Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video di PC & HP Lengkap

Diperbarui oleh Andre Gunawan ∙ October 14, 2022 ∙ 13 menit membaca

Video adalah salah satu jenis file yang kebanyakan mempunyai ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan file lainnya. Bahkan satu video saja ukurannya bisa sampai puluhan GB, tergantung kualitas dan durasinya videonya. Berdasarkan hal ini, banyak yang mencari cara mengecilkan ukuran video di internet.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui juga, kalau file video itu banyak sekali jenis formatnya, misalnya saja MP4, MPG, WEBM, MKV,GIFV, WMV, FLV, 3GP, dan lain sebagainya. Masing-masing dari berbagai format tersebut tentu memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Nah, untuk video yang ukurannya besar, bisa kamu kecilkan kok atau dikompres bahkan tanpa mempengaruhi kualitas videonya loh. Untuk kamu yang ingin memperkecil ukuran video, kami akan memberikan tutorialnya pada artikel ini, agar kamu bisa mengirit penyimpanan perangkat.

Baca juga: 11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Atau Tanpa Aplikasi

Hal yang Mempengaruhi Ukuran Video

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara memperkecil ukuran video secara offline dan online baik itu di HP ataupun PC, ada baiknya kamu tahu juga apa saja sih, hal yang mempengarui ukuran video sehingga ukurannya bisa puluhan GB.

Terkait hal tersebut, sebenarnya banyak yang mempengaruhi, namu secara garis besar ada 4 hal yakni sebagai berikut:

  •  Frame Size & Aspect Ratio

Frame size bisa dikatakan sebagai sebuah ukuran lebar dan tinggi suatu video dalam satuan pixel, misalnya 1024 × 576. Kalau aspect ratio adalah perbandingan dari ukuran lebar dan tinggi tersebut, misalnya 16: 9 yang merupakan cakupan dari frame size 1024 × 576.

Frame Size bisa disebut juga sebagai resolusi video, karena hal tersebutlah yang mempengaruhi ketajaman atau jumlah pixel pada video. Sedangkan aspect ratio berguna agar video tersebut tetap proporsional diputar pada perangkat yang memiliki lebar yang berbeda.

  • Frame Rate

Video kalau dianalogikan secara sederhana merupakan sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan. Lalu untuk frame rate sendiri merupakan jumlah banyaknya gambar yang ditampilkan dalam waktu satu detiknya. Secara umum biasa dikenal dengan FPS (frame per second).

Jadi, jika FPS jumlahnya besar, maka sebuah video akan semakin halus. Secara umum, ada 5 jenis FPS yang banyak digunakan, yaitu 24, 25, 30, 50 dan 60.

  • CODEC

CODEC ialah singkatan dari Compressor-Decompressor atau Codec-Decoder. CODEC ini penting banget fungsinya, karena bisa dibilang kalau dialah yang menjadi jantungnya sebuah video, karena tanpa CODEC maka video tidak akan bisa disimpan dalam sebuah media digital.

CODEC juga salah satu hal yang menentukan besar kecilnya ukuran file video, bit rate dan kompatibilitasnya dengan berbagai media player. Ukuran CODEC sendiri ada berbagai macam, namun yang paling umum adalah H.264 dan H.265.

  • Bit Rate

Bit Rate bisa dikatakan sebagai kecepatan data sebuah video ketika sedang diputar, dan hal inilah yang menentukan video bisa diputar secara real time. Contohnya, ketika kamu sedang menonton video online pasti pernah mengalami buffering kan?

Nah, hal tersebut karena bit rate video lebih besar dari koneksi atau kecepatan internet yang kamu gunakan, sehingga kecepatan internetnya tidak bisa mengimbangi bit rate yang tinggi. Jadi intinya, semakin tinggi resolusi video, maka akan bit rate nya juga tinggi.

[adinserter block=\”4\”]

Cara Memperkecil Ukuran Video

Setelah kamu mengetahui hal-hal yang mempengaruhi ukuran video menjadi besar, maka sekarang kita bisa langsung ke cara memperkecil atau kompres ukuran video. Untuk cara yang kami bahas disini ada beberapa, yakni melalui PC, HP Android, dan melalui situs (online).

Jadi, untuk mengetahui lebih detailnya, silakan kamu baca ulasan di bawah ini sampai selesai!

Cara Memperkecil Ukuran Video di PC

Pertama, kita mulai dulu dari cara memperkecil ukuran video di PC atau laptop Windows. Nah, untuk cara ini kamu memerlukan software atau aplikasi tambahan, karena memang dari Windows sendiri tidak menyediakan fitur untuk kompres video.

Ada dua software yang paling banyak digunakan, yakni Handbrake, dan Movie Maker. Untuk lebih detailnya ada pada ulasan berikut.

