Cara Memutihkan Ketiak dan Mencerahkannya

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 23 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Meski sering kali tertutup, memiliki ketiak yang cerah dan bersih juga menjadi impian banyak orang. Selain itu, kulit ketiak juga merupakan area yang sensitif dan rentan mengalami iritasi. Sehingga kamu tetap harus berlaku adil pada ketiak meski ia berada di tempat tertutup.

Kalau tidak diperhatikan secara hati-hati saat membersihkan ketiak, maka iritasi akan bercampur dengan deodoran. Hal ini justru akan semakin membuat kulit ketiak berubah menjadi gelap. Untuk itu kamu perlu tau cara memutihkan ketiak dan mencerahkannya.

Kulit ketiak yang gelap akan membuat seseorang tidak nyaman dan kurang percaya diri saat mengenakan atasan tanpa lengan. Sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk menutupinya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Berkumur

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab ketiak tampak gelap dan kasar. Pertama, karena kulit memiliki pigmentasi ketebalan yang berbeda dengan kulit yang lainnya.

Kedua, karena hormon sangat berpengaruh dalam pigmentasi warna kulit ketiak. Ketiga, faktor genetik dan keempat karena penggunaan deodoran yang memiliki kandungan yang tidak sesuai, yang justru dapat menyebabkan ketiak lebih gelap. Kelima adalah karena mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi dan kulit ketiak menjadi menipis.

Setelah mengetahui faktor penyebab kulit ketiak menjadi lebih gelap. Kamu harus bisa memperhatikan dengan baik deodoran yang akan digunakan. Selain itu kamu juga harus mengetahui penjelasan bagaimana cara memutihkan ketiak dengan baik seperti ulasan di bawah ini.

Mandi

Salah satu kunci perawatan ketiak adalah mandi dengan bersih. Perhatikan area ketiak, menyabunnya dengan bersih supaya kotoran pada ketiak terangkat dengan baik. Lakukan mandi secara rutin dua kali dalam sehari. Cara memutihkan ketiak yang satu ini sudah pastilah mudah.

Dengan rajin mandi, kamu dapat menghilangkan bau tidak sedap akibat percampuran keringat dan kotoran. Hal ini tentu akan mengganggu kamu dan orang sekitar. Sehingga untuk memulai perawatan ketiak, seseorang harus rajin mandi dan membersihkan area ketiak terlebih dahulu.

Baca juga : Apa Itu Impostor Sindrom? Berikut Penjelasannya

Keringkan Ketiak

Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan area ketiak sampai benar-benar kering dengan menggunakan handuk. Karena jika bagian tersebut terlewat, dapat memicu keringat berlebih dan pigmentasi penyebab ketiak hitam.

Lakukan secara perlahan supaya tidak merusakan lapisan kulit ketiak. Cukup tepuk-tepuk pada bagian ketiak sebagaimana kamu mengeringkan tubuh bayi.

Kapur Sirih

Kapur sirih ternyata memiliki manfaat untuk membantu merawat kulit ketiak. Ia akan membuat kulit menjadi lebih cerah. Caranya mudah, campurkan kapur sirih dengan air dan perasan jeruk nipis atau lemon. Aduk campuran tersebut hingga rata, lalu oleskan perlahan pada ketiak.

Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini rutin setiap hari. Namun jangan lakukan setelah anda mencukur atau mencabut bulu ketiak. Bahan alami ini juga dipercaya efektif sebagai salah satu cara memutihkan ketiak dan mencerahkannya.

Baca juga : Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu?

Scrub

Scrub atau lulur memang dipercaya mampu mengangkat kotoran pada kulit. Sehingga daki-daki yang menumpuk penyebab kulit ketiak menjadi gelap akan hilang.  Selain itu, lakukan juga pada area lipatan tubuh lainnya.

Luangkan waktu untuk scrubing agar kuliat ketiak menjadi putih bersih. Cara memutihkan ketiak yang satu ini juga perlu kamu coba jika ingin cepat memutihkan kulit ketiak.

Masker

Bukan hanya wajah yang perlu diberi masker, upaya mencerahkan ketiak juga bisa kamu lakukan dengan maskeran. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti, tomat, mentimun, lidah buaya atau kentang untuk dijadikan masker.

Dengan pemberian masker, ketiak dapat berubah menjadi lebih harum dan lembut. Saat ini juga sudah beredar luas, produk-produk masker khusus untuk ketiak yang bisa langsung kamu aplikasikan tanpa perlu repot.

Pakaian

Tips lain agar ketiak menjadi lebih sehat yaitu dengan memperhatikan pakaian yang dikenakan. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, yang bisa membuat ketiakmu tidak leluasa bernapas.

Pakaian yang terlalu ketat dapat memicu keluarnya keringat lebih banyak sehingga menjadikan kulit lebih lembap dan gelap. Maka dari itu, usahakan untuk mengenakan pakaian yang lebih longgar.

Cukur

Ternyata mencukur ketiak juga dapat menyebabkan warna ketiak menjadi lebih gelap. Sebenarnya sah-sah saja mencukur ketiak. Akan tetapi gunakanlah alat cukur yang lembut supaya kulit ketiak tidak terluka atau iritasi.

Lakukan kegiatan mencukur bulu ketiak setelah mandi, supaya pori-pori terbuka dan bulu ketiak menjadi lebih mudah untuk dicukur. Usahakan untuk menggunakan shaving cream. Atur cara mencukur bulu ketiak dengan sebaik mungkin.

Untuk dapat menghilangkan bulu ketiak, sebaiknya lakukan laser treatment di klinik kecantikan, atau waxing di salon khusus. Laser dan waxing dapat membuat ketiak lebih halus dan waktu tumbuh lebih lama serta tidak membuat ketiak menjadi gelap.

Deodoran

Tidak ketinggalan cara merawat ketiak adalah dengan menggunakan deodoran. Penggunaan deodoran memang membuat kulit ketiak menghitam. Akan tetapi hal ini juga tergantung dengan jenis deodorannya.

Hindari penggunaan deodoran yang memiliki campuran aluminium di dalamnya. Sebaliknya gunakanlah deodoran yang mengandung asam linolenat (zat dari minyak biji bunga matahari) yang dapat mengurangi pigmentasi penyebab ketiak gelap. Setelah menggunakan deodoran, tunggu sampai terasa kering supaya meresap ke dalam kulit.

Memakai deodoran memang ritual wajib yang harus menjadi kebiasaan otomatis. Supaya aroma tubuhmu tetap terjaga. Deodoran atau parfum juga bisa bikin kamu lebih percaya diri dan mood yang lebih baik, namun jangan asal pilih deodoran. Pilih deodoran yang non-alkohol untuk mencegah iritasi pada kulit ketiak.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara memutihkan ketiak dan mencerahkannya. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara memutihkan ketiak dan mencerahkannya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia