BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Memperbaiki Jam Dinding Sendiri di Rumah
0
0

Cara Memperbaiki Jam Dinding Sendiri di Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara-memperbaiki-jam-dindingtop-right-banner

Meski telah banyak model jam terbaru, namun jam dinding masih menjadi jam yang paling banyak digunakan di rumah. Bukan tanpa alasan, fungsinya yang diletakkan di dinding, membuat penghuni rumah lebih mudah dalam melihat waktu. Umumnya, jam dinding diletakkan pada ruang keluarga. Namun karena fungsinya yang sangat penting, jam dinding juga diletakkan di ruang tamu maupun kamar tidur.

Hal ini tentu akan mempermudah kamu ketika ingin melihat jam. Jam dinding bekerja dengan tenaga penggerak yang berasal dari baterai. Meski begitu, jam dinding umumnya memiliki daya tahan yang lama sehingga cukup awet lho! Sayangnya, semakin berjalannya usia, jam dinding juga bisa rusak sehingga tidak menyala. Makanya, penting bagi Pins untuk mengetahui cara memperbaiki jam dinding sendiri.

Jam dinding ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti debu atau kotoran yang ada pada mesin, rusaknya mesin, baterai yang kehabisan daya dan masih banyak lagi. Bagi Pins yang mengalami masalah serupa, ini dia cara memperbaiki jam dinding sendiri di rumah yang harus kamu ketahui!

Penyebab Kerusakan Jam Dinding

Source : Pixabay

Umumnya penyebab kerusakan jam dinding paling sering terjadi karena semut yang memakan gigi dari mesin jam dinding. Hal ini karena gigi mesin jam dinding sangat lentur namun rapuh. Hal ini akan mengakibatkan jam dinding tidak bisa berjalan secara normal. Belum rusak, mungkin Pins tidak perlu mengganti mesin jam. Namun jika sudah rusak, maka Pins harus mengganti jam dinding.

Meski begitu, kamu masih tetap bisa mencegah supaya tidak ada semut yang merusak mesin atau gigi roda jam dinding. Berikut ini cara memperbaiki jam dinding dengan mudah.

Untuk memperbaiki jam dinding sendiri, Pins bisa mencoba mengoleskan kapur barus atau kamper pada mesin jam dinding. Tidak hanya itu, Pins juga bisa mencoba menutupi mesin jam dinding dengan selotip. Cara terakhir adalah menyemprotkan mesin jam dinding menggunakan obat pembasmi serangga. Namun, sebaiknya hindari area mesin baterai saat menyemprotnya.

Siapkan Alat

cara memperbaiki jam dinding
Source : Pinterest

Sebelum lanjut ke bahasan cara memperbaiki mesin jam dinding, kamu harus menyiapkan terlebih dulu alat-alat yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki jam. Adapun alat yang dibutuhkan berupa obet kembang (+), obeng minus berukuran kecil, amplas, lap kering dan kuas kecil.

Alat-alat ini akan mempermudahmu dalam memperbaiki jam dinding. Siapkan juga jam dinding yang rusak untuk menjadi model perbaikan kali ini ya!

Cara Memperbaiki Jam Dinding

cara memperbaiki jam dinding
Source : Pinterest

Memperbaiki jam, memang terlihat rumit karena komponen jam yang berukuran kecil. Tak jarang, kamu mungkin menyerahkan jam yang rusak langsung ke toko service jam karena tidak mengetahui cara memperbaiki jam.

Padahal pada beberapa kasus yang sederhana, kamu bisa memperbaiki jam dinding sendiri. Sehingga Pins bisa menghemat biaya untuk memperbaiki jam dinding di rumah yang sedang rusak. Bagi kamu yang penasaran bagaimana caranya, ini dia langkah-langkahnya.

Baca juga: 18 Ide Hiasan Kamar Buatan Sendiri, Cepat Dan Mudah!

Periksa Baterai Jam

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa baterai jam dinding. Seringnya, jam dinding mati karena baterai yang telah kehabisan daya. Cara memeriksanya pun cukup mudah, Pins hanya perlu mengganti baterai yang ada pada jam dengan baterai remot TV atau AC yang berukuran sama.

Jika jam menyala ketika diganti dengan baterai lain, maka penyebabnya adalah daya baterai yang telah habis. Jika hal ini terjadi, Pins hanya perlu mengganti baterai jam dengan baterai yang baru.

Bersihkan Konektor Baterai

Jika cara sebelumnya tidak membuat jam menyala, maka cobalah cara ini. Bersihkan konektor baterai pada jam dinding. Namun untuk membersihkan konektor baterai ini, kamu harus membongkar jarum jam dinding. Kamu harus membongkar jam dinding ini dengan hati-hati.

Pertama, kamu harus menggunakan obeng plus dan melonggarkan skrup pada bagian belakang jam dinding. Kemudian lepaskan bingkai depan yang menahan kaca jam dinding. Setelah itu, kamu bisa mulai melepaskan satu persatu jarum jam.

Jika sudah terlepas, maka lepaskan mur dengan memutarnya ke arah kiri. Kemudian balikkan jam dan cabut mesin jam dari badan jam dinding dengan cara mencongkel penjepit yang terletak di bagian kiri dan kanan jam.

Jika jam sudah terbongkar, maka Pins bisa mulai membuka penutup mesin baterai menggunakan obeng. Bersihkan konektor baterai jika terdapat jamur atau debu. Pins bisa membersihkan konektor baterai dengan amplas halus.

Baca juga: Kerajinan Dari Rantai Bekas

Periksa Roda Gigi Jam

Jika setelah membersihkan konektor baterai tidak membuat jarum jam menyala, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memeriksa roda gigi jam. Roda gigi jam ini terbuat dari plastik dan terletak di dalam mesin jam. Bersihkan roda gigi ini dengan lap kering atau kecil agar tidak ada debu pada roda gigi jam.

Jika sudah bersih, pasangkan lagi penutup mesin baterai dan baterai kembali ke jam. Kemudian lihat apakah jarum jam sudah berjalan atau belum. Jika sudah, maka pasangkan kembali seluruh komponen jam dinding.

Itulah cara memperbaiki jam dinding yang mudah kamu tiru di rumah. Semoga dengan informasi di atas membuat kamu bisa memperbaiki jam dinding sendiri di rumah tanpa harus pergi ke toko service jam dan mengeluarkan biaya besar. Jangan lupa untuk rutin membersihkan debu pada jam, agar jam dinding lebih awet dan tahan lama.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download