Memakai Software Handbrake

Software Handbrake pada dasarnya memang didesain khusus untuk keperluan compress video di PC atau laptop dengan sistem MacOS, Windows, dan Linux. Fitur pada aplikasi ini juga beragam, mulai dari pengaturan encoder, FPS (frame per second) dan constan quality.

Ketiga fitur utama tersebut tentunya akan membuat hasil kompres lebih maksimal. Selain itu, ada juga fitur presets, yang digunakan untuk membuat setting fitur-fitur tersebut secara otomatis. Nah, untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama silakan kamu download dan instal aplikasi Handbrake di PC atau laptop yang kamu pakai.
  2. Setelah terpasang, silakan jalankan aplikasi Handbrake.
  3. Selanjutnya jika sudah masuk ke halaman utama aplikasinya, silakan kamu klik menu Open Source kemudian cari video yang ingin diperkecil ukurannya.
  4. Jika sudah, silakan kamu klik tab Video.
  5. Sesudah itu, silakan kamu atur nilai Constant Quality ke 22 RF.
  6. Silakan kamu atur juga Framerate (FPS) ke value 30.
  7. Kamu bisa juga kok mengurangi lagi nilai Constant Quality dan Framerate jika ukuran videonya ingin dikompres menjadi lebih kecil lagi.
  8. Selanjutnya, silakan klik Browse kemudian cari lokasi penyimpanan video hasil compress.
  9. Terakhir, silakan kamu klik Start Encode untuk memulai proses encoding.
  10. Tunggu sampai selesai.

[adinserter block=\”4\”]

Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Kalau kamu suka editing video di PC atau laptop, maka kamu tidak asing lagi dengan aplikasi Movie Maker, kan? Aplikasi ini banyak dipakai untuk melakukan editing dasar seperti, memotong video, menambahkan musik, transition, effect dan lainnya.

Aplikasi ini cukup sederhana, karena memang didesain untuk pemula yang masih belum mahir dalam urusan editing video. Nah, disamping itu, kamu bisa menggunakan Movie Maker ini untuk untuk memperkecil ukuran video, loh. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi Movie Maker.
  2. Setelah terunduh, silakan instal dan buka aplikasinya.
  3. Jika sudah, silakan kamu klik Add Videos lalu carilah video yang ingin di-compress. Lalu tunggulah sampai vide yang kamu masukkan selesai dimuat.
  4. Sesudah itu, silakan klik tab File kemudian pilih Save Movie lalu klik pada menu Create custom settings.
  5. Selanjutnya, silakan ceklis pada kotak dialog, lalu akan muncul menu Create Custom Setting. Pada bagian ini silakan kamu atur video settings dan audio settings sesuai kebutuhan.
  6. Untuk memperkecil ukuran video, silakan kamu kurangi nilai Bit Rate dan juga value Audio Format.
  7. Setelah selesai mengaturnya, kamu bisa melihat estimasi file video pada bagian bawah.
  8. Dan jika sudah sesuai, bisa langsung menyimpannya dengan klik Save.
  9. Pada halaman berikutnya, silakan pilih menu Save Movie lagi dengan memilih custom settings yang sudah kamu buat tadi.
  10. Terakhir, tinggal tunggu proses kompres dan rendering video tersebut selesai..

Oh iya, kamu bisa coba preview dan melihat hasil video yang sudah dibuat dengan klik tombol Play pada notifikasi render Movie Maker.

Cara Memperkecil Ukuran Video di HP

Kedua, kita lanjut ke cara memperkecil ukuran video di HP Android. Nah, untuk cara ini kamu juga memerlukan aplikasi tambahan, untuk melakukan compress video. Terkait aplikasi compress video di Android, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kamu gunakan.

Namun, pada artikel ini kami hanya merekomendasikan beberapa yang menurut kami terbaik, dan tentunya gratis untuk digunakan. Terkait detailnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Menggunakan VidCompact

Aplikasi di HP Android yang bisa kamu pakai untuk memperkecil atau compress video salah satunya adalah VidCompact. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini cukup banyak, namun salah satu yang menjadi unggulannya adalah kompresi lossless, yang mana fitur ini memungkinkan kamu mengurangi size tapi kualitas tetap sama.

Untuk cara menggunakan VidCompact bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu instal aplikasi VidCompat melalui Google Play Store di HP Android kamu.
  2. Setelah terpasang, silakan kamu buka aplikasi VidCompact tersebut
  3. Pada menu utama aplikasi, silakan kamu pilih Pangkas & Kompres.
  4. Kemudian silakan cari video yang ingin kamu kompres atau diperkecil ukurannya.
  5. Selanjutnya, silakan atur resolusi sesuai kebutuhan, dan pada halaman ini kamu bisa juga bisa melihat perkiraan ukuran dari video di menu sebelah kanan.
  6. Setelah itu, klik ikon download, lalu ketuk opsi Simpan Ke Galeri.
  7. Tunggu proses kompresi video selesai berjalan, dan jika sudah maka video akan langsung tersimpan di galeri HP kamu. Untuk memastikannya kamu bisa cek notifikasi hasil kompresnya.
  8. Done.

