BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 7 Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah
0
0

Ini Dia 7 Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 22, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pompa air bermerk Shimizu milik Kamu rusak? Dengan ciri-ciri kelemahan terjadi korsleting listrik, air tidak mau keluar, mesin yang mati, adanya kebocoran, semburan air yang keluar hanya sedikit, dan masalah-masalah lainnya. Tenang dulu Pins, jangan langsung menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa mencari tahu penyebabnya secara mandiri dan menggantinya secara mandiri juga loh! Hal ini akan menghemat pengeluaran Kamu. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara memperbaiki pompa air Shimizu yang lemah.

Biasanya pemilihan pompa air yang sudah tertanam di rumah baru Kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung sudah menggunakan pompa air bermerk Shimizu, karena merk satu ini sudah terkenal dan dipercaya orang-orang. Kamu juga dapat menggunakan pompa air Shimizu di hunian yang akan Kamu bangun menggunakan Pengajuan KPR.

7 Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah

Air menjadi kebutuhan yang krusial bagi masyarakat. Dalam aktivitas kita air bersih sangat diperlukan untuk menunjang berbagai unsur kehidupan. Terdapat beberapa aktivitas yang Kamu lakukan membutuhkan peran air bersih, seperti minum, mandi, mencuci, memasak, dan yang lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memiliki air, terutama air yang bersih. Kegunaan air bersih pada rumah-rumah digunakan untuk keperluan rumah tangga, yang tak jarang kini susah sekali untuk mendapatkan air yang benar-benar bersih. 

Ketersediaan air tersebut harus dibantu dengan pemasangan pompa air bertenaga listrik. Cara kerjanya adalah pompa air bertenaga listrik akan memompa air dari sumber air yang biasanya berada di dalam tanah dengan kedalaman tertentu, lalu dialirkan menuju ke pipa saluran air atau menuju tangki penyimpanan air. Hadirnya teknologi jenis pompa air ini tentunya sangat membantu kehidupan masyarakat untuk dapat dengan mudah mendapatkan air bersih di rumahnya. 

Dari sisi biaya, menggunakan pompa air jauh lebih murah, karena tidak perlu membayar tagihan air bulanan. Saat pembangunan rumah, pompa air akan ditanamkan ke dalam tanah dengan kedalaman tertentu hingga tepat ke sumber air bersih, lalu Kamu mendapatkan akses air bersih yang melimpah. Tetapi, hal ini juga yang membuat kita akan bergantung pada pompa air, karena ketika pompa air mengalami masalah, akses air bersih pun menjadi sulit didapatkan. Kamu dapat belajar untuk mengetahui masalah pada mesin pompa air Kamu dan menemukan solusinya.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah:

1. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Cepat Panas

Source : iStock

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah pertama terjadi dengan munculnya indikasi cepat panas dan sewaktu-waktu dapat mati sendiri seketika. Hal ini harus Kamu waspadai Pins, pompa air yang cepat panas dapat menyebabkan pompa Kamu menjadi tidak stabil, suka mati sendiri seketika. Tentunya Kamu akan mencoba untuk menyalakan pompa tersebut kembali kan! Hal ini yang kemudian akan menyebabkan lonjakan pada konsumsi listrik Kamu, karena pompa air yang nyala-mati terus menerus.

Biasanya hal ini terjadi karena adanya kerusakan kabel di jalur kelistrikan. Cara yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan mengecek jalur kelistrikan pompanya. Sebelum melakukan pengecekan, cabut dulu kabel listriknya ya Pins agar aman! Bongkarlah pompa air Kamu, lalu telusuri jalur kabelnya. Jika ada kabel yang terkelupas atau terbuka, maka Kamu tinggal melapisinya dengan perekat yang kuat.

Baca juga: 10 Jenis Pompa Air Beserta Kelebihan dan Cara Menggunakannya

2. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Airnya Tidak Keluar

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah kedua terjadi dengan munculnya indikasi air yang tidak mau keluar dari kran. Pada indikasi seperti ini tetap terjadi walaupun Kamu sudah menyalakan mesin pompa airnya dalam keadaan aktif. Jika hal ini terjadi pada air di rumah Kamu, Kamu harus melakukan pengecekan pada dua hal. 

Pertama, cek lah seal pompa air Kamu. Jika seal ini dalam keadaan rusak, maka tekanan di dalamnya akan berkurang, alhasil pompa air tidak mampu untuk mendorong air keluar. Solusinya, Kamu harus mengganti dengan seal yang baru. Kedua, lakukan pengecekan pada jalur pipa pompa air. Ketika pipa pompa air mengalami kebocoran, maka aliran air yang didorong oleh pompa air akan mengalami gangguan. Solusinya, Kamu dapat mengganti pipa tersebut dengan yang baru atau bisa juga menambalnya dengan tambahan lem khusus pipa.

Apakah rumah Pins menggunakan air sumur dalam? Ketahui rekomendasi pompa air submersible terbaik!

3. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Semburan Air Lemah

Source : iStock

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah ketiga terjadi dengan munculnya indikasi semburan air yang lemah. Untuk masalah yang satu ini, dapat dengan mudah diketahui penyebabnya, yaitu pengaruh dari keadaan seal pelindung pompa air. Seal ini bermanfaat untuk menutup celah udara, sehingga tekanan pada pompa air akan tetap terjaga. Ketika seal ini sudah berkurang ketahanannya, maka tekanan pada pompa air akan berkurang dan dorongan air menjadi lebih kecil dari biasanya. Solusinya adalah Kamu harus mengganti seal pompa yang baru Pins!

Ketahui tips memilih pompa air di rumah!

4. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Mengalami Kebocoran

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah keempat terjadi dengan munculnya indikasi area pompa yang mengalami kebocoran. Kebocoran ini dapat terjadi karena terdapat pengeroposan pada tabung karena jangka penggunaan yang sudah lama atau bisa juga kebocoran terjadi karena seal yang sudah menurun kualitasnya. 

Kamu dapat melakukan pengecekan pada mesin pompa air tersebut dan melihat apakah ada tetesan air dari dalam pompa air yang merembes keluar. Jika terdapat rembesan, maka Kamu dapat menambal atau mengganti tabung pompa air tersebut. Lalu, jika penyebabnya adalah seal yang sudah berkualitas kurang baik, maka Kamu dapat mengganti sealnya dengan yanf baru.

Ketahui juga rekomendasi filter air minum (water purifier) terbaik untuk rumah.

5. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Mengalami Korsleting

Source : iStock

Cara memperbaiki pompa air Shimizu yang lemah kelima terjadi dengan munculnya indikasi korsleting pada pompa air. Korsleting bisa terjadi karena permukaan kabel yang terbuka terkena air. Ketika Kamu masih mencoba untuk menyalakan pompa air dalam keadaan seperti ini, listrik rumah Kamu akan langsung padam seketika. Hal ini terjadi dari pemanfaatan MCB sebagai pemutus arus listrik ketika terjadi korsleting di rumah Kamu.

Solusinya, adalah Kamu dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kabel-kabel yang menyambung dengan colokan power. Bila menemukan kabel putus atau kabel yang sudah menurun kualitasnya, maka itu adalah penyebab korsleting di rumah Kamu. Segera menggantinya dengan kabel yang baru atau menutup dengan perekat untuk sementara, sebelum membeli kabel yang baru.

6. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Sulit Menyala

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah keenam terjadi dengan munculnya indikasi pompa air yang sulit menyala. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan melakukan pengecekan pada satu bagian yang mencakup 3 hal penyebab kerusakan, yaitu komponen baling-baling pengubah energi mekanik. Pertama, penyumbatan pada komponen baling-baling pompa yang disebabkan oleh pasir. Komponen tersebut adalah impeller dan bearing. Pasir ini memasuki sisi-sisi logam impeller atau bearing, sehingga menyumbat pergerakannya. Solusinya Kamu dapat membersihkan logam impeller atau bearing ini dari pasir-pasir tersebut.

Kedua, kipas pompa air yang kurang pelumas atau terganggu kotoran menyebabkan kipas tersebut untuk berputar menghasilkan energi mekanik. Dikarenakan komponen kipas menyatu dengan bearing dan impeller, maka dua hal tersebut dapat mengganggu putaran kipas pompa. Jika sudah diberikan pelumas dan dibersihkan namun mesin pompa masih belum bekerja, Kamu dapat memutar kipas tersebut secara manual dan kemudian akan bergerak kembali secara otomatis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Merk Pompa Air Terbaik Tahun 2021

7. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Mati Total

Source : iStock

Cara memperbaiki pompa air shimizu yang lemah terakhir terjadi dengan munculnya indikasi pompa air mengalami mati total, alhasil pompa air tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan pompa air Kamu mengalami mati. Terdapat dua kemungkinan penyebab pompa airmu mati total.

Pertama, dinamo pada pompa air terbakar. Dinamo pada pompa air terbakar dapat terjadi karena adanya tegangan listrik yang berlebihan atau naik turun, sehingga muncul lonjakan listrik yang mengakibatkan dinamo terbakar. Lalu, penyebab dinamo terbakar lainnya juga dapat disebabkan oleh keadaan dinamo Kamu yang terguyur hujan deras atau banjir. Solusinya, Kamu bisa membongkar bagian dinamo pompa air dan menggantinya dengan yang baru. Kenapa diganti yang baru? Membetulkan dinamo yang lama, membutuhkan jasa service yang memahami menggulung serat kabel dinamo.

Kedua, mati total terjadi karena kabel penyambung pompa air dan listrik terputus. Hal ini dapat terjadi karena kabel yang sudah termakan oleh waktu dan perubahan cuaca, atau bisa juga digigit oleh hewan pengerat seperti tikus. Kamu dapat melakukan pengecekan mandiri pada kabel ini, jika pada permukaan kabel terdapat sisi yang terbuka, Kamu dapat menutupnya dengan perekat berkualitas. Jika tidak memungkinkan diselamatkan dengan perekat, maka Kamu perlu membeli kabel yang baru untuk hasil yang lebih aman.

Itulah beberapa cara memperbaiki pompa air Shimizu yang lemah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk menanggulangi masalah pada pompa air merek Shimizu Pins!

Baca jugaDaftar Harga Pompa Air Terbaik dan Tahan Lama untuk Kebutuhan Anda

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Intan Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download