Pinhome

Finansial

Cara Menabung dalam Bentuk Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Menabung di Bank bukanlah sebuah langkah cerdas jika dilakukan dalam jangka waktu lama, ada penurunan nilai mata uang, inflasi, biaya penyimpanan dan hal-hal lain yang dapat membuat uang kita bertambah secara jumlah namun sebenarnya nilainya terus berkurang. Solusinya yaitu menabung dalam bentuk emas atau properti, tabungan jenis ini lebih aman daripada menabung uang secara tunai. Nah.. disini kita akan menjelaskan tentang cara sederhana menabung dalam bentuk rumah, semoga dapat menjadi inspirasi atau sekedar mengingatkan kembali bagi calon-calon atau yang sudah lama bergelut dalam bisnis properti khususnya jual beli rumah tinggal.

Cara menabung dalam bentuk Rumah

  1. Jika bisa membeli atau mebangun rumah secara tunai maka akan lebih baik, namun jika dana yang tersedia masih terbatas maka bisa menggunakan fasilitas kredit KPR yang disediakan oleh Bank. Untuk membeli rumah dengan cara KPR kita hanya perlu menyiapkan dana 20% dari harga rumah lalu sisanya diangsur bulanan selama sekian tahun.
  2. Bagi yang masih menghuni rumah kos atau kontrakan maka sebaiknya berpikir untuk membali rumah dengan sistem KPR, kita hanya perlu menabung uang mukanya saja lalu angsuranya hitung-hitung sebagai uang sewa kontrakan tapi setelah lunas bisa jadi milik sendiri.
  3. Memilih rumah yang nilai jualnya terus naik, dan mudah dalam menjualnya kembali. Pertimbangkan kebaikan lokasi rumah, kondisi lingkungan disekitar rumah dan kelengkapan fasilitas umum yang ada pada daerah tersebut.
  4. Pertimbangkan segi kemudahan untuk menjual rumah tersebut, jadi sewaktu-waktu kita butuh uang tunai maka tabungan rumah tersebut bisa cepat diuangkan kembali.
  5. Melakukan renovasi rumah sebelum menjual, jadi kita telah memberikan nilai tambah pada produk rumah tinggal yang kita jual, dengan begini maka pembeli akan senang dan kita mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Dengan cara diatas maka kita bisa mendapatkan keuntungan dari hasil jual beli rumah, atau setidaknya nilai tabungan kita masih tetap serta tidak berkurang karena terpengaruh turunya nilai mata uang, Jadi selamat berinvestasi rumah tinggal semoga berhasil 🙂

Tags :

Bagikan Artikel