[adinserter block=\”5\”]

Gunakan Aplikasi YouCut

Aplikasi yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah YouCut. Aplikasi ini sudah cukup populer dikalangan pengguna Android, dan tentunya sudah banyak yang menggunakannya. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan aplikasi satu ini.

Nah, secara garis besar, fiturnya memang untuk memperkecil ukuran video, namun kamu juga bisa menambahkan efek video, crop, mengatur size, dan lain sebagainya. Untuk memperkecil ukuran video menggunakan aplikasi YouCut bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama tentunya adalah mendownload dan menginstal aplikasi YouCut melalui Google Play Store.
  2. Setelah aplikasinya terpasang, silakan kamu buka YouCut.
  3. Setelah kamu masuk ke halaman aplikasinya, silakan ketuk ikon plus (+).
  4. Lalu setelahnya, silakan cari video yang akan dikompres atau diperkecil ukurannya.
  5. Selanjutnya kamu bisa edit video lebih dulu apabila diperlukan.
  6. Jika sudah, silakan klik tombol Simpan.
  7. Langkah selanjutnya, silakan tentukan ukuran dan kualitas video sesuai kebutuhan. Misalnya 720p, 480p atau lainnya.
  8. Sesudah itu, tap opsi Simpan, dan tunggu proses export video selesai.
  9. Jika sudah selesai, kamu bisa cek videonya di galeri.

Menggunakan Panda Video Compressor

Aplikasi terakhir yang sangat banyak direkomendasikan adalah Panda Video Compressor. Aplikasi ini memang mudah digunakan, karena memiliki tampilan yang sederhana. Hasil kompres dari aplikasi ini juga lebih maksimal jika dibanding aplikasi Android yang serupa.

Cara pakainya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan instal aplikasi Panda Video Compressor di Google Play Store.
  2. Setelah terpasang, silakan kamu jalankan aplikasinya, lalu setelah masuk silakan kamu pilih video yang ingin diperkecil ukurannya.
  3. Pada halaman selanjutnya, kamu akan menemukan tiga opsi kompresi yang bisa kamu pilih. Untuk hasil kompres yang tetap bagus, kami sarankan memilih berkas medium/kualitas lebih baik.
  4. Selanjutnya, tinggal tunggu sampai proses compress selesai. Dan kalau sudah, akan tampil hasil atau perbandingan ukuran video sebelum dan sesudah dikompres.
  5. Untuk menyimpannya, tinggal tap opsi Simpan.
  6. Done.

Selain tiga aplikasi yang kami tuliskan di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi serupa yang bisa kamu pakai. Ketika kamu search di Play Store menggunakan kata kunci compress video, sebenarnya banyak rekomendasi lain berupa aplikasi yang sejenis.

Kamu bisa memilihnya, selain tiga di atas, karena ketiga aplikasi di atas menurut kami yang terbaik. Nah bila ingin menggunakan aplikasi lain, silakan perhatikan rating aplikasi, komentar, dan penilaian lain agar kamu tahu seberapa berkualitas aplikasi yang akan digunakan.

Cara Memperkecil Ukuran Video Online

Yang terakhir ini adalah cara memperkecil ukuran video secara online. Jadi kamu tidak perlu mendownload dan menginstal aplikasi pihak ketiga, dan hanya melalui sebuah website penyedia layanan compress video. Kamu bisa mengakses situsnya melalui browser di PC maupun HP.

Terkait website penyedia layanan compress video di internet ada banyak sekali yang bisa dipakai, namun kami hanya merekomendasikan beberapa yang menurut kami terbaik seperti di bawah ini.

Lewat Situs VideoSmaller

Situs pertama yang kami rekomendasikan adalah VideoSmaller. Situs ini tampilannya sederhana, sehingga memudahkan kamu yang ingin compress atau memperkecil ukuran video. Pada situs ini juga terdapat pengaturan compression level yang bisa kamu pilih.

Cara melakukannya adalah seperti ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka browser di HP atau PC kamu, lalu kunjungi situs VideoSmaller.
  2. Setelah itu, silakan kamu klik opsi Browse pada halaman situs yang terbuka, lalu silakan cari video yang ingin dikompres.
  3. Sesudah itu, silakan ceklis opsi Use low compression level (Best Quality) agar hasil video yang nanti dikompres tetap bagus.
  4. Selanjutnya, silakan pilih ukuran video sesuai keinginan kamu, dan jika sudah silakan klik tombol Upload Video.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses kompres video selesai.
  6. Setelah selesai silakan download videonya.
  7. Done.

