emas digital yang ditawarkan oleh Stock Holding Corporation of India melalui situs web mereka dan “Me-Gold” yang merupakan opsi investasi emas digital yang ditawarkan oleh Motilal Oswal.

Semua penawaran ini diatur oleh usaha patungan MMTC-PAMP di mana MMTC adalah perusahaan sektor publik, dan PAMP adalah perusahaan swiss yang mengkhususkan diri dalam fabrikasi berbagai jenis logam.

Kenapa Harus Investasi Emas?

cara menabung emas
Source : Market Bisnis

Ada banyak alasan untuk membeli emas dibandingkan dengan komoditas lainnya. Misalnya, membeli dan memperdagangkan emas dapat menjaga investor dari inflasi yang cenderung terjadi di pasar.

Selain itu, berinvestasi dalam emas juga dapat melindungimu dari penurunan atau fluktuasi nilai mata uang asing seperti USD. Alasan lainnya, emas dapat bertindak sebagai polis asuransi terhadap ketidakstabilan pasar.

Selain itu, emas juga merupakan komoditas yang didasarkan pada fundamental permintaan dan penawaran. Emas memberikanmu portofolio investasi yang beragam dan menambah nilai investasimu. Jadi singkatnya, ini adalah beberapa alasan mengapa Pins harus berinvestasi emas.

Baca juga: CAPM adalah Sebuah Indikator dalam Investasi, Ini Manfaatnya!

Perbedaan Investasi Emas dalam Berbagai Bentuk

Source : Kalteng Lima

Investasi emas tergantung pada bentuk apa yang kamu inginkan. Bentuk fisik emas seperti perhiasan bisa lebih mahal daripada bentuk non fisik lainnya seperti Gold-ETF atau emas kertas. Ini karena, tidak ada biaya masuk yang terlibat dalam bentuk-bentuk investasi emas tersebut, meskipun biaya ETF bisa mencapai satu persen.

SGB di sisi lain, menguntungkan investor dengan tujuan investasi jangka panjang. Ini bisa disimpan hingga delapan tahun. Namun, periode penguncian mereka hanya lima tahun dan berinvestasi dalam ETF emas dapat memberikan pengembalian yang jauh lebih tinggi daripada berinvestasi di SGB karena likuiditas dana yang lebih baik.

Selain itu, proses pembelian ETF ini dilakukan melalui mode online, yang jauh lebih mudah daripada SGB. Namun, salah satu perbedaan utama adalah bahwa berinvestasi dalam ETF emas dapat menarik pajak hingga 20 persen setelah tiga tahun investasi. Sementara SGB pada dasarnya dibebaskan darinya.

Selain itu, SGB cenderung memperoleh bunga hingga 2,5 persen per tahun, tidak sama halnya dengan ETF. Ini adalah salah satu kelemahan utama berinvestasi di ETF Emas.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Memulai Investasi di Usia Muda

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Emas

cara menabung emas
Source : Tribun

Meskipun hampir setiap investor di luar sana membeli emas dalam beberapa bentuk fisik dan sebagainya, Pins tetap harus melakukan penelitian dasar dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum mulai berinvestasi.

Dua hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika melakukan investasi pada komoditas emas adalah harga emas dan kebijakan yang terlibat dalam investasi tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pastikan Kamu Mendapatkan Harga Emas yang Bagus

Cari harga terbaik yang bisa Pins dapatkan untuk investasi emas. Untuk investor emas baru, Pins mungkin ingin melihat beberapa dealer serta situs web mereka. Dengan cara ini, Pins bisa mengetahui harga emas hari ini.

Demikian juga, pertukaran emas juga merupakan tempat yang bagus untuk dilihat karena ini juga dapat ditemukan secara online.

Pastikan untuk Mengetahui Kebijakan dengan Baik

Salah satu kesalahan terbesar yang cenderung dilakukan kebanyakan investor emas adalah kurang memahami kebijakannya. Meskipun dealer adalah sumber yang bagus untuk membeli komoditas emas, tetap lebih baik berhati-hati karena ada lusinan penipu di luar sana.

Beberapa dealer mengenakan biaya premium, dan beberapa tidak. Jadi, pastikan untuk bertanya kepada dealer tentang kebijakan mereka sebelum kamu menjual kembali komoditas emas kepada mereka.

Komoditas emas bisa menjadi sarana investasi yang hebat, namun pastikan kamu tahu apa yang kamu inginkan dan apa yang harus dilakukan sebelum berinvestasi. Periksa harga emas di secara berkala bahkan sebelum berpikir untuk melakukan investasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Asana Residence Cibubur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download