Pinhome

Tips Properti

Cara memperbaiki pipa pvc yang tersumbat atau rusak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Saluran pipa yang tersumbat bisa menjadi sebuah hal yang merepotkan, apalagi jika lokasi pipanya tertanam di lantai sehingga harus bongkar pasang keramik untuk memperbaiknya, lalau apakah ada cara terjitu untuk mengatasi masalah ini? mari kita selidiki, disini kita akan membahas tentang cara memperbaiki pipa pvc yang tersumbat atau rusak, suatu solusi akan bisa kita temukan dengan tepat apabila mengetahui masalahnya, oleh karena itu kita cari dulu hal-hal yang bisa menjadi penyebab tersumbatnya saluran pipa. o.k langsung saja kita mulai 🙂

Benda-benda yang rawan menyumbat pipa PVC

  1. Lemak, ini sering terjadi pada saluran pipa pvc kitchen sink, kotoran lemak sedikit demi sedikit mengumpul sehingga berpotensi menghambat pipa saluran.
  2. Rambut, memotong rambut di kamar mandi, atau berkumpulnya helai rambut yang patah. ini juga bisa menjadi penyumbat.
  3. Hewan, beberapa hewan bisa masuk kedalam pipa dan berhenti ditengah karena terjebak, contohnya katak,tikus,ular,kepiting dan sejenisnya.
  4. Sabun, jika ujung pipa tidak ditutup floor drain dengan baik, maka ada kemungkinan sabun yang jatuh ke lantai akan masuk kedalam saluran sehingga menyumbat jalanya air.
  5. Cor beton, ini bisa terjadi saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan beton disekitar pipa, tumpahan adukan yang tercecer bisa masuk ke dalam pipa dan mengeras didalam.
  6. Pipa pecah, kualitas pipa yang buruk bisa menjadi penyebab instalasi sanitair tidak bisa bertahan lama.

Mencegah itu jauh lebih baik dari mengobati, ini juga berlaku dalam dunia bangunan, sebaiknya kita jaga agar benda-benda diatas tidak sampai mengganggu sanitair, namun jika bencana itu terjadi bisa kita lakukan beberapa cara untuk memperbaiki pipa yang tersumbat , antara lain adalah

  1. Menggunakan selang air, caranya dengan memasukan selang kedalam pipa lalu dialiri air dengan deras. tujuanya agar kotoran yang menyumbat dapat terdorong keluar sehingga menjadi lancar.
  2. Memotong bagian pipa yang tersumbat lalu menyambungnya dengan pipa baru.

Demikian penjelasan tentang penyebab pipa pvc tersumbat dan cara mengatasinya ini, bagi yang mengalami masalah ini semoga lekas bagus kembali 🙂

Tags :

Bagikan Artikel