[adinserter block=\”5\”]

Melalui Website Aconvert

Selain melalui situs VideoSmaller, situs lain yang serupa yang digunakan untuk memperkecil ukuran video adalah Aconvert.com. Pada website ini juga terdapat pengaturan video size, bit rate, FPS, yang bisa kamu atur, dan hasil kompres video di situs ini juga tidak kalah bagus.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi website AConvert melalui browser.
  2. Setelah terbuka, silakan klik Choose File, kemudian cari video yang akan diperkecil ukurannya.
  3. Setelah itu, pada bagian Options silakan kamu ubah menjadi Change Size, bitrate or frame rate.
  4. Selanjutnya, beberapa menu konfigurasi atau pengaturan kompresi video akan muncul. Pada bagian ini kamu bisa memilih video sizer sesuai kebutuhan, seperti 480p, 720p atau 1080p.
  5. Atur juga value Video bitrate menjadi 512k, dan nilai Frame rate menjadi 24.
  6. Setelah Selesai, klik tombol Convert Now untuk memulai proses kompresi.
  7. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, kamu tinggal mengunduh hasilnya.

Melalui Situs YouCompress

Situs kompres video online yang bisa kamu akses kapan saja secara mudah dan hasilnya sangat memuaskan adalah YouCompress. Jika kamu menggunakan situs ini untuk compress video, kamu bisa mengurangi ukurannya sampai 80% dan bahkan kualitasnya tetap bagus.

Nah, untuk melakukannya, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka situs YouCompress.
  2. Jika sudah terbuka, silakan klik tombol Select File, kemudian pilih video yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  3. Tunggu proses kompresi selama beberapa saat. Pada bagian ini ialah proses upload yang sekaligus dengan proses kompresnya.
  4. Jika sudah selesai, tinggal unduh videonya, deh.
  5. Selesai.

Lewat Situs KeepVid

Selanjutnya, website yang bisa kamu gunakan untuk kompres video secara online adalah KeepVid. Situs online ini menurut kami sangat work it, karena kualitas video yang dikompres tidak berkurang, dan bahkan ukuran file bisa diperkecil lebih dari 50%.

Situs KeepVid bisa dianggap sebagai salah satu situs kompres video yang terbaik, karena kamu nanti akan mendapati video yang tetap jernih dan sesuai dengan kualitas awalnya, meski ukurannya sudah diperkecil. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri dengan mencobannya.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu situs KeepVid di melalui browser di PC atau Hp.
  2. Setelah masuk, silakan kamu klik ikon (+) lalu tambahkan video yang akan di kompres.
  3. Silakan tunggu proses upload video selesai.
  4. Jika sudah, silakan atur Output Quality sesuai keinginan kamu.
  5. Jangan lupa atur resolusi dan kawan-kawannya dengan klik pada opsi Roda Gigi.
  6. Jika dirasa sudah, kamu bisa langsuk melakukan kompresi dengan klik pada opsi Compress Now.
  7. Tunggu prosesnya selesai, lalu jika sudah silakan unduh videonya dengan meng-klik Download Video.
  8. Done.

Melalui Website Video Compressor

Website atau situs kompres video terakhir yang kami rekomendasikan adalah Video Compressor. Hasil kompres video pada situs ini juga tidak kalah dengan KeepVid, karena kualitasnya tetap terjaga, dan bahkan bisa support untuk berbagai jenis file format video.

Contoh format yang di-support situs ini adalah MP4, MOV, MKV, WMV, AVI dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, website ini juga gratis diakses dan hasil save video yang dikompres juga tanpa watermark. Nah, untuk cara kompres video melalui tools online Video Compressor adalah seperti di bawah:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi website Video Compressor dengan Browser yang biasa kamu pakai.
  2. Jika sudah, silakan kamu klik Choose File pada halaman utama situsnya, guna untuk memilih video yang akan di kompres.
  3. Silakan tunggu proses upload video selesai.
  4. Setelah itu, silakan kamu atur paramater seperti Reset SizeResolution dan Format sesuai kebutuhan.
  5. Setelah selesai mengatur semuanya, silakan langsung klik saja Compress.
  6. Tunggulah hingga proses kompresi selesai, lalu setelahnya silakan klik Download untuk menyimpan hasil videonya ke perangkat kamu.
  7. Done.

Akhir Kata

Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai cara memperkecil ukuran video di PC dan HP, baik itu melalui aplikasi pihak ketiga ataupun melalui tools /situs online yang didesain khusus untuk compress video. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia