Pinhome

Finansial

Cara Menyiapkan Dana Untuk Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara menyiapkan dana untuk membangun rumah merupakan suatu hal penting bagi yang sedang merencanakan pembangunan. Mengingat biaya bangun rumah yang tidak sedikit maka, sebagian orang perlu menabung dari jauh hari. Sehingga apa yang menjadi cita-cita bisa segera terwujud.

Pinhome – Permasalahanya, harga tanah dan material bangunan terus naik, sedangkan jumlah tabungan tetap. Misalnya, jika tahun ini kita butuh uang seratus juta untuk membangun rumah tipe 36. Tetapi, sepuluh tahun kemudian ternyata biaya bangun rumah naik berkali lipat menjadi satu milyar. 

Baca Juga: 

Cara Menyiapkan Dana Untuk Membangun Rumah

Membangun rumah memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, simak cara menyiapkan dana untuk membangun rumah berikut ini:

Menabung Dalam Bentuk Logam Emas

cara menyiapkan dana untuk membangun rumah
(Bankerate.com)

Ingat bahwa mata uang islam adalah dinar dan dirham, keduanya terbuat dari emas dan perak yang nilainya stabil. Tanpa tergerus inflasi karena permainan nilai tukar mata uang asing. Jika dinilai dengan uang sepertinya tabungan emas terus bertambah jika dibandingkan uang. Padahal sebenarnya emas itu nilainya tetap dan yang turun adalah uang.

Menabung Dalam Bentuk Properti

(Fasthomes.org)

Jika tidak mampu membeli yang sesuai kebutuhan maka bisa menabung yang kecil dahulu. Menyesuaikan tabungan uang kita. Dengan begini maka suatu saat nanti dapat menukarnya dengan rumah idaman keluarga.

Cara Menyiapkan Dana Untuk Membangun Rumah Dengan Cara KPR

cara menyiapkan dana untuk membangun rumah
(Bizetchange.com)

Dengan begini maka kita hanya perlu menyiapkan uang muka saja sekitar 20% dari total harga jual rumah. Kemudian sisanya diangsur selama sekian tahun sampai lunas. Anggap saja angsuran tersebut sebagai biaya bayar rumah kos tapi setelah lunas jadi milik sendiri. Dengan begini kita juga sedang berlatih untuk bisa disiplin menabung.

Baca Juga: 

Menabung Dalam Bentuk Aset yang Menghasilkan

cara menyiapkan dana untuk membangun rumah
(Investopedia.com)

Bisa berupa investasi saham atau aneka tipe bisnis lainya. Tentunya,  yang bisa menjadi jalan bagi kita untuk segera mendapatkan rezeki halal dalam jumlah berlimpah.

Menabung Dalam Bentuk Amal

(Creditsesame.com)

Bisa dalam bentuk ibadah, sodakoh dan berusaha menebar manfaat sebanyak mungkin pada semua makhluk di dunia ini. Sehingga secara otomatis kita mendapat hadiah dari Allah berupa nikmat rezeki dari arah yang tidak terduga sebelumnya.

Begitulah kurang lebih cara menabung rumah yang bisa disampaikan. Cara lainya tentu saja masih banyak, Termasuk dengan menggunakan KPR atau langkah yang lainnya.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel